Tempat Wisata

​Petilasan Calon Arang : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ingin mengunjungi tempat wisata tapi belum yakin mau ke mana? Yakni, jika calon arang pettilasan. Jenazah Calon Arang terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, sekitar 11 kilometer timur laut Kediri. Objek wisata ini memiliki nuansa yang sangat menarik untuk diketahui, jadi jika anda berada di Kediri namun tidak sempat mengunjungi objek wisata Petilasan Calon Arang, sangat disayangkan.

Petilasan Calon Arang ini luasnya 200 meter persegi dan untuk mencapainya harus melalui jalan setapak yang berumput di antara persawahan. Ada pembakar dupa keramik di depan batu altar Petilasan. Di kiri kanan terdapat yoni dan lingga duduk, di situs Calon Arang Petilasan juga terdapat empat buah batu berukuran hampir sama yang dipercaya sebagai alas (alas tiang) sebuah bangunan. Petilasan sendiri bisa berarti tempat yang dikunjungi atau dihuni oleh seseorang (yang penting).

Fasilitas dan akomodasi di obyek wisata Petilasan Calon Arang

Karena lokasi Petilasan Calon Arang sulit dijangkau, jangan heran jika Anda menemukan fasilitas di dekat kawasan objek wisata. Namun tak jauh dari kawasan Calon Arang Petilasan, lebih tepatnya di sekitar desa Sukorejo, sudah tersedia tempat parkir kendaraan roda dua atau empat. Masyarakat setempat juga telah menyediakan tempat istirahat bagi pengunjung yang ingin bersantai sebelum atau sesudah mengunjungi Petilasan Calon Arang.

Tidak jauh dari objek wisata Petilasan Calon Arang juga terdapat tempat ibadah bagi pengunjung yang ingin menunaikan kewajibannya di Desa Sukorejo. Yang juga tidak boleh dilewatkan adalah toilet yang mengelilingi tempat ibadah bagi pengunjung dan penduduk setempat yang perlu buang air kecil untuk buang air besar.

Berburu Foto Kekinian di Objek Wisata Calon Arang

Jika anda ingin mengunjungi objek wisata Petilasan Calon Arang bersama teman atau keluarga dan ingin berfoto disana, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda bisa berfoto di sekitar kawasan wisata Petilasan Calon Arang atau dalam perjalanan menuju situs Petilasan. Hasilnya dijamin akan terlihat lebih keren dan up-to-date karena Anda akan disuguhkan pesona alam yang indah di sepanjang jalan.

Anda juga bisa mengambil foto pengunjung yang sedang bersantai di sekitar objek wisata, namun harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Karena mungkin tidak nyaman jika diam-diam memotret mereka. Jika Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya segera menyiapkan segala rencana atau bekal untuk berlibur ke sini. Liburan Anda bersama keluarga atau teman pasti akan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Air Terjun Bangkong, Wisata Penuh Misteri dan Keindahan Alam yang Mempesona

Akses jalan menuju properti wisata Calon Arang

Tentunya bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini perlu mengetahui lokasi dan akses jalan menuju Petilasan Calon Arang. Jangan sampai tersesat jika ingin mengunjungi tempat ini karena akan sangat membuang waktu anda. Sebenarnya untuk mengakses Petilasan Calon Arang melalui jalur darat cukup mudah, karena saat berada di Kediri bisa melalui Jl. Totok Kerot, Jalur atau Rute Tercepat Menuju Situs Petilasan Calon Arang. Silakan lihat peta di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Atau kamu juga Jl. Bagawan Tabari dan Betet Bawang merupakan jalur atau jalur alternatif. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat atau kendaraan umum untuk menuju Pura Penataran Agung Kilisuci. Setelah memarkirkan kendaraan pribadi, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk menuju lokasi Petilasan Calon Arang.

Jam buka dan biaya masuk objek wisata Calon Arang

Jam buka objek wisata ini adalah 24 jam dan tidak dikenakan biaya sepeser pun untuk masuk. Jadi Anda bisa datang ke sini kapan saja asalkan didampingi oleh petugas. Biasanya objek wisata Petilasan Calon Arang ramai dikunjungi peziarah pada Hari Kliwon dan setiap tanggal 1 Suro.

Tips liburan di obyek wisata Calon Arang

Jika Anda sudah setuju untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah anda diminta untuk tidak meninggalkan sampah berserakan di area objek wisata ini untuk menghormati petugas yang bekerja dan menjaga keindahan objek wisata tersebut. Jangan lupa siapkan kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh jika diperlukan berburu foto-foto selama di sini.

Anda juga dapat menyiapkan makanan atau minuman sebelum kunjungan Anda dan diminta untuk menjaga sikap dan bahasa Anda selama Anda tinggal. Jangan lupa juga untuk membawa topi atau payung karena tempat wisata ini benar-benar outdoor. Namun yang terpenting adalah saat bepergian atau di Calon, jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan Arang Petilasan.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Cuplikan calon Arang, warisan yang penuh misteri. Jangan lupa untuk menerapkan tips yang tercantum di atas. Apa yang kamu tunggu? Ayo segera kunjungi objek wisata Petilasan Calon Arang! Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button