Berita Wisata

PHRI Karangasem menerima keluhan dari wisatawan tentang banyaknya sampah plastik di pantai

Karangasem

Banyaknya sampah plastik di pesisir pantai Kabupaten Karangasem membuat sejumlah wisatawan yang berlibur di Bumi Lahar mengeluh karena merasa tidak nyaman. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Karangasem I Wayan Kariasa mengungkapkan, pihaknya telah menerima keluhan dari wisatawan terkait kondisi tersebut.

“Ada wisatawan yang mengeluhkan banyaknya sampah plastik yang mereka temukan di pesisir dan pantai. Terutama wisatawan yang ingin snorkeling karena merasa tidak nyaman,” kata Kariasa, Sabtu (12/10/2022).

Kariasa menilai banyaknya sampah plastik yang ditemukan di pesisir dan pantai saat ini kemungkinan besar akibat dampak hujan lebat yang melanda wilayah Kabupaten Karangasem sejak sebulan lalu. Akibatnya, sampah plastik menumpuk dan terdampar di pantai yang hingga kini belum tertangani.

Kariasa berharap pemerintah melalui dinas terkait segera mengambil tindakan agar sampah plastik tidak bertambah. Selain itu, sebentar lagi akan ada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Karangasem.

Selain itu, Kariasa juga meminta pemerintah lebih gencar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengelola sampah di sumbernya. Serta menghimbau untuk lebih meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai di masyarakat.

“Karena sampah plastik ini dapat merusak lingkungan, apalagi jika tersebar di pesisir pantai yang banyak dikunjungi wisatawan seperti Candidasa, Amed, Wates dan lain-lain,” jelas Kariasa.

Sementara itu, pengunjung Pantai Wates Yeh Malet, I Putu Mei Anggarsipta (23), mengaku cukup terganggu dengan banyaknya sampah plastik di pantai tersebut. Padahal ini merupakan pintu masuk utama wilayah Kabupaten Karangasem.

“Saya cukup sering ke sini, sore hari. Tapi sekarang banyak sekali sampah plastik. Saya harap pihak terkait segera menanganinya agar kembali bersih sehingga pengunjung nyaman dan aman,” kata Anggarsipta.

Simak Video “Inovasi! Satpam Ini Sulap Sampah Plastik Jadi BBM”
[Gambas:Video 20detik]
(ni/dpra)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button