Tempat Wisata

Prasasti Watu Ongko : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Traveling lebih menyenangkan ketika kita mengajak keluarga, teman atau bahkan pasangan kita. Namun tidak ada salahnya juga jika Anda ingin melepaskan diri dari keramaian dan hanya ingin menikmati waktu sendiri. Banyak jenis tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata bahari, wisata religi hingga wisata sejarah. Sebagian besar dari kita mungkin akan memilih wisata alam atau laut karena “lebih menyenangkan”, namun ternyata wisata religi dan sejarah juga tidak kalah menarik. Apalagi jika Anda membawa anak-anak Anda berlibur, ada tempat di mana Anda bisa belajar lebih banyak tentang sejarah. Begitu pula di Magetan, di mana ditemukan prasasti Watu Ongko.

Prasasti Watu Ongko merupakan tempat wisata di Desa Ngancar Kecamatan Plaosan. Prasasti Watu Ongko merupakan bagian dari objek wisata air terjun yang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Magetan. Watu Ongko memiliki arti tersendiri; Watu artinya batu dan Ongko artinya angka. Sanskrip ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Merupakan batu tulis dan makam kuno yang dipelihara oleh masyarakat dan digunakan untuk upacara ritual. Letaknya di barisan belakang air terjun lainnya. Ini adalah prasasti yang masih dihormati oleh masyarakat setempat dan telah menjadi situs ritual selama beberapa waktu.

Terkadang tidak ada salahnya jika kita mengunjungi tempat wisata yang memiliki nilai sejarah tertentu, seperti Prasasti Watu Ongko. Meskipun prasastinya tidak sepopuler prasasti lainnya, banyak orang, terutama anak sekolah, yang datang ke sini untuk belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya Indonesia, terutama kotanya sendiri. Anda juga bisa mengajak anak-anak Anda ke tempat ini untuk mempelajari salah satu peninggalan sejarah, yaitu prasasti.

Di sini Anda juga bisa melihat salah satu peninggalan sejarah yaitu batu bertulis atau disebut juga prasasti, serta melihat pemandangan sekitar yang masih sangat menyatu dengan alam. Suasana yang asri dan tanaman di sekitarnya membuat tempat ini terasa sejuk meski di siang hari. Bagi anda yang berencana datang ke Magetan dalam waktu dekat ini, Prasasti Watu Ongko bisa anda daftarkan sebagai destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas di Prasasti Watu Ongko

Jangan berharap banyak menemukan fasilitas pendukung di tempat wisata ini karena sejujurnya prasasti Watu Ongko masih sangat minim fasilitas. Meski demikian, ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung, seperti:

– Paviliun

Jika Anda puas berkeliling prasasti Watu Ongko dan melihat peninggalan sejarah yang tersisa, Anda bisa bersantai di paviliun yang ada di sana. Sambil menikmati sejuknya udara dan pemandangan sekitar, anda juga bisa menikmati makanan dan minuman yang anda bawa dari rumah.

– Bilik atau tempat makan

Tidak semua orang mau repot menyiapkan makanan dan minuman sebelum bepergian. Bagi anda yang sedang tidak ingin melakukannya atau sedang terburu-buru sehingga lupa menyiapkan perbekalan : jangan khawatir karena di dekat area Prasasti Watu Ongko anda akan menemukan beberapa warung – warung milik warga sekitar yang punya pilihan makanan dan minuman dengan harga yang relatif terjangkau dan ramah kantong.

– Area parkir

Jika Anda memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir yang cukup luas, murah namun aman.

– Tempat peristirahatan umum

Beruntung, salah satu fasilitas penting telah disediakan di sana oleh pemerintah setempat, sehingga Anda yang membutuhkan toilet tidak perlu repot mencari toilet lagi.

Semoga Pemerintah Kabupaten Magetan dapat lebih memperhatikan dan lebih menjaga objek wisata sejarah ini kedepannya, misalnya dengan membangun fasilitas lain yang dapat menambah daya tariknya, karena sayang sekali jika tempat bersejarah seperti ini ada. dilupakan akan karena munculnya objek wisata lainnya.

Berburu foto di Prasasti Watu Ongko

Berlibur ke suatu tempat terutama tempat wisata yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya pasti tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh foto untuk dibawa saat anda kembali. Di tempat ini, Anda bisa menekuni hobi foto dengan mengarahkan lensa kamera ke salah satu benda peninggalan sejarah berupa batu tulis atau prasasti yang dapat memberikan tampilan foto yang indah dan unik. Anda juga bisa menggunakan tampilan prasasti sebagai latar belakang foto Anda bersama keluarga atau teman. Lingkungan yang ditumbuhi tanaman juga bisa menjadi sasaran kamera Anda. Jangan lupa: jika sudah puas dengan banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial sekaligus memperkenalkan objek wisata ini kepada masyarakat umum.

Baca juga: Air Terjun Jauh, Sulap Cantik di Magetan yang Wajib Dikunjungi

Akses jalan menuju prasasti Watu Ongko

Bagi anda yang tertarik dan ingin mengunjungi tempat wisata bertulisan Watu Ongko ini, anda dapat menggunakan transportasi yang ada di Magetan seperti ojek, becak atau angkutan umum yang dapat mengantarkan anda ke tempat tujuan dengan harga yang murah tetap terjangkau. dianggap terjangkau tergantung di mana Anda pergi. . Jika ingin lebih nyaman, Anda bisa membawa kendaraan sendiri seperti mobil atau motor kemudian diantar ke desa Ngancar. Aplikasi GPS sangat membantu jika Anda masih baru atau belum mengetahui alamat prasasti Watu Ongko.

Tiket Masuk Prasasti Watu Ongko

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Juni 2023)

Jam Buka Prasasti Watu Ongko

Tips liburan ke Prasasti Watu Ongko

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berharga di Prasasti Watu Ongko. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Prasasti Watu Ongko adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Prasasti Watu Ongko bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh Anda tetap prima selama berlibur di Prasasti Watu Ongko.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button