Berita Wisata

Proyek Gudang Jakarta, DKI Jakarta: Satpol PP akan menindak jika terjadi pelanggaran

TEMPO.CO, Jakarta – Plt Sekretaris Daerah (Pj) Sekda DKI Jakarta Uus Kuswanto mengatakan, pemprov akan menindaklanjuti festival DWP atau Proyek gudang Jakarta yang terjadi melebihi batas waktu yang ditentukan dalam peraturan PPKM Tingkat 1.

“Nanti Satpol PP yang bertindak,” ujarnya saat rapat di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Jumat malam, 9 Desember 2022.

Sebelumnya, Jakarta Warehouse Project atau DWP Music Festival digelar pada 9 Desember 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kompol Komarudin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengamanan untuk meminimalisir munculnya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pengawasan dan pengamanan akan mengacu pada SOP (standar operasional prosedur) pengamanan kegiatan masyarakat sesuai dengan Perkap (Peraturan Kapolri) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya saat dihubungi, Kamis, 8 Desember 2022.

Setelah dua tahun digelar secara daring, konser DWP 2022 akan digelar secara luring selama tiga hari berturut-turut, mulai 9 hingga 11 Desember. Konser Electronic Dance Music (EDM) akan dipandu oleh puluhan musisi lokal dan internasional.

Baca: DWP 2022 Digelar di JIExpo, Kapasitas Dibatasi 30.000 Pengunjung Per Hari

Kapasitas 30 ribu penonton per hari

Komarudin belum bisa memastikan jumlah personel pengamanan yang dikerahkan. “Saya masih menunggu Polda,” katanya.

Dalam kesempatan lain, Brand Consultant Ismaya Live Sarah Deshita mengatakan, daya tampung perhelatan DWP 2022 adalah 30.000 penonton per hari. Sarah juga memastikan tidak akan ada penjualan tiket tambahan jika terjadi kekurangan, untuk menghindari kelebihan kapasitas.

Menurutnya, kapasitas sebenarnya JIExpo mampu menampung hingga 100.000 pengunjung. Terlepas dari segalanya, Ismaya Live memilih untuk menyediakan ruang yang lebih luas agar masyarakat tidak berdesak-desakan dan dapat menikmati acara musik dengan nyaman. “Padahal kalau ada festival Ismaya Live, kami tidak suka berdekatan, karena akan ada landmark, spot foto yang percuma kalau ada keramaian,” ujarnya.

Baca juga: Konser DWP 2022 Dimulai Hari Ini, Polisi Siapkan Pengamanan Sesuai SOP

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button