Tempat Wisata

Pulau Abang, pulau indah di Batam yang menjadi habitat terumbu karang biru

Pulau Abang di Batam merupakan destinasi wisata eksotik dengan habitat terumbu karang bernama Blue Coral sehingga menjadikannya surga bagi para penyelam dan pecinta alam.

Harga tiket: Rp 25.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasinya

Dari sekian banyak tempat wisata di Batam, Pulau Abang menjadi salah satu yang wajib Anda kunjungi. Keindahan alamnya begitu mempesona hingga mengajak Anda berlama-lama.

Pantainya bersih dan penuh dengan pasir putih berkilau. Air lautnya berwarna biru jernih dan ombaknya cukup tenang. Tempat wisata yang termasuk gugusan pulau indah di Batam ini memang tidak pernah sepi.

Kebanyakan dari mereka adalah warga lokal yang ingin menghabiskan waktu liburannya. Selain itu, pesona alamnya juga banyak menarik wisatawan mancanegara. Lebih baik kesini bersama rombongan biar lebih seru.

Pasalnya, ada berbagai jenis kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Anda bisa menikmati semua pemandangan, berenang atau bermain air, bermain pasir bahkan snorkeling.

Wisata bahari ini juga menyediakan perahu wisata berupa pompong yang biasa disewa pengunjung untuk berkeliling mengarungi lautan biru yang luas.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya Tarik Pulau Abang

Daya Tarik Pulau AbangFoto oleh Krishnendu Sarma di Google Maps

Pulau ini hanyalah salah satu pulau kecil yang ada di Batam, artinya masih banyak pulau lain yang bisa dijadikan destinasi wisata. Pulau ini hanya mempunyai luas sekitar 2 x 5 kilometer. Namun jangan salah, ada berbagai daya tarik dibalik penampilannya yang mungil.

1. Sejarah Pulau Abang

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa namanya jika diartikan dalam bahasa Jawa mirip dengan salah satu warna yaitu Abang atau Merah. Sebenarnya kedua hal tersebut tidak ada hubungannya, namun ada sejarah atau sejarah dari nama yang dimaksud.

Hal ini tak lepas dari kedua anak raja, Rata Tak dan Raja Teleng. Mereka berdua meninggalkan tanah Melayu sekitar tahun 1810 untuk menghindari penganiayaan kolonial Belanda.

Kaburnya Raja Tak sang kakak berakhir di pulau indah yang sedang kita bicarakan kali ini, sedangkan sang adik, Raja Teleng, berada di Pulau Petong. Saat hendak menjenguk kakaknya, ia menegurnya bahwa ia akan mengunjungi Pulau Abang.

2. Keindahan pantainya penuh pesona

Meski cerita di atas bukan menjadi daya tarik utama Pulau Abang Batam, namun setidaknya dapat dijadikan sebagai gambaran sejarah nama objek wisata unik tersebut.

Alasan utama mengapa pengunjung datang setiap hari tak lain adalah keindahan pulau yang mempesona. Pantai misalnya, memiliki pasir putih bersih dan bersinar bagaikan cahaya.

Di sini pun pasirnya lembut dan agak kecoklatan jika terkena air laut yang menyentuh pantai. Airnya sangat jernih dengan warna biru dan agak kehijauan.

Saking jernihnya, Anda bisa melihat bebatuan karang dan pasir yang menghuni dasarnya. Ombaknya yang tenang semakin menambah pesonanya diiringi semilir angin yang sejuk.

3. Suasana asri dikelilingi vegetasi hijau

Pulau Abang di Batam berpenghuni, tapi jumlahnya tidak banyak. Suasana di sini masih terkesan alami meski belum pernah terjamah oleh peradaban. Vegetasi hijau yang melimpah tumbuh di sebagian besar pulau.

Suasana ini semakin membuat sejuk, pemandangan alam terlihat begitu indah, oksigen berkualitas tinggi, jauh dari polusi. Pesisirnya dihiasi pohon kelapa yang daun palemnya berhembus.

Ibarat mengibarkan jari ditiup angin, membuat hati semakin sejuk. Jarak antara daratan dan pantai tidak terlalu jauh. Tak jarang wisatawan yang lelah beraktivitas justru beristirahat sejenak di bawah rindangnya pepohonan.

4. Tempat terbaik untuk menyelam

Pantai di kawasan wisata Pulau Abang ini memiliki air yang sangat jernih berwarna kebiruan, tidak ditemukan satupun sampah. Dari permukaan air yang tenang, dasar laut terlihat cukup jelas. Ombaknya tidak terlalu besar sepanjang musim.

Kondisi ini membuatnya cocok untuk kegiatan menyelam atau diving. Selain itu, ada tempat khusus untuk olahraga ini. Beberapa titik menawarkan keindahan biota laut yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain.

Karang biru misalnya, karang jenis ini hanya hidup di perairan yang bersih dan jernih tanpa adanya limbah yang mengganggu. Jenis terumbu karang lainnya juga bisa dilihat, serta berbagai ikan-ikan kecil yang berenang dengan sangat lincah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau AbangFoto oleh Haris Subagya di Google Maps

Sesuai dengan namanya, wisata Pulau Abang merupakan salah satu negara di tengah lautan yang bisa dijangkau dengan transportasi laut. Batam sendiri merupakan gugusan pulau yang dihubungkan oleh pembatas atau pintu masuk laut.

Untuk menuju tempat wisata ini Anda harus menyeberang dan kemudian melintasi setidaknya 6 jembatan. Secara administratif alamatnya terletak di Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Jarak dari Batam Square sekitar 63 kilometer. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan darat hingga sampai di Kecamatan Galang. Gunakan Jembatan 6 Barelang sebagai rujukan utama Anda lalu menuju pelabuhan terdekat.

Perjalanan menuju pulau eksotik ini memakan waktu sekitar 30 menit menggunakan perahu pompong. Sedangkan waktu yang dibutuhkan dari pusat kota Batam menuju pelabuhan sekitar 2 jam.

Total waktu yang Anda perlukan untuk mengunjungi objek wisata ini adalah sekitar 2 jam 30 menit dengan catatan jalanan tidak macet.

Biaya masuk dan jam buka

Sebenarnya tidak ada biaya untuk mengunjungi pulau eksotis ini. Harga tiketnya gratis, tidak ada portal atau gerbang yang berfungsi sebagai loket.

Namun tentu ada juga biaya akomodasi yang harus dikeluarkan. Untuk penyeberangan misalnya menggunakan perahu pompong yang disediakan warga sekitar. Biaya perjalanan ke Pulau Abang Batam dengan perahu kecil sekitar 25.000 rupiah.

Sedangkan jika memilih jenis kapal yang lebih besar, siapkan uang sebesar 30.000 rupiah. Akan lebih baik jika menggunakan jasa travel agar lebih hemat. Untuk semua paket perjalanan yang ditawarkan biasanya hanya dibanderol kurang dari 300.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pulau AbangFoto oleh Dedy Marisson di Google Maps

Faktanya, ada dua pulau yang namanya mirip dan letaknya tidak jauh berbeda. Salah satunya dinamakan Pulau Kecil karena ukurannya tidak sebesar yang kita bahas kali ini. Selain itu, keduanya menawarkan berbagai aktivitas seru.

Berenang dan bermain air

Aktivitas menarik wisata di Pulau Abang yang pertama adalah berenang atau sekedar bermain air. Menyenangkan sekali, apalagi jika dilakukan bersama keluarga, teman, atau berkelompok.

Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan pelampung atau ring. Berenang ke tengah tidak menjadi masalah karena relatif aman tanpa ombak tinggi.

Berlayar mengelilingi Pulau Abang dengan perahu

Akhiri liburan seru Anda di Pulau Abang dengan naik perahu. Warga sekitar menawarkan penyewaan perahu pompong, selain penyeberangan tentunya.

Anda bisa berwisata mengarungi lautan biru yang luas untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Snorkeling atau menyelam

Airnya yang jernih tanpa ombak yang tinggi menjadikan Pulau Abang Batam cocok untuk menyelam atau snorkeling.

Bahkan kegiatan ini bersifat wajib dan jika tidak dilakukan maka dianggap tidak hadir. Biota lautnya sangat indah mulai dari terumbu karang, ikan-ikan kecil, udang, kepiting dan masih banyak lagi.

Mencari spot foto

Tidak ada spot khusus, namun bukan berarti Anda tidak akan menemukan subjek fotografi terbaik. Pemandangan indah dijamin cocok untuk menghiasi background foto.

Airnya yang jernih dan tenang, pasir putih halus yang berkilauan serta pemandangan kepulauan di seberangnya seolah membentuk keindahan sempurna yang layak dijadikan kesempatan berfoto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau AbangFoto oleh Krishnendu Sarma di Google Maps

Dari segi fasilitas, kawasan wisata di Pulau Abang memang belum banyak. Namun bukan berarti mereka tidak ada sama sekali. Yang dibutuhkan masih bisa ditemukan di sini, misalnya warung, toilet atau tempat ibadah.

Tidak sulit mencari penginapan dengan harga terjangkau. Jika Anda ingin menyelam, silakan menyewa tempat yang memungkinkan.

Keindahan alam yang mempesona akan selalu diandalkan mengisi musim liburan. Apalagi bagi para pelancong sejati, menggarap wisata bahari menjadi tantangan tersendiri.

Batam mempunyai potensi wisata alam yang cukup beragam. Misalnya Pulau Abang yang pesona pasir putihnya, airnya yang jernih, dan nuansa alamnya patut untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button