Tempat Wisata

Pulau Alor : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pulau Alor : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pulau Alor Pulau Alor memiliki sejumlah keindahan yang sangat digemari wisatawan mancanegara. Terletak di ujung timur Flores, pulau dengan nama pendek ini menyembunyikan surga bawah laut yang mempesona. Ini menjadikannya taman laut kelas dunia setelah kepulauan Karibia.

Di kepulauan Alor sendiri terdapat 17 kabupaten dan 20 pulau yang tersebar. Dari 20 pulau tersebut, 9 pulau berpenghuni sementara sebagian lainnya merupakan pulau tak berpenghuni. Pulau Alor dianggap sebagai pulau terindah yang menawarkan berbagai wisata alam serta wisata budaya yang menakjubkan.

Pemandangan Pulau Alor:

Pulau Alor tidak hanya menampilkan keindahan alam daratan saja, namun juga menyuguhkan keindahan alam bawah laut yang sangat eksotis. Pulau ini menjadi rumah bagi berbagai biota laut seperti aneka ikan langka, tumbuhan laut dan juga karang yang menimbulkan kekaguman para penyelam.

Ada 18 lokasi penyelaman yang biasa dikenal dengan sebutan “lokasi penyelaman Baruna di Alor”. Tentunya di setiap titik menawarkan keunikan tersendiri yang bisa dicermati saat penyelam menikmati kondisi bawah laut.

Di Pulau Alor sendiri, pengunjung bisa menikmati Baruna’s Point, Cave Point, Barrel Sponge Wall, Never-Never Wall, Mola-Mola Point, Alor Dreaming, Night Snacks, Captain’s Choice, Rocky Point, Anemone Country, Sharks Reeway, Tuna Channel dan Octopus Taman dan lemari es.

Selain itu di kawasan pulau wisata ini juga terdapat beberapa pantai, hutan nostalgia dan juga Taman Wisata Tuti Adagae. Menurut informasi, wisatawan yang ingin menanam pohon di kawasan hutan nostalgia bisa mengingat pohon ini selamanya.

Karena pada saat menanam dicatat nama dan alamatnya yang tentunya berlaku selamanya, selama pohon itu masih tumbuh dan berkembang. Pohon itu juga menjadi tanda bahwa wisatawan telah mengunjungi pulau tersebut.

Selain itu, pengunjung Pulau Alor juga bisa menikmati wisata budaya. Budaya unik ini merupakan bagian dari populasi yang dihuni oleh kelompok etnis Subflores seperti gaun Ka. Pakaiannya terbuat dari kulit kayu. Pulau Alor juga dikenal sebagai Pulau Seribu Moko, sebuah gendang perunggu kecil dari budaya Vietnam Dong Son.

Dari segi religi, wisata Pulau Alor juga memiliki Alquran tertua yang ditemukan di Asia Tenggara. Ada banyak desa adat yang patut dikunjungi karena keunikannya, misalnya untuk melihat tenun ikat, upacara adat dan juga rumah adat.

Selain keindahan yang terjaga di pulau ini, masih ada sejuta pesona alam yang menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan.

1. Pantai Sebanjar

Pantai wisata ini terletak di kecamatan Alor Barat Laut. Alor dapat dicapai dari pusat kota dengan jarak 6 km. Setibanya di pantai ini, pengunjung disuguhi panorama pantai yang tak kalah menarik dari pantai-pantai di Bali. Pantai Sebanjar juga memiliki banyak fasilitas bawah laut. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan menyelam di pantai ini.

Meski demikian, tempat ini merupakan tempat menyelam terbaik di dunia. Anda yang ingin merasakan keindahan pemandangan bawah laut yang menakjubkan namun tidak ingin menyelam tidak perlu khawatir karena pengunjung dapat menggunakan kapal kaca khusus untuk melihat alam bawah laut.

2. Pulau Kepa

Pulau Kepa merupakan pulau kecil di Kabupaten Alor. Keindahan alam yang mempesona juga terpelihara di pulau ini. Ada banyak fasilitas yang cocok tersedia untuk pengunjung, seperti penginapan atau resor. Di tempat ini pengunjung juga bisa menyelam atau scuba diving untuk menikmati pemandangan bawah laut yang mempesona.

3. Pulau Kuil

Keindahan pulau lain di pulau Alor yang tak kalah menarik adalah wisata pulau Pura. Pulau ini juga merupakan tempat menyelam yang menarik di Alor.

4. Desa Takpala

Desa ini merupakan salah satu budaya dari pulau Alor. Budaya tradisional ini sangat terasa karena masyarakatnya masih primitif dan jauh dari modernitas.

Fasilitas Pulau Alor:

  • mengangkut
  • komunikasi
  • pasar
  • bisnis
  • mengangkut
  • perbankan
  • gedung pemerintah

Jam buka dan biaya masuk pulau Alor:

Tempat wisata ini buka 24 jam sehari.

Harga tiket tour bervariasi tergantung fasilitas yang diminta. Namun yang jelas, biaya yang dikenakan di Pulau Alor sangat terjangkau dan akan masuk ke kantong semua kalangan.

Lokasi dan Rute Pulau Alor:

Tempat wisata Pulau Alor berada di Kec. Alor Barat Daya, Cab. Alor, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Jaraknya sekitar 260 kilometer dari Kupang dan sekitar 360 kilometer dari Ende.

Mendapatkan ke tempat wisata cukup mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan laut atau udara.

Transportasi Laut: Dari Kupang, gunakan kapal ferry. Kami biasanya pergi ke Kalibahi di Pulau Alor dua kali seminggu. Perjalanan melewati Kaut Sawu dan mungkin memakan waktu cukup lama.

Transportasi Udara: Dari Surabaya/Jakarta ke Kupang. Setelah itu, ada dua jadwal penerbangan di Kupang dan dua maskapai yakni Merpati pada pagi hari dan Trans Nusa pada sore hari untuk terbang menuju Bandara Mali di Pulau Alor.

Wisata Pulau Alor merupakan salah satu destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur yang menawarkan keindahan alam yang menarik dan mempesona. Di kawasan wisata ini terdapat pemandangan yang indah di darat serta pemandangan indah di bawah laut yang jarang ditemui di tempat wisata lainnya. Selain keindahan bawah lautnya yang mempesona, Pulau Alor juga menawarkan wisata lain yang akan memanjakan hati para pecinta petualang. Misalnya, pendaki bisa merasakan sensasi mendaki Gunung Koya-koya.

Peta lokasi pulau Alor

Tips Berkunjung ke Pulau Alor

Jadikan liburan anda dan keluarga di pulau Alor semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Alor adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah bersama orang tersayang ke pulau Alor dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas repot di pulau Alor.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Pulau Alor.

Galeri foto pulau Alor

Pulau AlorPulau Alor Sumber: google.comPulau AlorPulau Alor Sumber: google.comPulau AlorPulau Alor Sumber: google.comSpot foto di pulau AlorPotret udara pulau AlorPantai pulau Alorair laut yang jernihMonumen Perjuangan Rakyat di AlorMatahari terbenam di pulau Alor

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button