Tempat Wisata

Pulau Cubadak: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Salah satu pulau cantik yang tidak boleh dilewatkan di Sumatera Barat adalah Pulau Cubadak. Pulau ini sangat cocok sebagai tujuan wisata bagi mereka yang ingin menghilangkan penat. Air di pulau ini sebagian besar tenang karena terlindung oleh teluk. Selain itu, kehidupan bawah lautnya sangat mempesona.

Panorama alam pulau eksotik ini bahkan sudah sampai ke mancanegara. Oleh karena itu, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengunjungi Sumatera Barat.

Lokasi pulau Cubadak

Pulau CubadakPulau Cubadak Sumber: instagram.com/mytravelsecret

Pengunjung dapat merasa seperti berada di pulau pribadi karena pulau ini tidak terlalu ramai. Situsnya sendiri berada di kawasan Teluk Tarusan. Tepatnya di Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Fasilitas di pulau Cubadak

Tak perlu khawatir jika ingin merencanakan liburan di pulau ini. Pada prinsipnya pulau ini sudah memiliki fasilitas yang memadai. Ada sebuah resor di sekitar pulau yang sangat nyaman.

Standar fasilitas di tempat wisata ini cukup baik. Sehingga Anda akan merasa nyaman bahkan untuk beberapa hari ketika Anda mengunjungi tempat ini.

Kegiatan menarik di pulau Cubadak

Kegiatan menarik di pulau CubadakPulau Cubadak Soure: instagram.com/k3vinkm

Sebagai salah satu pulau mempesona di Sumatera Barat, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Tak heran bila berkunjung ke pulau ini Anda bisa melakukan berbagai hal yang tidak monoton.

Apalagi keindahan pulau ini sebenarnya sudah terdengar hingga mancanegara. Tidak hanya pemandangannya yang indah, wisata lainnya juga beragam dan seru untuk dijelajahi.

1. Jelajahi pulau

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjelajahi pulau ini. Pada dasarnya, kawasan pulau ini diberkahi dengan pemandangan yang menakjubkan. Anda akan terkagum-kagum dengan pemandangan laut biru dan pasir putih. Pemandangannya begitu memukau apalagi suasananya yang tidak terlalu ramai.

Tak heran jika banyak pengunjung yang merasa betah saat berkunjung ke sini. Pulau ini meliputi area seluas 40 kilometer persegi. Pantai berpasir putih itu sendiri memiliki lebar sekitar 1,5 m. Pepohonan di sekitarnya menambah nuansa eksotik pulau ini. Diselimuti birunya air laut dan langit cerah, tempat ini membuat pengunjung betah berlama-lama.

Menjelajahi pantai paling cocok bagi mereka yang berwisata bersama pasangan atau keluarga. Dengan begitu, momen liburan yang dialami tetap tak terlupakan.

2. Melihat pulau dari atas bukit

Pengunjung bisa mendaki untuk lebih mengenal keindahan Pulau Cubadak. Ini bisa menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan karena jalur trekking sudah ditata dengan baik. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak cukup singkat. Anda dapat mencapai bukit hanya dalam 10 menit.

Selain itu, di puncak bukit terdapat saung kecil atau gazebo sebagai tempat bersantai. Pengunjung dapat menikmati panorama alam yang tercipta dengan hembusan angin pantai.

3. Pergi dengan perahu

Tak sedikit pengunjung yang ingin menambah kesan berlibur di sini dengan bermain perahu. Jenis perahu yang dapat digunakan adalah perahu layar atau perahu lainnya. Di tempat ini juga dimungkinkan untuk berenang dan bermain air laut yang jernih. Hal ini bisa dilakukan dengan hati yang baik sambil berjemur sesudahnya.

Tempat berjemur ini banyak digunakan oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau ini. Tak heran jika pulau ini dikenal sebagai pulau eksotis dengan pemandangan yang indah.

4. Nikmati pemandangan bawah laut

Kegiatan menarik lainnya adalah menikmati keindahan alam bawah laut. Pulau ini memiliki keindahan biota laut yang tak terbantahkan. Arus laut di pantai ini rendah, sehingga pengunjung bisa menyelam atau snorkeling.

Diantara keindahan bawah laut yang bisa dilihat adalah berbagai jenis terumbu karang dan ikan laut. Keindahannya begitu memanjakan mata karena berwarna-warni. Selain itu, air lainnya masih sangat bersih dan jernih. Tak heran jika petualangan menikmati suasana bawah laut menjadi lebih mudah.

Biaya masuk ke pulau Cubadak

  1. Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui April 2023)

Jam operasional pulau Cubadak

Tiket masuk tidak hanya gratis, operasi di pulau ini juga buka sepanjang waktu. Namun, disarankan untuk datang di bawah sinar matahari yang cerah. Ini karena pengunjung harus menyeberangi lautan terlebih dahulu.

Peta lokasi pulau Cubadak

Akomodasi di dekat pulau Cubadak

Menemukan akomodasi yang layak di pulau ini cukup mudah. Hal ini dimungkinkan jika pengunjung ingin menjelajahi keindahan pulau eksotis ini lebih lama. Salah satu resort yang bisa dipilih adalah Cubadak Paradiso Village. Terdapat 15 bungalow dengan kapasitas hingga 35 orang.

Hal ini lebih mudah jika Anda menggunakan jasa travel. Hal ini membuat aktivitas liburan di pulau ini menjadi lebih mudah dan Anda sendiri tidak perlu khawatir. Meski harga yang ditawarkan pihak resort tidak bisa dibilang murah, namun sebanding dengan kenikmatan yang akan dialami seseorang di sini.

Jadwal perjalanan ke Pulau Cubadak

Jadwal perjalanan ke Pulau CubadakPulau Cubadak Sumber: instagram.com/globe_trotter61

Pada dasarnya itinerary ke tempat wisata ini bisa dimulai dengan mengarahkan kendaraan menuju Pantai Carocok di Painan. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan speedboat langsung menuju Pulau Cubadak.

Alternatif lain adalah Pelabuhan Mandeh di Kabupaten Pesisir Utara. Anda kemudian akan naik perahu wisata langsung ke tujuan wisata ini.

Menjadikan Pulau Cubadak sebagai destinasi wisata di Sumatera Barat merupakan keputusan yang tepat. Mengunjungi pulau eksotis ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda.

Gambar dan foto pulau Cubadak di Sumatera Barat

Pemandangan pantai Pulau Cubadak dari atasKeindahan laut di pulau CubadakBermain di Pantai Pulau CubadakSalah satu spot foto terbaik di pulau CubadakPemandangan dermaga dari atasPesona pulau Cubadak

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button