Tempat Wisata

Pulau Gebe, destinasi wisata bahari di Halmahera tengah yang penuh pesona

Pulau Gebe di Halmahera tengah merupakan destinasi wisata bahari yang menawarkan berbagai atraksi wisata yang indah dan menarik.

Biaya tur: Mulai dari Rp 5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Pulau Gebe, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara; Map: Periksa lokasinya

Maluku Tengah mempunyai kawasan wisata pulau yang menarik untuk dikunjungi. Namanya Pulau Gebe dan rupanya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bukan hanya sekedar pulau biasa, namun banyak juga keindahan yang bisa dijelajahi selama liburan.

Dengan luas 224 kilometer persegi, Pulau Gebe terletak di bagian tenggara Pulau Halmahera dan berbatasan langsung dengan Pulau Raja Ampat yang keindahannya sudah terkenal luas.

Pulau yang dulunya merupakan tempat penambangan nikel ini menjadi tempat wisata yang menarik sejak tambang tersebut ditutup pada tahun 2007.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi tempat ini, sangat disarankan agar Anda melakukan riset dan mendapatkan informasi lebih lanjut sebelum berangkat.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Gebe

Daya Tarik Pulau GebeFoto: Google Maps/Rustam Marsaoli

Pulau ini mempunyai banyak tetangga berupa pulau-pulau kecil lainnya mulai dari Pulau Yoi, Pulau Sain, Pulau Fau dan Pulau Uta. Pulau ini, dari semua tempat, mempunyai keunikan yang tidak dapat ditemukan di tempat wisata lainnya.

1. Asal

Saat ini perkiraan jumlah penduduk di Pulau Gebe sebanyak 5.000 jiwa. Namun sebelumnya hanya sebuah pulau kecil dan baru diberi nama Gene pada tahun 700 Masehi.

Konon nama tersebut diberikan saat Sultan hendak berangkat ke Raja Ampat dari wilayah Kesultanan Tidore.

Namun ketika dia sedang beristirahat bersama kelompoknya, seseorang memanggil ketika dia melihat sebuah pulau. Dari sinilah nama Gebe berasal. Yakni dari teriakan rombongan kekaisaran yang secara bersamaan mengucapkan kata Ge dan Bei.

2. Keindahan alam yang mempesona

Keindahan alam di kawasan kepulauan ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Hutan hutan bakau Inilah salah satu daya tariknya, tertata rapi dan menjadi landmark Pulau Gebe. Selain itu, pantai ini juga termasuk dalam kategori bersih dan luas.

Dapat digunakan sebagai tempat bersantai di pagi hari, berenang ataupun bersantai Menyelam. Ada pula keindahan Danau Yoi yang hanya bisa disaksikan saat air laut di kawasan pulau itu surut. Jika beruntung, Anda bahkan bisa mencapai danau dengan berjalan kaki.

3. Suasana alam

Jika Anda mencari tempat wisata dengan suasana alam yang menenangkan, masih alami, dan udara sejuk, maka pulau yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan ini adalah jawabannya.

Dengan suasana alam yang mendukung, Anda bisa menikmati liburan santai tanpa henti di Pulau Gebe yang berada di pusat Halmahera.

4. Pantai yang fantastis

Jenis pantai dengan ombak yang landai ini memungkinkan wisatawan melakukan eksplorasi bawah laut dengan lebih sempurna. Anda dapat melihat terumbu karang dari dekat, berbagai spesies ikan, dan masih banyak lagi.

5. Gua unik dan air terjun eksotis

Ada beberapa gua alami di pulau ini. Tiga di antaranya dapat dicapai dengan berjalan kaki. Namun, jika ini pertama kalinya Anda ke sana, sebaiknya minta bantuan pemandu wisata.

Ada yang namanya Goa Wetef. Konon dulunya merupakan tempat tinggal leluhur masyarakat marga Wetefwagya setempat. Ada juga Gua Umera di kawasan Desa Umera yang banyak terdapat sarang burung walet, dan ada juga Gua Kapaleo.

Air terjun yang populer di kawasan wisata Pulau Gebe bernama Watong. Tingginya hanya dua meter dan tersembunyi di hutan lindung. Untuk mencapai tempat ini Anda harus menempuh jarak tiga kilometer dengan menggunakan sepeda motor.

5. Budaya lokal

Bagi yang ingin merasakan langsung budaya lokal dapat datang ke desa wisata pada waktu-waktu tertentu untuk menyaksikan berbagai tarian tradisional seperti tari Dana-Dana, Soya-Soya dan masih banyak lagi.

6. Kuliner

Pekerjaan Yang disukai pecinta kuliner adalah restoran yang menawarkan menu khas maluku. Ada tiga jenis kuliner yang wajib Anda coba: pertama berupa kue tradisional, lalu masakan yang bahan utamanya berasal dari perkebunan lokal. Toh, ini adalah makanan yang terbuat dari olahan fauna laut.

7. Taman Bakau

Jangan lupa untuk mengunjungi Taman Mangrove Kacepi yang keindahannya luar biasa. Dapat dijadikan lokasi fotografi karena keindahan dan keasriannya latar belakang Alam sungguh menakjubkan.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau GebeFoto: Google Maps/Salus Yustian

Tak perlu bingung jika ingin datang ke kawasan wisata Pulau Gebe, Maluku, Anda punya dua pilihan jalur yang bisa dipilih, yakni lewat udara dan lewat laut.

Dengan pesawat dari kota Ternate menuju pulau eksotik ini dan sebaliknya, dimana jadwal penerbangannya tiga kali dalam seminggu. tepatnya pada hari senin, kemudian pada hari rabu dan terakhir pada hari jumat.

Anda juga bisa menggunakan kapal jenis perintis yang membutuhkan waktu 24 jam dari Ternate sampai ke sini. Sedangkan dari Sorong, Anda bisa menggunakan kapal laut bernama Kie Raha atau kapal kayu untuk mengangkut barang.

Jika Anda ingin menjelajahi yang berbeda noda Menariknya wisata bahari, diperlukan biaya. Berbeda noda Biayanya bervariasi, namun layaknya pantai, tiket masuk pantai hanya berkisar Rp 5.000/orang. Hingga saat ini, tidak dikenakan biaya masuk untuk memasuki hutan bakau dan hutan lainnya.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau GebeFoto: Google Maps/Faisal Hermansyah

Seperti yang sudah dijelaskan, banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pulau eksotis ini. Diantaranya adalah:

Berburu spot fotografi

Jika Anda ingin meninggalkan kenangan tak terlupakan atas keberadaan Anda di Pulau Gebe yang berada di tengah Halmahera, tak ada yang lebih baik dari menjelajahi berbagai tempat menarik untuk berfoto.

Mulai dari pemandangan pantai yang mempesona, hijaunya taman bakau yang mempesona, hingga keindahan gua yang mistis dan gemericik air terjun yang menakjubkan.

Setiap sudut menyuguhkan potret memukau yang siap menjadi saksi bisu petualangan Anda.

Memancing di Pantai Pulau Gebe

Di Desa Sanafi di Pulau Gebe Anda bisa menikmati pengalaman memancing yang tiada duanya. Airnya yang jernih dan penuh kehidupan serta menawarkan berbagai jenis ikan yang akan menantang keterampilan Anda.

Mulai dari ikan kecil yang berkilauan hingga predator laut yang hebat, setiap tangkapan merupakan sebuah kemenangan tersendiri.

Snorkeling dan menyelam

Temukan keindahan alam bawah laut sambil snorkeling atau menyelam. Kenali lebih dekat keanekaragaman biota laut, mulai dari warna-warni flora hingga fauna eksotik.

Terumbu karang yang megah dan makhluk laut yang menakjubkan akan membuat Anda takjub dalam perjalanan ke kedalaman lautan.

berkemah

Untuk merasakan kedekatan yang tak terlupakan dengan alam, jangan lewatkan kesempatan berkemah di alam terbuka Pulau Gebe di pusat kota Halmahera. Dari hutan lebat hingga pantai sejuk, ada beberapa lokasi perkemahan yang menunggu untuk dijelajahi.

Di bawah langit berbintang, jauh dari hiruk pikuk kota, Anda bisa merasakan kedamaian sejati dan menikmati keindahan alam yang mempesona.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau GebeFoto: Google Maps/Rustam Marsaoli

Tulsi kembali menulis tentang fasilitas wisata di pulau ini yang bisa dikatakan lengkap mengingat pulau tersebut sudah relatif berkembang bahkan pernah menjadi tempat pertambangan terkenal di Tanah Air.

Fasilitas yang tersedia antara lain akomodasi yang nyaman, restoran yang menyajikan berbagai hidangan lezat, lahan parkir yang luas, tempat ibadah bagi pengunjung yang memerlukan, toilet bersih dan terawat, serta tersedianya ATM untuk memudahkan transaksi keuangan pengunjung.

Selain itu, masih banyak fasilitas lain yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung pulau ini.

Jika anda ingin berkunjung ke kawasan wisata Pulau Gebe, Diperlukan persiapan yang matang karena banyak lokasi yang bisa dijelajahi. Anda juga dapat mengunjunginya kapan saja sesuai dengan rencana transportasi yang disediakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button