Tempat Wisata

Pulau Hoga, Wisata Bahari Eksotis yang Menawan di Wakatobi

Biaya Tur: Mulai dari Rp150.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Ambeua Raya, Kec. Kaledupa, Kab.Wakatobi, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Pulau Hoga di Wakatobi menyimpan begitu banyak keindahan bawah laut. Karena pulau ini terletak di antara Kepulauan Tukang Besi yang memang sudah terkenal dengan keanekaragaman terumbu karangnya. Pengunjung dibawa ke surga dunia yang terletak di Sulawesi Tenggara. Pantai berpasir putih membuat pulau ini begitu istimewa di kalangan wisatawan juga.

Hal ini juga tergambar dari fakta bahwa pulau ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal. Namun oleh wisatawan asing yang juga memiliki ketertarikan yang besar terhadap keindahan pulau tersebut.

Pemandangan pulau Hoga

Pemandangan Pulau HogaKredit foto: Google Maps Hiu Besar Merah Muda

Pulau cantik ini secara geografis berada di sebelah timur Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kekayaan bawah laut yang begitu indah membuat pulau ini menjadi tujuan banyak wisatawan.

1. Terumbu Karang yang Menakjubkan

Sebagai tempat yang banyak diminati wisatawan, keindahan pulau ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Karena terumbu karang yang hidup sangat beragam.

Mulai dari terumbu karang kecil hingga yang menjulang tinggi, pengunjung bisa menemukannya di sini. Selain itu, Pulau Hoga juga memiliki banyak spesies ikan yang hidup di antara terumbu karang.

Pengunjung bisa melihat keindahan terumbu karang secara langsung. Bisa dilakukan dengan berenang dan juga scuba diving.

2. Pasir putih yang indah

Karena terletak di antara kepulauan di Indonesia bagian timur, pulau ini masih asri. Warga dan pemerintah daerah terus menjaga ekosistem agar tetap lestari.

Hal ini dibuktikan dengan pasir putih yang mengalir deras hingga ke bibir pantai. Butiran pasir putih merupakan tanda bahwa lingkungan tetap terjaga kebersihannya.

Vegetasi yang hidup di sekitar pantai juga membantu menyaring kotoran. Pasir di daerah ini dengan demikian telah melewati beberapa filter.

3. Memiliki banyak jenis ikan

Daya tarik lain yang dimiliki Pulau Hoga adalah keanekaragaman jenis ikan yang hidup di sana. Ikan ini dapat hidup dengan nyaman karena didukung oleh kondisi lingkungan.

Terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan telah berhasil menarik berbagai jenis ikan untuk hidup di dalamnya. Juga karena ikan di daerah ini tidak diburu secara membabi buta.

Peran masyarakat yang sadar akan pentingnya keanekaragaman hayati harus dicontoh. Karena bisa membuat pengunjung lebih nyaman untuk menginap di pulau ini.

4. Melambai pohon palem

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau HogaSumber gambar: Google Maps Andrika P.

Daerah di sekitar pulau memiliki suasana yang mempesona dengan pohon kelapa yang mengelilingi pulau. Hal ini memungkinkan semua orang merasa nyaman saat berada di bawahnya.

Pengunjung tidak akan bosan di pulau ini. Karena pengunjung dimanjakan dengan pemandangan pohon kelapa yang melambai.

Suara deburan ombak dan goyangan pohon kelapa membuat semua orang betah. Selain itu, pengunjung juga bisa memanfaatkan pohon kelapa sebagai tempat berteduh dari teriknya sinar matahari.

5. Keindahan senja sore

Seperti kebanyakan pantai, Pulau Hoga mempertahankan keindahan sorenya. Pengunjung akan dibuat takjub dengan senja yang menyapa Anda.

Bagaimana tidak, dengan letak pulau yang benar. Pulau ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang jelas.

Pengunjung tidak perlu khawatir jika matahari terhalang oleh rintangan seperti di pulau lainnya. Karena di lepas pantai pulau ini berakhir.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau HogaSumber gambar: Google Maps Zakariya Arif

Untuk menuju Pulau Hoga, pengunjung harus menempuh perjalanan ke Sulawesi Utara melalui jalur udara. Pengunjung kemudian dapat melanjutkan perjalanan melalui laut atau udara menuju Bandara Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Setibanya di Wakatobi, pengunjung bisa menyewa perahu dari warga sekitar untuk menuju Pulau Kaledupa. Kemudian pengunjung bisa kembali naik kapal lain menuju kawasan pulau.

Jarak Kaledupa ke Hoga relatif jauh. Namun pengunjung tidak perlu khawatir karena pemandangan yang disajikan di sepanjang jalan sangat indah. Setibanya di Pulau Hoga, pengunjung dapat memesan akomodasi. Atau bawa perlengkapan Anda sendiri yang dimiliki pengunjung untuk menginap.

Untuk menikmati keindahan Pulau Hago sepenuhnya, pengunjung tidak perlu membayar apapun. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek untuk akomodasi dan penginapan.

Biaya perjalanan setiap orang berbeda-beda. Hal ini bisa terjadi karena Pulau Hago Wakatobi ramai dikunjungi wisatawan pada bulan-bulan tertentu.

Oleh karena itu, pengunjung harus mengetahui janji temu yang baik. Idealnya, Januari hingga April adalah periode bebas yang bisa digunakan pengunjung untuk berkunjung.

Pada bulan-bulan di luar, wisatawan biasanya berduyun-duyun ke sini. Baik untuk sekedar berlibur atau untuk melakukan aktivitas bawah air.

Kegiatan menarik di pulau Hoga Pulau

Aktivitas di Pulau HogaKredit foto: Instagram الق

1. Berenang di laut

Sebagai salah satu pulau yang memiliki kekayaan biota laut terindah di dunia. Tentu sangat disayangkan bila pengunjung tidak menikmati fasilitas tersebut.

Pengunjung bisa berenang di lepas pantai atau di sekitar pantai untuk menghindari ombak yang tinggi. Pengunjung juga bisa menyewa pelampung dari warga sekitar.

Airnya yang jernih dan garis pantai yang panjang membuat pengunjung betah saat berenang. Juga karena ombak di daerah ini tidak terlalu tinggi.

2. Menyelam dan snorkeling

Karena terumbu karang di Pulau Hoga begitu indah. Membuat pengunjung bisa menikmatinya secara langsung.

Pengunjung dapat membawa peralatan selam sendiri. Atau Anda dapat menyewa peralatan dari Marine Conservative Hall di pulau yang indah ini.

Keindahan terumbu karang di pulau ini pasti sayang untuk dilewatkan. Lagi pula, di mana lagi pengunjung bisa melihat langsung karunia bawah laut jika bukan di pulau ini.

3. Nikmati kelapa muda

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Pulau HogaKredit foto: Instagram Siti Maryam

Karena pohon kelapa di kawasan ini bisa tumbuh bebas dan tersebar luas. Jadi penduduk setempat juga menggunakannya sebagai mata pencaharian.

Pengunjung dapat menikmati kesegaran hidrosefalus muda langsung dari pohonnya. Penghuni akan memilihnya khusus untuk pengunjung.

Pengunjung juga bisa membawanya langsung. Dengan catatan, pengunjung sudah mendapat izin dari pemiliknya.

4. Memancing di laut dalam

Untuk memancing di Pulau Hoga, pengunjung harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar ikan yang hidup di daerah tersebut tidak ditangkap secara berlebihan.

Pengunjung dapat membawa alat tangkap sendiri. Kemudian naik kapal penumpang dan nikmati aktivitas memancing di lepas pantai.

Pengunjung juga bisa memancing di sekitar pantai. Berdiri di dinding partisi bangunan juga bisa menjadi sesuatu yang istimewa.

Akomodasi murah terdekat dari pulau

Akomodasi di dekat Pulau HogaSumber Gambar: Google Maps Fitria Purnamasari

1.Naya Matohara Resort

Penginapan ini memiliki banyak fasilitas untuk dinikmati pengunjung. Salah satunya adalah sarapan, Wi-Fi dan parkir gratis, serta kamar ber-AC. Selain itu, penginapan ini juga terhubung dengan banyak wahana wisata. Mulai dari Gua Air Konthalame, Pantai Cemara dan juga Pantai Molii Sahatu.

Pengunjung mendapatkan fasilitas lebih lanjut berupa perahu yang siap mengantar pengunjung berkeliling lokasi di sekitar pulau. Antar-jemput bandara juga tersedia.

2. Hotel Mangrove Inn

Ada juga hotel yang sangat dekat dengan Pulau Hoga. Hotel ini memiliki banyak fasilitas seperti kamar yang nyaman, WiFi dan sarapan gratis, serta layanan pelanggan 24 jam. Hotel ini juga memiliki fasilitas lain berupa shuttle. Pengunjung bisa menghubungi pihak hotel untuk fasilitas yang satu ini.

Selain itu, pengunjung juga disuguhi pemandangan sekitar hotel. Karena hutan mangrove di sekitar hotel memastikan pengunjung betah berlama-lama.

3. Hotel Wakatobi Patuno

Berada dekat dengan dermaga, tentunya hotel ini bisa menjadi pilihan bagi pengunjung untuk beristirahat. Karena pengunjung tidak perlu mencari hotel lain yang jauh dari Pulau Hoga. Memiliki banyak fasilitas seperti kamar ber-AC yang nyaman, antar jemput gratis bagi pengunjung yang telah melakukan reservasi dan juga sarapan gratis. Hotel ini sering dijadikan tujuan para pengunjung untuk beristirahat.

Pemandangan dari sekitar hotel juga tidak main-main. Menghadap langsung ke pantai, tentunya pengunjung memiliki waktu lebih banyak untuk beristirahat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di sekitar Pulau HogaSumber gambar: Twitter perjalanan indonesia

Sebagai salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Tentu saja, Pulau Hoga memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan pengunjung.

Fasilitas seperti toilet umum, pelampung ban untuk berenang, perlengkapan menyelam dan perahu penumpang tersedia di sini. Pengunjung juga bisa menginap di rumah penduduk setempat jika ingin menginap di pulau ini.

Fasilitas lain yang bisa digunakan pengunjung adalah tempat ibadah yang tersebar di beberapa tempat di pulau ini. Pengunjung dapat bertanya kepada penduduk setempat apakah mereka ingin menghadiri kebaktian gereja.

Itu saja yang ada di Pulau Hoga Wakatobi dan juga keindahan yang ditampilkan dengan jelas di surga dunia yang menjadi rumah bagi banyak biota laut ini. Fasilitas yang ada di pulau ini tentunya didesain untuk para pengunjung agar menginap dan menginap di pulau ini semakin nyaman.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button