Tempat Wisata

Pulau Karampuang Mamuju – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp20.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Karampuang, Kec. Mamuju, Kab.Mamuju, Sulawesi Barat; map: Cek lokasi

Pulau Karampuang terletak di tanah Sulawesi Barat, lebih tepatnya di Mamuju. Pulau yang terlihat cantik dalam foto-foto yang bertebaran di Google ini sebenarnya menawarkan panorama yang demikian. Pulau ini memiliki luas 6,37 km² dengan jumlah penduduk yang cukup besar yaitu lebih dari 2.000 orang. Dengan demikian, wisatawan yang berkunjung ke sana dapat melihat berbagai aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat.

Pulau Karampuang memiliki pesona alam yang masih sangat terjaga kelestariannya dengan pepohonan hijau yang mengelilinginya. Wisatawan akan dibuat takjub sesaat saat pertama kali datang ke sini. Hamparan pasir putih yang terhampar bak permata pun terlihat semakin indah dengan air laut yang jernih. Selain itu, pepohonan hijau yang tumbuh subur di sini sangat menyejukkan mata.

Pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Buaya. Namun, wisatawan tidak perlu khawatir membayangkan liburan ditemani ribuan buaya. Karena penamaan ini dicetuskan hanya karena bentuk pulaunya yang hampir menyerupai bentuk buaya. Wisatawan hanya akan menemukan pulau-pulau dengan pemandangan indah dan lingkungan sekitar yang masih terlihat asri. ingin datang?

Pemandangan pulau Karampuang

Kredit Foto: Google Maps Faizal Reza Sukmawan

Pulau yang berseberangan dengan pulau Sulawesi ini sangat menarik bagi semua orang terutama bagi para traveller yang sedang mencari destinasi wisata yang tepat untuk menghabiskan liburannya. Bagaimana tidak, segudang atraksi yang tak ternilai harganya sepenuhnya dimiliki oleh pulau seperti buaya ini. Di bawah ini adalah berbagai objek wisata Pulau Karampuang.

1. Air Mancur Pencocokan Legendaris

Berkunjung ke pulau ini akan memberikan tambahan destinasi wisata berupa air mancur. Air mancur yang bernama Matching Well ini bukan sekedar air mancur biasa tapi memiliki tiga rasa air. Tak sedikit juga yang percaya bahwa air mancur ini memiliki kekuatan untuk mendatangkan jodoh bagi siapa saja yang meminum air tersebut. Oleh karena itu sumur ini disebut Sumur Pertandingan.

2. Selamat datang di trotoar

Sambutan merupakan hal yang penting ketika mengunjungi suatu tempat untuk pertama kalinya. Begitu pula di Pulau Karampuang yang menyambut pengunjungnya dengan dermaga kayu. Jalan setapak kayu ini panjangnya sekitar 500 meter dengan ujung menjorok ke arah laut. Wisatawan dapat melihat dermaga kayu ini di atas kapal saat berada di dekat pulau.

3. Surganya para penyelam

Berbicara tentang perairan di Sulawesi, tidak pernah gagal untuk menampilkan panorama bawah laut yang menakjubkan. Jadi, bagi Anda pecinta diving sangat penting untuk mengunjungi pulau ini. Dengan banyaknya biota bawah laut yang dimiliki seseorang, melakukannya di sini pasti akan membuat pengalaman menyelam lebih berkesan. Bagaimana tertarik?

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau KarampuangKredit Foto: Google Maps Faizal Reza Sukmawan

Pulau berisi air mancur dengan tiga rasa ini terletak di Sulawesi Barat, tepatnya di Kabupaten Mamuju, Desa Karampuang. Jalan menuju pulau eksotis ini memang sedikit merepotkan dengan jalur laut yang harus ditempuh. Karena letak pulau ini yang berseberangan dengan pulau Sulawesi, pesona yang ditawarkan mampu menepis kesan tidak nyaman.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi pulau ini dari dermaga seberang sekitar setengah jam dengan menggunakan perahu motor. Perahu bermesin tunggal ini dapat ditumpangi oleh beberapa orang, sehingga wisatawan yang membawa keluarganya dapat berwisata ke pulau ini hanya dengan satu perahu motor. Harga sewa perahu ini tidak mahal, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung.

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum memulai perjalanan ke pulau ini adalah memperhatikan cuaca. Karena jika cuaca tidak mendukung, tentu akan mengganggu aktivitas liburan Anda. Mereka yang biasa merencanakan liburan di bawah terik matahari malah direpotkan oleh cuaca buruk. Karena itu, sangat penting untuk memeriksa ramalan cuaca.

Wisatawan dapat berkunjung dalam cuaca cerah dan merasa seperti berada di pulau yang benar-benar eksotis. Meski cuaca cerah dengan terik matahari, wisatawan tidak akan merasa kepanasan karena rimbunnya pepohonan dan keindahan alam yang masih terjaga di pulau ini akan menciptakan suasana sejuk. Bahkan terik matahari pun akan kesulitan memasuki kawasan pulau.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau KarampuangKredit Foto: Google Maps Faizal Reza Sukmawan

Karena letaknya yang berada di seberang pulau Sulawesi, perjalanan laut wajib untuk sampai ke pulau ini. Wisatawan hanya perlu membayar biaya sewa angkutan laut dengan kapal laut. Harganya juga tidak menguras kantong, dan sangat cocok untuk Anda yang mendambakan liburan di tengah kesejukan pulau yang eksotis, namun dengan budget minim.

Dengan uang Rp 20.000 wisatawan dibawa dengan transportasi laut berupa kapal dari dermaga menuju Pulau Karampuang. Sangat ramah kantong bukan? Wisatawan bisa berlibur dengan harga kurang dari Rp 50.000. Wisatawan yang mengunjunginya juga tidak perlu menyiapkan biaya masuk karena pulau ini menawarkan atraksi gratis bagi pengunjung.

Kegiatan Seru di Pulau Karampuang

Sumber gambar: Twitter Dedi B Palinrungi

1. Undang pertandingan dari Sumur Legenda

Air Mancur Tiga Rasa di pulau ini sangat menarik perhatian pengunjung. Bahkan, air mancur legendaris ini menarik banyak pengunjung ke pulau ini dari luar. Wisatawan dapat mencicipi air yang dihasilkan dari air mancur ini dan merasakan tiga rasa yang berbeda saat mencicipi. Bagi Anda yang cukup beruntung, Anda mungkin benar-benar menemukan pasangan.

2. Pose cantik di trotoar

Sambutan hangat yang ditawarkan dari dermaga kayu ini terlihat begitu indah. Keberadaan dermaga kayu ini juga memberikan kesan estetis Pulau Karampuang. Wisatawan bisa memanfaatkan keberadaannya dengan berpose cantik dan mengambil beberapa potret. Bagi Anda yang memiliki hobi atau pekerjaan sebagai fotografer, juga sangat cocok untuk mengabadikan momen di dermaga ini.

3. Menyelam bersama ribuan spesies ikan

Pulau dengan kekayaan alam bawah laut ini seperti magnet yang kuat, menggoda, terutama bagi Anda pecinta diving. Wisatawan yang tertarik bisa menyelam di sini dan melihat betapa banyak terumbu karang menghiasi dasar laut. Selain itu, wisatawan juga dapat menemukan berbagai jenis ikan seperti ikan badut hingga ikan kaka tua berkepala bulat.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau KarampuangKredit foto: Google Maps RedDoorz @ Hotel Yaki

1. Hotel Yaki

Hotel yang terlihat megah dengan gedung bertingkat ini menawarkan kamar mandi hotel dengan air panas, menjadikannya tempat peristirahatan yang cocok bagi anda yang ingin meredakan pegal linu dengan air panas. Fasilitas juga tidak perlu diragukan lagi, Hotel Yaki menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap terutama bagi para pengunjungnya, mulai dari kamar ber-AC hingga resepsionis 24 jam.

2. Hotel pantai yang indah

Hotel Pantai Indah mengusung tema hotel minimalis dengan warna-warna lembut yang menyejukkan mata. Kebersihan adalah sesuatu yang sangat penting bagi hotel, termasuk di dalam kamar pengunjung. Pelayanan yang ramah dan jujur ​​juga menjadi kunci mengapa hotel ini banyak diminati. Parkir dan Wi-Fi gratis, kamar-kamar ber-AC, dan layanan penjemputan dari bandara semuanya tersedia di sini.

3. Hotel Diana

Hotel selanjutnya yang sangat cocok sebagai tempat menginap para wisatawan Pulau Karampuang karena letaknya yang dekat adalah Hotel Diana. Hotel ini menonjol karena layanannya yang ramah dan lingkungannya yang bersih. Selain pelayanan yang baik dan kamar yang bersih, Hotel Diana juga sangat nyaman untuk ditinggali. Berbagai fasilitas mulai dari WiFi gratis hingga bagian penerima tamu 24 jam tersedia untuk Anda di sini.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Pulau KarampuangKredit foto: Google Maps Ririn Ambar

Selain menyuguhkan panorama alam yang memukau, Pulau Karampuang juga tak ketinggalan dalam menyajikan fasilitas kepada para pengunjungnya. Dijuluki Pulau Buaya, pulau ini memiliki berbagai fasilitas dasar dan pendukung yang dianggap wajar untuk sebuah pulau kecil. Jadi tidak ada alasan lagi untuk melewati tempat wisata Sulawesi Barat yang satu ini bukan?

Paviliun yang tersedia di sini dapat digunakan oleh wisatawan sebagai tempat istirahat atau tempat duduk sementara. Kehangatan akan terasa saat wisatawan menggunakan paviliun ini bersama keluarga. Toilet yang terletak di sekitar lokasi pulau ini juga dapat digunakan wisatawan untuk berganti pakaian atau mencuci badan setelah bermain di perairan pulau.

Bukan itu saja, wisatawan yang cukup berani juga bisa menggunakan fasilitas dari berbagai wahana yang ditawarkan. Seperti banana boat dan jet ski. Keseruan semakin besar saat Anda mencoba game drive ini bersama keluarga. Apalagi jika Anda merasa ingin bermain banana boat dan bersama-sama memecahkan ombak yang datang.

Itulah beberapa hal menarik terkait Pulau Karampuang yang sudah dijelaskan di atas. Tunjukkan bahwa Anda seorang musafir sejati dengan mengunjungi tempat ini. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan di sana. Harga tiketnya gratis, fasilitas lengkap ditambah dengan pesona daratan dan alam bawah laut yang terlihat menakjubkan tersedia di sini. Jadi tidak ada alasan untuk melewatkan pulau ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button