Tempat Wisata

Pulau Kelor Flores: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Nusa Tenggara Timur adalah tempat wisata yang indah. Lebih tepatnya di Flores yaitu di Pulau Kelor. Banyak yang belum mengetahui wisata ini namun jika anda berada di Nusa Tenggara Barat dan sedang menyaksikan wisata komodo, tidak ada salahnya mencoba mengikuti wisata ini karena jaraknya yang tidak jauh.

Suasananya tenteram, tenang dan damai serta terkenal dengan wisata baharinya yang menakjubkan. Kejernihannya masih terjaga dari indahnya pantai dan birunya laut. Pantainya terbentang luas dengan pasir putihnya dan menawarkan keindahan bawah laut dengan berbagai jenis terumbu karang dan biota laut. Anda benar-benar dimanjakan di pantai ini.

Tempat Wisata dan Harga Tiket Masuk Pulau Flores Kelor

Pulau Flores KelorPulau Flores Kelor Sumber: instagram.com/kevinyusup

Terletak di Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Meski pulau ini tidak berpenghuni, namun tetap dikelola dengan baik oleh pihak swasta. Dengan memungut biaya masuk hanya 50.000 rupiah. Dengan harga murah Anda akan puas karena tur masih kosong. Dengan harga murah, Anda akan merasa seperti memiliki pulau sendiri.

Peta lokasi Pulau Kelor

Rute menuju Pulau Kelor

Pulau Kelor Sumber: instagram.com/why_ajie

Jika Anda berada di Labuan Bajo, cukup dengan menggunakan perahu selama kurang lebih setengah jam. Sepanjang jalan Anda akan menikmati pemandangan indah di tengah laut, seperti laut biru yang dalam, angin yang sangat segar dan bukit-bukit serta pulau-pulau kecil yang mengelilingi laut.

Jika Anda memutuskan untuk mengambil jalan utama, Anda bisa naik kereta menuju Banyuwangi. Estimasi waktunya berbeda-beda tergantung titik keberangkatan ke Banyuwangi. Dan setelah Anda sampai di Stasiun Kereta Api Banyuwangi, Anda bisa naik taksi angkutan umum menuju Pelabuhan Ketapang. Dalam waktu kurang dari 10 menit Anda berada di pelabuhan.

Perjalanan laut dari Banyuwangi ke NTT cukup lama, sekitar satu setengah hari. Namun jangan khawatir, beda halnya dengan perjalanan darat jika menggunakan bus atau mobil yang tidak memiliki toilet atau tempat bersantai.

Selama perjalanan Anda akan menikmati pemandangan indah di tengah laut. Dan sesampainya di NTT, Labuan Bajo akan melihat perbedaan waktu antara WITA dan WIT.

Dalam perjalanan yang lebih lama, Anda mungkin bisa berhenti di resor terdekat sebelum menyeberang ke Pulau Kelor lagi.

Sesampainya di lokasi, Anda tidak akan kecewa dengan keindahannya yang juga setenang pulau pribadi.

Keindahan Pulau Kelor

Keindahan Pulau KelorKeindahan Pulau Kelor Sumber : instagram.com/kristin.ns

Bahkan, tidak ada penduduk yang tinggal di pulau tak berpenghuni ini. Kecuali hanya manajer dan pejabat. Karena tempatnya terpencil, Anda dapat melakukan apa saja karena tidak banyak pengunjung.

Dengan satu gazebo berdiri dan ada beberapa, disini Anda bisa bersantai sambil menikmati suasana pantai. Dengan ombak kecil yang tenang, air jernih agak kehijauan, pasir putih yang cukup luas dan mengelilingi pulau dengan rimbunnya pepohonan rindang.

Lokasi foto yang sangat cocok dengan keindahan alam yang membuat para fotografer mencari tempat ini. Selain itu, karena lautnya tenang, Anda bisa menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Habitat ikan warna-warni, terumbu karang dan tumbuhan laut yang masih utuh. Seseorang tidak bisa puas dengan liburan tanpa berjalan-jalan di pantai berpasir putih halus. Tidak lengkap juga rasanya jika tidak berfoto di tempat yang sangat alami dan indah.

Selain laut dan pantai, Anda juga bisa melakukan wisata gunung yang cukup menantang untuk memacu adrenalin karena tebing yang curam. Sebuah bukit yang sulit untuk didaki, namun begitu sampai di puncak, Anda akan senang melihat luasnya laut dan deretan pulau dari atas. Hanya dengan waktu setengah jam.

Menjadi kreatif adalah pilihan setiap orang untuk mengurangi stress, penat dan kebosanan melalui aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran. Biayanya cukup tinggi dalam hal perjalanan dan perbekalan. Tapi meski begitu, kamu akan terbayar dan puas banget di pulau Kelor yang sepi ini.

Banyak sekali spot foto dari berbagai sudut sehingga spot foto yang membosankan tidak akan membuat bosan. Apalagi dengan suasana yang tenang, Anda akan merasa romantis saat bersama pasangan. Bagaimana tertarik?

Tips berwisata ke pulau Kelor Flores

Tips berwisata ke pulau Kelor FloresPulau Flores Kelor Sumber: instagram.com/mmonicawa

Jika Anda tertarik dengan Pulau Kelor, Anda perlu mempersiapkan:

  1. Anda perlu mengetahui lokasi dan suasana tujuan sehingga Anda tahu apa yang harus dibawa untuk perbekalan di pulau itu. Karena Pulau Kelor sepi, Anda mungkin bisa membawa makanan ringan dan minuman sendiri. Karena jajanan sudah jarang dijual di pulau ini.

  2. Bawalah barang-barang secukupnya. Jika Anda mengetahui sebuah pulau yang dapat diakses dengan bebas, Anda dapat membawa barang-barang untuk bersantai, seperti kursi goyang yang dapat Anda pasang di antara dua pohon. Bagaimana keren bukan? Atau jika Anda berencana untuk menginap atau berkemah di atas bukit, Anda dapat membawa peralatan berkemah jika diperlukan.

  3. Bawa sampah plastik mungkin karena tempatnya jarang dijamah. Tentu saja, jangan mengotori daerah sasaran primadona ini. Karena akan merugikan kelestarian alam terbuka ini.

  4. Jangan lupa membawa obat-obatan, yaitu obat-obatan pribadi, untuk berjaga-jaga jika Anda mabuk laut atau mabuk laut selama perjalanan.

  5. Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh karena perjalanan jauh memang melelahkan.

Mungkin ini hanya untuk bersenang-senang bepergian dan rekreasi. Karena dengan cara ini Anda lebih siap untuk liburan yang energik dan Anda tidak akan kekurangan apapun. Dan selalu menjaga tempat wisata dengan tidak mencemari atau merusak keaslian alam yang indah.

Sekilas dan foto pulau Kelor di Flores

Pulau Kelor di FloresPemandangan Pulau MoringaSpot foto dengan background Pulau KelorKeindahan Pulau KelorMengarungi lautan di sekitar Pulau KelorSpot foto terbaik di Pulau Kelor

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button