Tempat Wisata

Pulau Kumala: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Tempat wisata ini dibangun 20 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2000. Sebelumnya, pulau itu hanya berupa lumpur dan tempat yang tidak terurus penuh dengan ilalang dan semak belukar. Karena bentuknya yang unik, Pulau Kumala dinyatakan sebagai tujuan wisata pada tahun 2002. Pulau ini memiliki luas sekitar 80 hektar.

Lokasi pulau Kumala

Pulau KumalaPulau Kumala Sumber: instagram.com/andrasyahly

Berlokasi di Tenggarong, Jl. KH Ahmad Muksin, Timbau Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sedikit di sebelah barat kota Tenggarong terdapat Delta Sungai Mahakam.

Jam buka dan tiket

Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore saja. Tiketnya relatif murah yaitu Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Peta lokasi pulau Kumala

fasilitas di Pulau Kumala

Fasilitas di Pulau KumalaPulau Kumala Sumber: instagram.com/wahyurama1103

Dengan toko, Anda tidak perlu pergi jauh untuk membeli berbagai bahan makanan dan minuman. Karena sudah disediakan disini.

Jika Anda ingin mengendarai sepeda motor Anda melewati jembatan, Anda dapat memarkirnya di tempat tujuan.

Toilet yang cukup di setiap perjalanan sehingga Anda tidak perlu melihat-lihat.

Pecinta selfie pastinya akan mencari spot foto keren di Pulau Kumala yang tentunya sangat eksotik.

Rute menuju pulau Kumala

Datang dari Samarinda, menempuh jarak sekitar 30 km menuju Pulau Tenggarong Kumala.

Wisata eksotis di pulau Kumala

Wisata eksotis di pulau KumalaPulau Kumala Sumber: instagram.com/aldiriandana

Pulau ini berbeda dengan pulau lain yang biasanya dikelilingi oleh lautan atau sungai yang luas.

Beberapa wahana yang ada di pulau Kumala :

1. wisata pendidikan

Di rumah adat masyarakat Dayak ini, pengunjung bisa melihat deretan rumah. Wisata ini memang sangat cocok untuk anak-anak atau pelajar. Dengan ilmu yang menyegarkan namun saling melengkapi.

2. Berbagai wahana patut dicoba

Jika ingin berkeliling Pulau Wahana tanpa harus jalan-jalan, tersedia persewaan sepeda. Hanya dengan membayar 50.000 rupiah Anda sudah bisa puas mengelilinginya. Selain itu, suasana pepohonan yang rimbun membuat suasana semakin sejuk dan rindang.

Selain sepeda, kereta mini yang dikemudikan sopir membawa serta seluruh keluarga. Ini bukan kereta biasa, tetapi karena rel di relnya, sangat mirip dengannya. Bagi pengendara sepeda, tenangkan pikiran karena rel ini terletak di tepi jalan sebagai rel kursi panjang dan dapat menampung 10-15 penumpang anak-anak dan dewasa.

Sky Tower, tak kalah menarik. Gedung-gedung tinggi seperti gedung pencakar langit dengan ketinggian sekitar 70 meter. Dari atas ini, Anda dapat menikmati pemandangan kota dari ketinggian dari segala arah karena menara ini dapat berputar perlahan.

Kereta gantungnya wah menarik sekali, tidak puas hanya menikmati panorama dari Sky Tower. Anda juga bisa mencoba kereta gantung ini dengan sensasi yang berbeda.

Mobil Bombom dan Jet Coaster juga tidak kalah seru dan menambah keseruan mengendarai Mobil Bombom. Kami mengendarai mobil mini bersama teman atau keluarga untuk membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Pulau Kumala juga memiliki akuarium besar dengan lumba-lumba Mahakam yang terancam oleh penangkapan ikan skala besar. Untuk melestarikannya, pengelola membangun tempat khusus agar tidak punah.

3. Panorama yang indah

Karena kita akan melihat sungai Mahakam yang begitu luas. Dan pepohonan yang hijau dan lebat memberikan banyak keteduhan dan mengundang Anda untuk bersantai dari kesibukan sehari-hari.

Jika Anda menyukai fotografi, Anda pasti tidak ingin ketinggalan mengabadikan spot-spot foto alam di sekitar Anda. Dan jika lelah di sepanjang jalan, tersedia tempat duduk warna-warni di taman yang menambah keceriaan setiap pengunjung.

4. Jembatan penghubung romantis

Jika Anda berjalan ke Pulau Kumala, Anda bisa menikmati jembatan ini dengan melihat spot-spot foto di sekitarnya yang membentang di bawah Sungai Mahakam. Uniknya, jembatan ini merupakan jembatan rahasia karena siapapun yang melewatinya akan menuliskan namanya sendiri di gembok bersama pasangannya. Biasanya anak muda melakukannya. Lalu gembok yang dipasang di railing jembatan, unik dan romantis kan?

Selain itu, keindahan jembatan ini terletak pada pagar transparannya yang terbuat dari kaca. Jangan lewatkan hal ini tentunya karena tempat disini sangat menarik.

5. Kuil Ikonik

Tak kalah penting, romantis dan mendidik: sebuah pura dengan ciri khas suku Dayak juga dibangun di situs ini. Dengan patung naga dan Lembuswana sebagai ikon bangunan candi ini.

Dari berbagai jenis wahana tersebut, Anda pasti akan sangat puas dan menikmati akhir pekan dengan harga yang terjangkau, namun Anda juga akan sangat senang bukan?

Nah, Pulau Kumala juga masih menyimpan banyak misteri. Ya, konon pulau ini kosong, tidak berpenghuni dan sangat sepi. Dan banyak hewan liar yang hidup. Kepercayaan penduduk setempat terhadap pulau ini berawal dari bangkai kapal berusia berabad-abad di tengah Sungai Mahakam.

Dan sampai akhirnya sungai menjadi terlantar dan terjadilah lanau. Kemudian pemerintah berhasil mengubah pulau terpencil itu menjadi tempat wisata populer di Tenggarong.

Percaya atau tidak percaya itu hak anda. Cuma jangan terlalu dipikirkan karena mitos yang terjadi.

Jadi jika Anda sudah berada di Kalimantan Timur, Anda harus mampir ke sini karena ada banyak wahana untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari dan lokasi eksotis yang juga kekinian. Tempatnya yang rindang dengan pepohonan di tengah Sungai Mahakam tentu menjadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda juga tertarik bukan? Kapan dan dengan siapa?

Sekilas dan foto pulau Kumala di Kalimantan Timur

Pulau Kumala di Kalimantan TimurJembatan di pulau KumalaPatung naga di pulau KumalaJembatan di pulau Kumala pada malam hariPatung naga ikonik di pulau Kumala

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button