Tempat Wisata

Pulau Leebong Belitung – Atraksi, Kegiatan Liburan, Tempat dan Biaya Tour

Biaya tur: Dari Rp 485.000 Waktu aktif: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Penangan, Kec. Badau, Kab.Belitung, Kepulauan Bangka-Belitung; map: pemeriksaan situs

Pulau Leebong adalah pulau wisata yang indah di Provinsi Bangka Belitung, Indonesia. Pulau dengan luas 37 hektar ini memiliki banyak keunikan dan keindahan dengan nuansanya yang masih sangat alami. Pulau yang masih begitu bersih ini disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia.

Panorama yang ditawarkan pulau ini di Belitung tidak boleh diremehkan. Hamparan pasir putih, hutan bakau yang indah dan air laut yang biru akan sangat menarik untuk dikunjungi. Suasana pantai yang tenang baik di pagi maupun malam hari akan menghadirkan kenyamanan bagi wisatawan.

Meski pulau ini penuh dengan keindahan, namun keberadaannya masih belum terungkap, sehingga seru mengunjungi tempat yang tidak begitu ramai ini. Fasilitas yang ada juga ditempatkan dengan sangat baik untuk mendukung kebutuhan wisatawan yang ingin berkunjung.

Daya tarik Pulau Leebong

Objek wisata di pulau LeebongKredit foto: Google Maps Ivanhoe Yudhistiro

Pulau Leebong merupakan salah satu pulau di sisi barat daya Pulau Belitung yang setiap tahun dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari masyarakat lokal dan berbagai negara. Banyak wisatawan datang untuk menikmati panorama pantai di pulau cantik ini.

1. Maladewa di Indonesia

Pulau ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dengan banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Selain itu, suasananya yang tenang dengan panorama yang mempesona membuatnya layak disebut Maladewa-nya Indonesia.

2. Dikelilingi oleh hutan bakau

Pulau ini masih terjaga alamnya, sehingga banyak terdapat hutan bakau disana. Hutan bakau yang hijau menambah keindahan alam Pulau Leebong. Mangrove juga berguna untuk menjaga pantai agar tidak tergerus oleh air laut.

3. Banyak spot foto yang menarik

Pulau kecil dengan segudang keindahan ini memiliki banyak spot foto yang sangat menarik untuk difoto. Pengunjung yang ingin memperluas koleksi foto mereka atau hanya ingin mengabadikan momen tidak perlu khawatir karena Anda tidak akan kehabisan lokasi foto di pulau yang menakjubkan ini.

4. Hamparan pasir putih bersih yang luas

Pulau Leebong memiliki pantai pasir putih dengan panorama yang mempesona. Perpaduan antara butiran pasir yang putih bersih dengan birunya air laut menciptakan gradasi yang sangat menarik dan memanjakan mata.

5. Berbagai aktivitas seru

Pulau mempesona ini menawarkan berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati pengunjung, baik keluarga maupun rombongan. Baik dari aktivitas alam maupun hiburan santai lainnya di pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pulau LeebongKredit foto: Google Maps Lo Ellyn

Lokasi surga kecil yang tersembunyi ini berada di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Jika Anda berasal dari Pulau Belitung, lokasinya ada di barat daya pulau. Tepatnya berada di desa Pegantungan, kecamatan Badau. Jarak pulau cantik ini dari Pulau Belitung sekitar 3 km.

Perjalanan ke pulau eksotis ini bisa ditempuh dengan pesawat dari Jakarta selama 1 jam dan tiba di Bandara HAS Hananjoedin, Tanjung Pandan. Pengunjung dapat memesan taksi atau menyewa mobil yang banyak tersedia di bandara untuk melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Pegantungan.

Pengunjung dapat naik feri menyeberangi pelabuhan. Waktu tempuh dari Tanjung Pandan ke pulau cantik ini sekitar 30-45 menit.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Tur Pulau LeebongKredit foto: Google Maps Friandi Marta Stiawan

Dikelola oleh private party, pulau menawan ini menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk menikmati berbagai pengalaman seru di Leebong Island. Paket wisata yang ditawarkan mulai dari Rp 485.000 per orang dengan jadwal perjalanan dari pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Jika ingin menginap di sana, pengunjung bisa menyewa vila-vila yang tersedia. Tersedia berbagai villa dengan harga mulai dari Rp 4.800.000 per malam. Tersedia paket perjalanan dan penginapan selama 3 hari 2 malam mulai dari Rp 10.100.000 per orang.

Harga yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan wisata umum lainnya di Indonesia, namun pengunjung mendapatkan banyak fasilitas dan keuntungan yang tidak terdapat pada wisata lainnya, serta pengalaman yang menyenangkan.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Pulau Leebong

Kegiatan wisata di pulau LeebongSumber gambar: Google Maps Mariani Tjio

1. Berenang

Warna air laut yang jernih dengan nuansa biru kehijauan dan biru tua di atas pasir putih akan memanjakan mata Anda saat berenang di Pulau Leebong. Berenang di malam hari saat air pasang datang menjadi lebih seru. Tentu akan aman karena ada penerangan dan tidak ada hewan liar di sekitarnya.

2. Naik papan dayung

Apakah Anda ingin merasa seperti sedang berdiri di atas air? Cobalah pengalaman mendebarkan mengendarai paddleboard/papan dayung di pulau yang indah ini. Kegiatan ini dapat melatih keseimbangan dengan cara berdiri di atas papan dan menikmati udara bersih di tempat ini. Selain itu, pengunjung juga bisa sekedar duduk di meja dan menikmati kopi.

3. Snorkling

Pulau ini belum menawarkan fasilitas menyelam, namun pengunjung bisa bersnorkeling menjelajahi alam bawah laut di Pulau Leebong. Snorkeling di air laut yang jernih sangat menyenangkan. Peralatan snorkeling juga tersedia untuk disewa di pulau cantik ini.

4. Menikmati matahari terbenam

Wisatawan yang ingin berburu sunset cantik bisa berkunjung ke Long Jety di Leebong Island. Langit yang panas berubah warna menjadi teduh dan jingga di sore hari menambah keindahan pulau ini di sore hari.

5. Bermalam di vila

Wisatawan yang ingin menginap di pulau ini tidak perlu khawatir akan tempat menginap karena tersedia berbagai macam villa dengan berbagai fasilitas yang baik. Villa dengan tema rumah adat yang terbuat dari kayu jati dan beratap rumbia ini menambah keunikan tersendiri.

6. Bersepeda

Bersepeda sendiri di sepanjang pulau yang indah merupakan aktivitas yang mengasyikkan. Wisatawan bisa berkeliling pulau cantik ini dan menghirup udara segar.

Pengunjung akan menjumpai monyet yang sedang bermain atau sekedar mencari makan, namun Anda tidak perlu khawatir karena pulau ini sepi dari satwa liar.

7. Api unggun

Kegiatan di Wisata Pulau LeebongKredit foto: Google Maps Eugenia Mulian Lim

Sesi api unggun di malam hari juga bisa menjadi pilihan aktivitas setelah seharian beraktivitas di pulau. Bermain, bercerita, bernyanyi bersama di sekitar api unggun akan menjadi momen seru menghabiskan malam bersama keluarga atau sahabat.

8.Yoga

Sebuah pulau dengan suasana yang tenang dan udara yang segar dan bersih menjadikan yoga pilihan yang tepat. Menghilangkan rasa lelah melalui berbagai gerakan yoga dan pernapasan dalam akan menenangkan jiwa dan raga.

9. Bermain voli pantai

Bermain bola voli adalah salah satu kegiatan paling populer untuk berlatih di pulau eksotis ini. Wisatawan yang datang dalam rombongan besar bisa bermain voli bersama. Kegiatan ini akan menyenangkan sekaligus menyehatkan tubuh.

10. Bermain tenis meja

Selain voli, pengunjung Pulau Leebong juga bisa bermain tenis meja. Wisatawan dapat bermain tenis meja bersama keluarga, teman, atau bahkan dengan staf administrasi pulau.

11. Nyuloh

Nyuloh adalah kegiatan tradisional menangkap udang atau kepiting pada malam hari. Pada malam hari air laut surut, sehingga lebih mudah untuk melakukan Nyuloh.

12. Kayak

Kayak adalah perahu kecil yang dapat menampung dua orang dan tersedia di Pulau Leebong. Kegiatan ini bisa menjadi pilihan bagi pasangan yang berkunjung. Anda tidak perlu khawatir akan bahaya karena jaket pelampung sudah disediakan dan ombak di Leebong tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk menjelajahi pantai bersama pasangan.

Lomba kayak bisa diadakan bagi wisatawan yang datang bersama keluarga atau teman. Tersedia kayak satu tempat duduk dan dua tempat duduk.

13.Karaoke

Terdapat area hiburan di sekitar pulau, salah satunya adalah tempat karaoke. Pengunjung bisa memilih berbagai jenis lagu mulai dari lagu Indonesia, lagu Barat, lagu Mandarin dan masih banyak lagi.

Selalu ingat untuk tidak bernyanyi terlalu keras untuk menjaga ketentraman lingkungan alam yang dihuni oleh banyak ikan, burung, dan monyet.

14. Ambil foto Ria

Dari semua kegiatan yang disebutkan sebelumnya, tidak afdol rasanya seperti tidak merekam momen-momen lucu itu. Ada banyak spot foto dan momen menarik yang bisa diabadikan wisatawan di pulau eksotik ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Resor wisata di Pulau LeebongKredit foto: Google Maps Eugenia Mulian Lim

Sebagai destinasi wisata dunia, keberadaan fasilitas di Pulau Leebong sangatlah penting. Pulau ini dikelola oleh pihak swasta sehingga fasilitasnya sangat lengkap.

Fasilitas yang dapat menunjang kegiatan wisata seperti taman bermain anak, lapangan karaoke, persewaan sepeda, hammock, paddleboard, rumah pohon, gazebo dan lainnya. Semua fasilitas yang ada sudah tersedia.

Fasilitas pendukung lainnya seperti toilet, kamar mandi, tempat cuci piring, restoran, mini market, charger HP, tempat ibadah dan akomodasi juga terdapat di pulau cantik ini. Oleh karena itu, pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan lebih nyaman.

Itulah berbagai atraksi, rute, dan fasilitas yang ada di kawasan wisata Pulau Leebong. Sarana dan prasarana objek wisata ini sangat lengkap dan dapat menunjang berbagai kebutuhan wisatawan agar dapat berlibur dengan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button