Tempat Wisata

Pulau Maitara Maluku – Atraksi, Kegiatan Liburan, Tempat dan Biaya Tour

Biaya tur: Mulai Rp 150.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kabupaten Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Maitara wajib dikunjungi karena menawarkan berbagai pemandangan. Wisatawan akan terkagum-kagum ketika melihat airnya yang begitu jernih. Ada juga pepohonan hijau yang berjejer rapi. Kawasan di Maitara sebenarnya begitu alami karena dirawat dengan baik oleh pengelola.

Ketika pelancong rekreasi menghabiskan banyak waktu di pulau itu. Tak hanya pengunjung lokal yang datang, wisatawan dari mancanegara pun kerap memilih untuk berkunjung ke Maitara. Tersedia juga berbagai permainan seru yang bisa dicoba.

Wisatawan yang berkunjung bisa membawa peralatan dari rumah atau menyewanya di tempat. Suasananya yang menenangkan juga cocok untuk relaksasi. Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke Maitara saat berada di Tidore. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak beberapa hal yang berkaitan dengan wisata ini.

Daya tarik pulau Maitara

Obyek wisata pulau MaitaraKredit foto: Ucik Ucik Google Maps

1. Pemandangan Alam

Kawasan pulau Maitara memiliki pemandangan yang begitu indah dan indah. Memiliki fitur pohon kelapa dan bakau yang membuat udara terasa sejuk. Pohon ini juga bermanfaat dalam mencegah abrasi akibat erosi air laut. Selain itu, terdapat pula bukit dan gunung yang menghadap langsung ke arah pulau yang menambah keindahan Maitara.

Pada siang dan malam hari, warna langit terlihat indah dan sering dijadikan spot foto. Panorama yang ada masih begitu alami karena tidak terbebani sampah atau polusi. Traveler bisa bersantai dengan menikmati semilir angin sepoi-sepoi dan suara debur ombak. Tak heran jika banyak tamu yang datang ke pulau tersebut untuk berlibur.

2. Air dan pasir

Pantai di kawasan Pulau Maitara ini memiliki air laut yang sangat jernih. Warna airnya terlihat biru kehijauan dan senada dengan warna langit pada siang hari. Pantulan sinar matahari membuat air laut terlihat indah. Tak heran jika banyak wisatawan yang berduyun-duyun ke kawasan Maitara untuk menikmati laut.

Dari sudut yang berbeda, Anda akan terkagum-kagum dengan pantai berpasir putih. Apalagi jika disentuh, pasirnya terasa begitu lembut karena tidak ada bebatuan kecil. Traveler yang berada di kawasan pasir bisa mencoba berbagai permainan seru. Jadi jangan lupakan perlengkapan bermain pasir dari rumah.

3. Biota Laut

Maitara dikenal memiliki biota laut yang berenang bebas di dalam air. Ikan-ikan kecil juga terlihat jelas di pantai pada siang hari saat laut surut. Anda juga bisa melihat biota laut lainnya dengan snorkeling. Selain itu, ombaknya yang tidak terlalu besar akan membuat wisatawan senang bermain air.

Wisatawan yang mengunjunginya tidak boleh merusak biota laut dengan alat berbahaya. Hal ini dimaksudkan untuk melestarikan keanekaragaman biota. Nikmati liburan Anda dengan melihat biota laut, mulai dari kerang, ikan hingga lumba-lumba, muncul pada waktu-waktu tertentu. Jangan lupa untuk mengabadikan momen selama berada di sana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata pulau MaitaraSumber gambar: Facebook Nurhayati Muhiddin

Wisata Pulau Maitara terletak di antara Pulau Tidore dan selatan Pulau Ternate, Maluku. Letak pulau ini cukup jauh dari pusat kota, sehingga wisatawan perlu membawa perlengkapan yang lengkap. Saat liburan, banyak pelancong dari berbagai daerah berduyun-duyun ke pulau ini. Selain itu, destinasi alam ini masih terlihat alami karena dikelilingi oleh panorama yang indah.

Bagi pengunjung yang datang dari luar daerah, bisa memilih rute penerbangan menuju Bandara Sultan Babullah. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menyewa speedboat atau perahu. Perjalanan menuju pulau memakan waktu sekitar 30 menit. Ketika Anda tiba, Anda akan melihat tanda selamat datang di depan tujuan.

Traveler bisa mengajak kerabat atau keluarga untuk berlibur. Selain itu, pelabuhan Tidore menawarkan penyewaan kapal umum dan swasta. Petugas juga bersedia mengantar dan mengantar tamu berkeliling Maitara. Nikmati perjalanan seru melihat pemandangan berupa air laut dan perbukitan yang begitu mempesona.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Wisata Pulau MaitaraKredit foto: Facebook Rio Timara Alting

Liburan di pulau Maitara menjadi hal yang disukai sebagian orang karena destinasi ini masih alami. Biaya perjalanan ke Maitara memang sedikit mahal namun sangat sebanding dengan keindahan yang ada disana. Anda bisa menyewa speedboat atau perahu untuk menyeberangi lautan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 300.000.

Di area pintu masuk terdapat loket untuk membeli tiket. Harga tiketnya Rp 200.000 pada hari biasa dan hari libur. Anda juga dapat mencari informasi harga tiket dan membeli secara online. Biaya masuk pulau sudah termasuk semua pantai di Maitara, jadi para tamu bebas berkeliaran sesuka hati.

Biasanya ada beberapa area di mana fitur air seperti jet ski dan kano bisa disewa. Pengunjung bisa menyewa untuk menghabiskan waktu berlibur di Maitara. Harga sewanya sendiri bervariasi tergantung dari permainan yang disewa. Anda tidak perlu khawatir karena fitur air dijamin aman dengan pelampung.

Aktivitas seru di Pulau Maitara

Kegiatan wisata di pulau MaitaraSumber gambar: Twitter Kabar baik dari Indonesia

1. Sewa fitur air

Permainan air terasa sangat seru jika dimainkan di pulau Maitara. Wisatawan bisa mencoba banana boat, jet ski dan masih banyak permainan lainnya. Anda tidak perlu khawatir karena akan dilengkapi dengan jaket pelampung agar tetap aman. Selain itu, para tamu juga bisa mengundang kerabat dekat dengan membawa baju ganti untuk menghabiskan hari raya.

2. Abadikan momen

Kamera merupakan barang yang wajib dibawa saat mengunjungi tempat rekreasi. Apalagi di sekitar Maitara menawarkan spot-spot cantik berupa air laut, perbukitan dan pegunungan. Pada siang hari, pantulan sinar matahari akan membuat hasil foto Anda semakin bagus. Jadi jangan lupa untuk mengabadikan momen selagi ada kenangan.

3. Berjemur

Di pulau itu, banyak wisatawan yang berjemur dari pagi hingga siang hari. Selain itu, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Wisatawan bisa berjemur di pantai berpasir putih atau membawa tikar. Selain itu, Anda juga bisa membawa kacamata hitam dan mengenakan pakaian yang menyerap keringat saat berjemur.

4. Berenang

Ombak di Pulau Maitara terkenal tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berenang. Ada juga penyedia yang menyewakan pelampung agar wisatawan bisa berenang dengan aman. Jika ingin berenang, Anda bisa membawa baju ganti. Namun pengunjung harus berhati-hati dengan memperhatikan arah datangnya ombak.

5. Bermain pasir

Pantai berpasir putih yang terbentang jauh di kawasan pulau ini sering dijadikan tempat bermain. Para tamu dapat membangun istana pasir dan membawa bola voli pantai. Anda bahkan tidak perlu memakai sepatu karena pasirnya sangat lembut. Selain itu, kawasan berpasir juga terlihat begitu bersih dan wisatawan diharapkan tidak meninggalkan sampah sedikitpun.

6. Menjelajah pulau

Traveler yang ingin merasakan keindahan Pulau Maitara dari dekat bisa menyewa kano. Petugas akan menemani tour anda dengan menjelaskan asal usul Maitara. Traveler bisa mengajak kerabat dekat untuk menikmati keindahan air laut di sekitarnya. Namun kegiatan ini hanya bisa dilakukan pada cuaca yang mendukung karena kondisi ombak yang masih stabil.

7. Snorkling

Keindahan alam bawah laut dapat diamati saat snorkeling di area pulau. Mulai dari terumbu karang, ikan, lobster, kepiting dan masih banyak biota lainnya yang melengkapi lautan. Traveler bisa membawa kamera anti air untuk merekam video saat snorkeling. Nikmati liburan seru menjelajahi air laut dan melihat berbagai keindahan bawah laut.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Wisata Pulau MaitaraKredit foto: Google Maps Deby Firmansyah

Keindahan Pulau Maitara terlihat begitu lengkap dengan fasilitas pendukung yang disediakan pengelola. Ada kamar mandi di mana Anda bisa mencuci diri setelah bermain air. Pemudik tidak diperbolehkan meninggalkan sampah dan harus hemat menggunakan air. Setiap area dilengkapi dengan tempat sampah untuk menjaga kebersihan area Maitara dan kenyamanan tamu.

Di tengah laut terlihat sebuah jembatan yang terbentang jauh, dengan gubuk-gubuk di depannya. Wisatawan sering menjadikan jembatan ini sebagai tempat berfoto dan melihat air laut dari dekat. Ada juga tempat dimana anda bisa menyewa wahana air yang akan membuat liburan anda semakin berkesan. Anda dapat menyewa jet ski, banana boat, pelampung, dan perahu.

Para tamu yang ingin menginap di Pulau Maitara dapat mengunjungi cottage yang disediakan. Namun, Anda harus memesan jauh-jauh hari karena penginapan ini selalu ramai pengunjung. Makanan dan minuman juga bisa dibawa dari rumah. Pemudik tidak boleh merusak fasilitas agar dapat digunakan oleh semua orang.

Itulah beberapa penjelasan tentang Pulau Maitara yang wajib dikunjungi. Wisatawan bisa menikmati kejernihan air laut yang jarang ditemui di daerah lain. Ajak keluarga atau kerabat dekat agar liburan terasa nyaman. Jangan lupa juga siapkan budget dan segala perlengkapan yang akan digunakan selama berkunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button