Tempat Wisata

Pulau Merah di Banyuwangi: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Di Banyuwangi, Anda bisa menemukan berbagai destinasi wisata pilihan. Salah satunya adalah Pulau Merah atau penduduk setempat menyebutnya Pulo Merah. Destinasi wisata ini mulai populer dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, di pulau ini terdapat tempat-tempat menarik berupa token-token kecil yang ikonik dan memiliki keunikan tersendiri.

Saat air laut surut, banyak yang memilih jalan-jalan naik ke bukit kecil. Bukit kecil itu unik karena berwarna hijau sedangkan tanahnya berwarna merah. Selain itu, di tempat ini juga terdapat bangunan pura tempat diadakannya upacara Mekiyis.

Lokasi Pulau Merah

Pulau MerahPulau Merah Sumber: instagram.com/_knwdeny/

Pulau dengan pemandangan istimewa ini terletak di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, lebih tepatnya di Kabupaten Pesanggaran.

Biaya masuk ke Pulau Merah

Seperti halnya tempat wisata di pulau lainnya, harga tiket masuk ke Pulau Merah cukup terjangkau. Berikut harganya:

  1. Biaya masuk: Rp 8.000/orang

(Diperbarui Maret 2023)

Jam Operasi Pulau Merah

Pulau Merah bisa dikunjungi setiap hari karena buka 24 jam sehari. Namun, waktu terbaik yang disarankan adalah sore hari. Saat ini, Anda semua bisa melihat matahari terbenam yang eksotis.

Peta lokasi Pulau Merah

Tempat menarik di Pulau Merah

Foto Pulau MerahFoto oleh Pulau Merah Sumber: instagram.com/bellaa_septiana/

1. Bukit Kecil

Di pulau ini pengunjung bisa melihat sebuah bukit kecil yang tingginya mencapai 200 meter. Tanahnya sendiri berwarna merah dan ditutupi tumbuhan hijau subur. Ini akan membuat warna merah tekstur tanah menjadi kurang jelas.

Pengunjung dapat berjalan kaki ke bukit yang menarik ini. Apalagi saat air laut surut.

2.Pantai Pulau Merah

Pantai di pulau ini sangat fantastis karena memiliki pasir putih dimana anak-anak bisa bermain dengan aman. Karena ombak di pantai ini cukup tinggi, pengunjung disarankan untuk tidak berenang

Namun, ombak yang tinggi ini cukup menggoda para peselancar. Ombak di pantai ini sangat ideal untuk selancar yang maksimal.

Itinerary ke Pulau Merah

Diukur dari pusat kota Banyuwangi, jarak menuju pulau ini sekitar 60 meter. Dari Banyuwangi mulailah perjalanan ke Srono lalu ke Keslir. Kemudian perjalanan dilanjutkan langsung menuju Pulau Merah. Ada banyak jalan yang berkelok-kelok, namun menuju ke pantai sebenarnya relatif mudah. Hal ini dikarenakan pantai-pantai di Pulau Merah sudah cukup terkenal.

Tak heran jika di tengah perjalanan Anda akan menemukan banyak buku panduan ke Pulau Merah. Jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, pertimbangkan untuk menggunakan angkutan umum di Terminal Banyuwangi. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Pesanggaran dan naik ojek dari sana karena tempatnya cukup dekat.

Anda kini juga bisa menggunakan angkutan umum dari Kota Jember. Setelah itu silahkan turun di Terminal Jajag dan naik bus jurusan Pesanggaran.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Merah

Keindahan Pulau MerahPulau Merah Sumber: instagram.com/_denkyy/

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau ini. Tak heran jika pengunjung tidak akan bosan selama berlibur di sini. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Snorkling

Olahraga air ini memang merupakan tantangan besar. Nah, di Pulau Merah ini dimungkinkan. Hanya saja pengunjung perlu menyewa perlengkapan yang disediakan. Tak perlu khawatir, harga sewa yang ditawarkan umumnya tidak terlalu mahal. Pengunjung dijamin mendapatkan pengalaman tak terlupakan melihat pemandangan bawah laut.

2. Pemandangan Pantai

Pantai di pulau ini terbentang cukup luas yaitu sekitar 3 km. Tentunya pengguna tidak akan bosan dengan tampilan ini. Di seberang pulau, pengunjung bisa menyewa kursi pantai dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 25.000.

3. Berselancar

Pulau Merah sangat populer di kalangan pecinta selancar. Tak heran jika pulau ini sering dikunjungi selama berada di Kabupaten Banyuwangi. Menariknya, kompetisi selancar internasional sebenarnya diadakan di pantai ini. Pada dasarnya ombak di pantai ini tidak setinggi di pantai lainnya.

Pada titik ini tinggi ombak sekitar 2-4 meter. Tapi itu pasti cukup untuk berselancar yang mengasyikkan. Tak heran jika pantai ini bisa menjadi solusi tepat bagi wisatawan yang baru ingin belajar surfing.

4. Kelilingi Bukit Kecil

Untuk mencapai bukit ini, pengunjung setidaknya harus menunggu air laut surut. Hingga akhirnya muncul sebuah lahan yang bisa digunakan sebagai jalan menuju bukit tersebut. Namun, waktu yang paling direkomendasikan untuk menuju bukit ini adalah pada sore hari sekitar pukul 15.00.

Pada titik ini, air laut mulai surut. Tak heran bila hamparan laut terlihat lebih jernih dari atas bukit. Selain itu, pengunjung bisa mengagumi keindahan langit saat senja.

Dalam perjalanan menuju bukit ini, pengunjung disuguhi pemandangan berbagai spesies biota laut. Mereka menjadi terlihat ketika air laut perlahan surut. Namun, sangat disarankan untuk memakai alas kaki. Hal ini dilakukan untuk menghindari kaki kita menginjak cangkang atau kerang yang tajam.

5. Mengunjungi kuil Hindu

Tak jauh dari pantai pulau merah Anda bisa mengunjungi sebuah pura. Pura ini digunakan sebagai tempat upacara agama Hindu. Masyarakat setempat menyebutnya Pura Tawang Alun. Bangunan candinya sendiri sudah cukup tua, sekitar tahun 1980-an.

Pulau Merah bisa menjadi destinasi menarik saat berkunjung ke Banyuwangi. Pemandangan pantai dan bukit kecil yang menjadi salah satu poin utamanya sangat mempesona.

Sekilas dan Foto Pulau Merah di Banyuwangi

Suasana pantai di Pulau MerahMatahari terbenam di Pulau MerahPantai Pulau Merah sangat bersihAir laut jernih di Pantai Pulau MerahGunung ikonik di Pulau Merah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button