Tempat Wisata

Pulau Nipah, wisata bahari di Lombok Utara, menawarkan beragam biota laut yang eksotik

Nikmati keindahan Pulau Nipah, destinasi wisata bahari di Lombok Utara yang menawarkan eksotisme biota laut, kuliner lezat, dan penangkaran penyu yang menarik.

Biaya tur: Bebas, Jam beroperasi: 08.00-18.30 WIB, Alamat: Malaka, kabupaten. Pemenang, distrik. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasinya

Pulau Nipah merupakan pantai indah yang menawarkan beragam keindahan alam di Lombok. Awalnya pulau ini dipenuhi pohon palem di tengah muara Pantai Nisero. Tempat ini kini banyak dinikmati oleh para pelancong yang sedang berlibur.

Memiliki luas sekitar 30 hektar, pulau ini menawarkan panorama laut dan flora yang menarik. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk belajar lebih banyak tentang penyu. Untuk mengetahui apa saja keistimewaan pulau ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Daya Tarik Pulau Nipah

Daya Tarik Pulau NipahFoto: Google Maps/Didy Harudi

Keindahan pantai

Salah satu pesona Pulau Nipah di Lombok utara adalah Pantai Nipah yang terdiri dari hamparan pasir putih dan air laut yang biru. Keindahannya tak kalah menarik dengan pantai-pantai pada umumnya yang lautnya cukup luas.

Panorama yang disajikan sangat mengesankan. Hal ini dikarenakan pantai ini dikelilingi oleh dua buah bukit yang berbentuk melengkung dan tegak. Kontur pantai yang indah ini menyuguhkan pemandangan Bukit Malimbu yang luar biasa.

Keindahan bawah laut yang dihadirkan juga sangat mempesona dengan melimpahnya biota laut dan tumbuhan. Jernihnya air laut membuat setiap orang bisa melihat dengan jelas panorama bawah laut dengan mata telanjang.

Wisata kuliner

Bicara soal kuliner, kawasan wisata Pulau Nipah di Lombok Utara tentu tidak bisa dianggap remeh. karena banyak warung makan.

Bahkan, aroma sedap tercium di sepanjang jalan menuju pantai. Aneka seafood seperti cumi dan ikan bakar mudah ditemukan di sini.

Sajian panas dan nikmat menjadi semakin nikmat jika disandingkan dengan es krim kelapa muda yang bisa dinikmati pengunjung dengan leluasa.

Melindungi penyu

Perlu diketahui bahwa penyu di Pulau Nipah, Lombok Utara pada awalnya tidak aman karena diburu, dikonsumsi, dan diperdagangkan secara bebas. Kawasan ini dapat dianggap sebagai situs yang berharga karena merupakan tempat mendarat dan bersarangnya penyu.

Hingga tahun 2017, warga kerap mengumpulkan telur-telur tersebut dan menjualnya di pasar-pasar di Mataram. Namun berkat upaya beberapa orang yang peduli terhadap lingkungan, penyu mulai dilindungi di pulau ini.

Saat ini pantai tersebut telah dialihfungsikan menjadi kawasan konservasi penyu dan pusat pembelajaran. Pada 10 Juni 2023, lebih dari 100 ekor hewan muda dilepasliarkan ke laut.

Setiap tahunnya, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, penyu dilepasliarkan ke alam liar sebagai bagian dari program konservasi yang dijalankan oleh Komunitas Konservasi Penyu Nipah bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga.

Tiga jenis penyu berkembang biak di pulau ini, yaitu penyu Ridley, penyu tempayan, dan penyu hijau. Penyu sisik dan penyu belimbing merupakan jenis penyu yang dilindungi dan tidak boleh dijual atau dibawa pergi.

Perlindungan terumbu karang

Pantai ini tidak hanya melakukan kegiatan konservasi penyu di darat, namun juga menjaga terumbu karang melalui kegiatan konservasi. Durasi program ini adalah 5 tahun.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga jenis karang yang termasuk dalam famili Acroporidae, yaitu Acropora gemmifera, Acropora humilis, dan Acropora latistella.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau NipahFoto: Google Maps/Ali Abdou

Ingin menikmati indahnya wisata di Pulau Nipah? Anda bisa langsung menuju Malaka di Selamat, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari Pantai Senggigi waktu berkendara menuju pantai kurang lebih 20 menit.

Akses jalannya yang panjang dan menyuguhkan panorama perbukitan hijau membuat berbagai jenis kendaraan bisa lewat dengan mudah. Ada rute berbeda untuk sampai ke pulau itu. Dari Kota Mataram waktu perjalanan dengan sepeda motor sekitar 40 menit.

Dari Bandara Internasional Lombok, waktu tempuh menuju pulau ini kurang lebih 1,5 jam dan jarak tempuh 60 km. Dekat Pantai Senggigi Anda bisa mengikuti papan penunjuk arah menuju pantai yang letaknya di pinggir jalan utama.

Secara umum, tidak ada biaya khusus untuk mengakses keindahan pulau ini. Biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau NipahFoto: Google Maps/Markus Sass

1. Bermain air

Saat ombak sedang tenang, Anda bisa memanfaatkannya dengan bermain air atau berenang di sepanjang pesisir Pulau Nipah Lombok Utara. Saat Anda menyelam dan bersantai, Anda bisa merasakan kesegaran air laut yang jernih dan biru.

Tidak hanya bisa bermain air, Anda juga bisa bermain pasir atau membuat istana pasir. Ini sangat cocok jika Anda melakukannya bersama teman atau keluarga.

2. Bersantai di Pulau Nipah

Selepas bermain air, Anda bisa menikmati keindahan pantai dan bersantai bersama keluarga di rumah liburan. Anda dapat memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menikmati jam bersantai dengan berbagai makanan ringan dan minuman menyegarkan.

Aktivitas bersantai terasa semakin nikmat bila ditemani dengan hidangan lezat. Anda bisa mengunjungi restoran atau warung terdekat. Mengonsumsi seafood membuat Anda bisa dengan nyaman menikmati keindahan alam.

Anda juga bisa bersantap di gubuk yang menghadap ke pantai untuk menikmati matahari terbenam atau terbit. Berlibur ke Lombok tentu akan menjadi momen yang tak terlupakan. Abadikan momen spesial ini dengan rekaman kamera.

3. Snorkeling

Ingin melihat keindahan bawah laut dari dekat? Snorkeling adalah jawabannya. Wisata Pulau Nipah sangat cocok untuk snorkeling maupun diving. Aktivitas menyelam tentunya aman karena air lautnya tenang.

Dengan cara ini Anda bisa menikmati keindahan biota laut sambil menyelam. Tidak perlu khawatir karena ada pemandu yang dengan senang hati membantu Anda dan menjamin keselamatan Anda.

4. Ambil foto sebanyak yang Anda mau

Kebanyakan pengunjung berwisata ke destinasi wisata saat berlibur untuk berfoto di spot foto Instagrammable. Oleh karena itu, Pulau Nipah menjadi destinasi wisata alam yang menjadi incaran para fotografer.

Berbagai objek alam indah bisa Anda jadikan background foto, mulai dari pasir putih, pohon kelapa, pantai hingga matahari terbenam. Pantai Nipah merupakan tempat yang ideal untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Jangan lupa abadikan momen bersama rombongan wisata sambil menikmati keindahan pantai dan melakukan aktivitas seru. Sebelumnya pastikan Anda membawa kamera terbaik dengan ruang penyimpanan yang cukup.

5. Bermalam

Ingin merasakan suasana Pulau Nipah sepanjang hari? Berkemah merupakan aktivitas yang sangat cocok saat berlibur di Lombok. Jika beruntung, Anda mungkin melihat penyu bertelur di pagi hari.

Selain itu, Anda juga berkesempatan menikmati panorama matahari terbit dan terbenam secara bersamaan. Jika Anda tidak suka berkemah, Anda bisa bermalam di penginapan terdekat.

Fasilitas wisata yang tersedia

Fasilitas Pulau NipahFoto: Google Maps/Arisman Arisman

Fasilitas yang ada di Pulau Nipah sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab, pihak Pemprov telah melengkapinya dengan sejumlah fasilitas yang memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung selama berkunjung, seperti lahan parkir yang luas.

Untuk memudahkan pengunjung menemukan tempat wisata, dipasang papan nama pulau di lokasi. Pengunjung juga bisa menggunakannya sebagai background foto. Toilet dapat dengan mudah digunakan untuk membersihkan diri. Begitu pula dengan ruang ganti di tempat wisata.

Selain itu, banyak pula pondok yang mengundang Anda untuk bersantai dan melepas penat. Warung makan juga mudah ditemukan dan menyajikan beragam makanan laut dan minuman segar.

Dengan begitu, pengunjung tidak perlu membawa bekal makanan dari rumah karena banyak terdapat warung-warung kecil yang menyediakan jajanan, makanan berat, dan minuman. Biayanya pun cukup murah, hanya berkisar Rp 70.000 saja.

Demikian penjelasan hal menarik apa saja yang bisa dipelajari dari Pulau Nipah. Penting untuk mengetahui hal ini sebelum kunjungan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button