Tempat Wisata

Pulau Payung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya

Biaya Tur: Mulai dari Rp75.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab.Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; map: Cek lokasi

Pulau Payung adalah sebuah pulau di kawasan Kepulauan Seribu. Bahkan, namanya kurang terkenal dibandingkan pulau-pulau populer lainnya di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Pramuka dan Pulau Tidung di dekatnya. Namun jangan terkecoh jika pulau yang satu ini memiliki keindahan yang menyaingi pulau-pulau di sekitarnya.

Masih ada penduduk yang tinggal di kawasan yang memiliki luas sekitar 20 hektar, sehingga cukup mudah untuk mengunjungi pulau dengan pantai berpasir putihnya. Ada banyak jalan dan fasilitas umum yang bisa digunakan untuk memasuki pulau yang masih sangat alami ini.

Sesampainya di lokasi Pulau Payung, wisatawan akan dibuat terpukau dengan keindahannya. Dari pantai hingga laut bahkan akan membangkitkan jiwa narsis para wisatawan untuk berfoto sepuasnya. Pulau ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau sibuk dengan teman-teman karena menjadi lebih menarik saat ramai.

Pemandangan Pulau Payung

Objek wisata yang dimiliki Pulau PayungKredit foto: Google Maps William

Jika kita berbicara tentang pesona pulau di Kepulauan Seribu tidak akan hilang dari alamnya. Daya tarik utama Kepulauan Seribu dikenal dengan pantai dan lautnya, atau alam pulaunya saja. Begitu juga dengan Pulau Pembayaran yang terletak di Kepulauan Seribu. Berikut beberapa atraksinya.

1. Pantai pasir putih

Pantai berpasir putih memang menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Oleh karena itu, pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu ini juga mengandalkan keindahan pantainya untuk menarik pengunjung. Wisatawan bisa bermain bersama keluarga atau teman-temannya di pantai berpasir putih ini.

Bahkan dengan pasir putih di pantai ini, hasil foto menjadi lebih baik. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto begitu sudah memasuki pulau ini.

2. Gelombang pantai

Mulai dari ombak pantai yang relatif kecil, semua orang bisa bermain air di pantai. Bahkan anak-anak atau orang dewasa yang tidak bisa berenang pun bisa bermain ombak kecil di laut di sini. Ombaknya yang kecil dan pantainya yang berpasir putih sangat cocok untuk wisata keluarga, terutama dengan anak-anak.

3. Tur bawah laut

Atraksi Pulau PayungKredit foto: Google Maps Ririn Ambar

Selanjutnya, wisatawan bisa snorkeling di perairan yang lebih dalam dan menikmati keindahan alam bawah laut. Kepulauan Seribu terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang terjaga dan jauh dari tangan-tangan nakal perusak alam. Oleh karena itu, sesampainya di sini, cobalah snorkeling dan nikmati alam bawah lautnya.

4. Alam di sekitar pulau

Sekarang beralih dari wisata bawah laut ke pemandangan laut yang indah dan beberapa pulau di sekitar Pulau Payung Dumai. Dari pantai, wisatawan disuguhi pemandangan yang indah, mulai dari pemandangan beberapa pulau dari kejauhan di hamparan biru laut, hingga alam sekitar pantai dengan beberapa pepohonan.

5. Matahari terbenam

Salah satu momen terindah setiap hari adalah matahari terbenam atau saat matahari terbenam. Dari pantai kawasan pulau ini, wisatawan juga dapat mengamati keindahan momen yang terjadi sore ini ketika Anda akan melihat dari jauh bagaimana langit mulai berubah menjadi merah kekuningan dan matahari terbenam di antara pulau dan lautan dimulai.

Alamat, rute lokasi dan biaya perjalanan

Alamat Pulau PayungKredit Foto: Google Maps Henry Indratmoko

Pulau Payung terletak di kawasan Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta. Dengan lama perjalanan antara 1 jam sampai 2 jam dari ibu kota Jakarta. Rute bisa dimulai dari Dermaga Marina Ancol dengan speedboat sewaan selama 1 jam atau dari Pelabuhan Kali Adem dengan kapal ferry selama 2 jam.

Untuk liburan di Pulau Payung via Dermaga Marina Ancol berkapasitas 21 orang dikenakan biaya Rp 740.000 yang akan menemani wisatawan dari pemberangkatan hingga kembali ke Dermaga Marina Ancol. Bagi wisatawan yang ingin menyeberangi pelabuhan Kali Adem berkapasitas 21 orang dikenakan biaya Rp 440.000 untuk pulang pergi.

Jika ingin lebih murah, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum dengan kapal ferry dari Pelabuhan Kali Adem. Harga tiket yang harus dibayar adalah Rp 75.000 per orang.

Aktivitas seru di Pulau Pembayaran

Kegiatan rekreasi di Pulau PayungKredit foto: Google Maps Tour and Travel

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke pulau yang luasnya mencapai 20 hektar ini. Berikut beberapa penjelasan tentang kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Payung.

1. Bermain air di pantai

Aktivitas pertama dan salah satu aktivitas wajib saat memasuki pulau ini adalah bermain air laut di tepi pantai. Mulai dari ombak yang kecil, air laut yang begitu biru, hingga pantai berpasir putih yang begitu indah, wisatawan akan merasa tertantang untuk bermain air laut di pantai.

2. Snorkeling

Menikmati keindahan alam bawah laut adalah salah satu hal yang bisa dilakukan di sekitar perairan pulau eksotis ini. Ada banyak terumbu karang yang indah untuk dilihat dengan mata kepala sendiri, pecinta snorkeling tidak akan melewatkan kesempatan ini untuk menyelam ke dasar laut.

3. Bermain di pantai berpasir

Pasir pantai yang begitu indah dengan warna putihnya membuat sebagian orang terlihat sibuk membangun istana pasir. Bermain di pantai berpasir putih memang menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Kegiatan ini tidak hanya mengisi liburan, tetapi juga bisa membuat seseorang lebih kreatif.

4. Bersantai dan menikmati alam

Aktivitas seru di Pulau PayungKredit foto: Google Maps Panca taqwa

Jika Anda mencari tempat yang cocok untuk bersantai dan jauh dari keramaian, maka liburan di pulau ini adalah jawabannya. Jauh dari keramaian, pulau yang diapit oleh Pulau Pari dan Pulau Tidung ini sangat cocok untuk melepas penat dan mencari istirahat dari hiruk pikuk dunia kota yang sibuk.

5. Menikmati matahari terbenam

Jika Anda bersantai sambil menyaksikan matahari terbenam dari jauh, Anda bisa melihat laut lepas bersama orang-orang terdekat di pantai ini. Keindahan langit kuning kemerahan dan keindahan lautan yang begitu biru akan membuat mata semua orang terpana. Selain itu, dengan suasana alam yang tenang, wisatawan akan merasa lebih tenang.

6. Ambil foto sebanyak yang Anda suka

Belum lengkap liburannya jika tidak berfoto bersama. Berfoto dan membuat kenangan bersama orang-orang terdekat adalah wajib bagi setiap orang, begitu juga saat berlibur di pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu ini. Dengan alamnya yang luar biasa indah, jiwa narsis wisatawan akan keluar dengan sendirinya.

Akomodasi murah terdekat

Fasilitas pulau payungSumber gambar: Google Maps Rahmat Priaja

1. Homestay Sera

Bagi Anda yang ingin menginap bersama keluarga, Anda bisa memanfaatkan Sera Homestay yang terletak di Pulau Tidung. Harga per malam adalah Rp 300.000. Dengan fasilitas seperti AC dan WiFi gratis. Perlu diketahui bahwa perjalanan panjang dari Pulau Tidung ke Pulau Payung dengan speedboat hanya memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit.

2. Homestay Safari Pulau Tidung

Ada satu lagi homestay di Pulau Tidung yang bisa digunakan untuk wisatawan yang ingin bermalam. Harga untuk menginap di homestay ini adalah Rp 350.000 per malam.

3. Resor Mutiara Tidung

Bagi wisatawan yang datang hanya dengan pasangan dan ingin mencari akomodasi yang lebih murah bisa menginap di Mutiara Tidung Resort. Di resort yang terletak di Pulau Tidung ini tarifnya Rp 126.000 per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Payung

Fasilitas di Pulau PayungSumber gambar: Google Maps Yuda Aksel

Pulau Payung merupakan objek wisata yang masih sangat alami, sehingga belum banyak fasilitas yang bisa ditemukan di pulau ini. Selain kawasan pemukiman, ada beberapa fasilitas di sini yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang sedang berlibur.

1. Pelabuhan kapal

Fasilitas pertama adalah pelabuhan pelayaran untuk kapal-kapal yang masuk dan keluar pulau ini. Tidak hanya perahu wisata yang berlabuh di pelabuhan ini, namun ada beberapa perahu milik warga sekitar yang digunakan untuk memancing di laut.

2. Restoran

Pulau ini juga memiliki warung makan milik warga sekitar yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Sehingga wisatawan bisa memuaskan rasa lapar mereka dengan makan di booth.

Liburan di Kepulauan Seribu menjadi dambaan banyak orang, karena kawasan wisatanya begitu indah, baik dari alam sekitar maupun dari badan airnya. Saat berkunjung ke Kepulauan Seribu, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Payung yang letaknya tidak jauh dari sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button