Tempat Wisata

Pulau Perak, nikmati pesona keindahan Kepulauan Seribu

harga tiket: Rp30.000, Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu Administrasi, DKI Jakarta; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Pulau Perak merupakan salah satu pulau terindah di kawasan Kepulauan Seribu Jakarta. Pulau indah di dekat Pulau Harapan ini menawarkan pemandangan pasir putih yang menakjubkan dan sering menjadi tujuan wisata utama dalam paket wisata Pulau Harapan yang ditawarkan oleh agen perjalanan.

Meski pulau ini dikenal sebagai pulau tak berpenghuni, namun masih ada penjaga di pulau ini. Selain itu, juga terdapat penjual makanan dan minuman di pantai pulau ini. Meski tidak tinggal di pulau, mereka ada di sana untuk menjual barang atau menjaga pantai. Pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu ini menjadi destinasi yang cocok bagi mereka yang mencari ketenangan.

Paket Tour 2T1N Pulau Harapan, Kepulauan Seribu

Daya tarik yang dimiliki Silver Island

Atraksi Pulau PerakFoto oleh Aini N di Google Maps

✦ Area Perairan Jernih

Pulau Perak di kawasan Kepulauan Seribu memiliki luas sekitar 3 hektar dan seluruhnya terdiri dari pasir. Sebagian besar wilayah ditutupi oleh pohon-pohon yang sangat lebat. Air di sekitar pulau ini sangat jernih dan memiliki gradasi warna yang menarik. Air di dekat pulau berwarna hijau tosca dan semakin dekat ke laut, airnya akan semakin biru.

✦ Keindahan alam bawah laut

Pulau yang berada dekat dengan Pulau Harapan ini menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Menariknya, dasar pulau cantik ini cukup dangkal sehingga laut di pulau ini menjadi tempat yang aman untuk berenang sambil menikmati keindahan alam bawah laut.

Di dasar laut Pulau Perak terdapat berbagai jenis ikan berwarna-warni. Mulai dari ikan dory hingga ikan badut. Ada juga terumbu karang yang kuat di sekitar pulau ini. Selain itu, pemandangan menarik disuguhkan kepada wisatawan dengan gerakan lembut anemon laut yang bergoyang di bawah air.

✦ Pemandangan matahari terbenam yang indah

Salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan di pulau cantik ini adalah menunggu matahari terbenam di langit barat dan mengabadikan fenomena alam yang jarang dinikmati, seperti matahari terbenam, bersama keluarga, sahabat, dan pasangan.

Saat senja tiba, sunset di pulau ini akan terlihat indah dan romantis. Bagi para penggila fotografi, Pulau Perak adalah tempat yang tepat untuk mencari foto-foto Instagramable. Liburan dijamin bakal lebih berkesan dan bikin kamu ketagihan untuk kembali ke pulau yang ada di kawasan Kepulauan Seribu ini.

Lihat penawaran hotel di Kepulauan Seribu

Alamat, lokasi rute, dan biaya tur

Alamat Pulau PerakFoto oleh Haekal Zulfikar di Google Maps

Berlokasi di Desa Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Anda bisa menggunakan rute yang sama dengan mengunjungi pulau Kepulauan Seribu lainnya, DKI Jakarta. Pertama, Anda bisa menuju pelabuhan Muara Angke.

Kemudian menempuh perjalanan laut selama 4 hingga 5 jam atau meninggalkan Pulau Pramuka dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi pulau cantik ini. Namun, ada biaya lain seperti biaya penyeberangan awal sekitar 100.000 rupee. 80.000, dengan boat taxi dengan biaya sekitar Rp 50.000 per team

Biaya camping di Pulau Perak adalah Rp 30.000 per orang dan biaya sewa alat snorkeling sekitar Rp 25.000 – Rp. 35.000.

Dolphin Island Tour 2T1N – Pulau Harapan

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Silver IslandFoto oleh Masela Fadjar Pratiwi di Google Maps

1. Nikmati keindahan pulau yang menakjubkan

Di Pulau Perak, wisatawan bisa tidur dengan nyaman di atas tikar di atas pasir sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang menenangkan. Di antara dahan pohon terdapat ayunan yang bisa digunakan wisatawan secara gratis. Berayun santai dan berfoto di atas ayunan merupakan kegiatan yang sering dilakukan pengunjung.

2. Berenang dan Snorkeling di Pulau Perak

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan, tapi juga berenang. Kedalamannya dangkal dan airnya tenang, sehingga aman untuk berenang. Pengunjung juga bisa menikmati aktivitas snorkeling di sini. Di bawah laut pulau Perak terdapat berbagai ikan kecil berwarna-warni yang cantik. Menyelam di antara terumbu karang juga merupakan pengalaman yang menarik.

Wisatawan juga akan menemukan anemon laut yang bergoyang mengikuti arus laut. Warna cerah seperti pink, kuning dan ungu sangat menawan dan menonjolkan keindahan birunya air laut. Visibilitas bawah air juga sangat baik, memberi penyelam pandangan yang jelas ke dasar laut.

3. Mainkan banana boat

Di pulau cantik ini, wisatawan bisa bermain banana boat. Banana boat berputar di laut. Semakin lama, semakin cepat banana boat terus berputar. Momen yang paling ditunggu adalah saat banana boat terbalik dan semua penumpang berjatuhan. Tak perlu khawatir karena semua penumpang sudah dilengkapi dengan pelampung pengaman.

4. Abadikan momen dengan mengambil foto

Ada banyak pepohonan rimbun di sekitar pulau Perak. Itu membuat latar belakang foto yang sangat bagus. Anda bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto di antara pepohonan tersebut dan dengan latar belakang laut yang tak kalah memukau. Anda juga dapat mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram.

5. Berkemah

Pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu ini menjadi destinasi populer bagi wisatawan yang ingin berkemah di Kepulauan Seribu, terutama pada hari Minggu atau akhir pekan. Anda hanya perlu membayar biaya kepada penjaga pulau untuk biaya pembersihan. Sayangnya, tenda dan perlengkapan lainnya tidak bisa disewa di sekitar pulau.

Pengunjung harus membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di Pulau Harapan sebelum menuju ke Pulau Perak. Saat berkemah, pengunjung bisa menikmati momen-momen indah, seperti sunrise dan sunset yang sangat indah. Selain itu, pengunjung bisa memasak bersama pasangan sambil menikmati kerlap kerlip bintang di malam hari.

6. Menikmati kuliner di pantai

Di sekitar pulau cantik ini hanya ada beberapa warung yang menawarkan makanan dan minuman sederhana. Menu gorengan memang digemari wisatawan di sini, apalagi disantap panas-panas setelah aktivitas air. Kelapa muda segar disajikan di warung ini, cocok dinikmati saat cuaca panas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau PerakFoto oleh Matheus Saputera di Google Maps

Pulau di kawasan Kepulauan Seribu ini kalah fasilitas. Misalnya fasilitas toilet umum yang menggunakan penutup sederhana. Hal ini menunjukkan bahwa Pulau Perak masih dalam tahap renovasi. Jadi jika Anda berencana untuk menginap dan berkemah di pulau, harap bawa semua perlengkapan Anda.

Ini penting mengingat pilihan yang terbatas. Membawa perlengkapan yang tepat seperti tenda, matras dan lainnya akan membuat Anda bisa menikmati keindahan pulau dengan lebih nyaman. Selain itu, juga memungkinkan Anda untuk menjaga kebersihan diri.

Meski fasilitasnya belum memadai, pulau cantik ini tetap menawarkan pengalaman menarik. Bermalam dan berkemah di sini sangat menarik karena pulau ini menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Pulau ini juga cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan alam dan sejenak melupakan kesibukan kota.

Itu tadi informasi tentang salah satu pulau cantik yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau Perak yang cantik ini merupakan destinasi wisata alam menarik yang bisa Anda pertimbangkan sebagai destinasi berlibur. Meski fasilitas masih terbatas, pulau ini menawarkan pesona alam dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button