Tempat Wisata

Pulau Poncan Sumatera Utara: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Ada banyak sajian wisata bahari yang bisa dikunjungi di Sumatera Utara termasuk Pulau Poncan. Pulau Poncan merupakan objek wisata yang patut diperhatikan keberadaannya saat ini.

Keindahan Pulau Poncan tercermin dari latar pantai berpasir putih yang mempesona. Air laut di pulau ini juga sangat jernih sehingga memudahkan untuk melihat biota laut dan terumbu karang saat menyelam.

Lokasi Pulau Poncan

Pulau PoncanPulau Poncan Sumber: instagram.com/larisazhangzhang/

Pulau Poncan terletak sekitar 7 km dari kota Sibolga. Tepatnya berada di provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Tapanuli bagian tengah. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Sumatera Utara dengan luas 500 ha.

Rute menuju Pulau Poncan

Mengunjungi Pulau Poncan terbilang mudah. Jika perjalanan dimulai di kota Medan, pengunjung harus berkendara ke kota Sibolga yang berjarak 250 km, dan perjalanan memakan waktu 9 jam.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke pelabuhan Sibolga. Penyewaan speedboat tersedia di sekitar dermaga. Pengunjung bisa menyewa speedboat untuk menyeberang ke pulau Ponce. Harga sewanya Rp 15.000.

Biaya masuk ke Pulau Poncan

Instansi terkait tidak memungut biaya untuk berkunjung ke Pulau Poncan. Ini gratis. Namun bagi pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas lain akan dikenakan biaya dengan harga sebagai berikut:

  1. Biaya masuk: Gratis
  2. Parkir motor: Rp 5.000/motor
  3. Parkir: Rp 10.000/mobil
  4. Sewa Kapal: 100.000 – 300.000 IDR

Jam Operasional Pulau Poncan

Sangat fleksibel jika ingin mengunjungi Pulau Poncan. Ini karena pulau ini buka 24 jam sehari, Senin hingga Minggu.

Peta wilayah Pulau Poncan

Fasilitas di Pulau Poncan

Fasilitas di Pulau Poncan meliputi toilet umum, dermaga, dan pedagang yang menjual bahan makanan dan perbekalan. Ada juga yang eksklusif di pulau itu Resor Dinamakan setelah Sibolga Marine Resort.

Akomodasi di dekat Pulau Poncan

Foto dari Pulau PoncanFoto Pulau Poncan Sumber: instagram.com/adheatwinda/

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitar pulau, tidak perlu khawatir. Karena di sekitar pulau juga terdapat penginapan untuk bermalam. Untuk informasi lebih lanjut, lihat pernyataan di bawah ini.

1. Resor Laut Sibolga

Akomodasi pertama yang bisa menjadi pilihan adalah Sibolga Marine Resort. Resor ini berisi Resor eksklusif tersedia dengan berbagai fasilitas. Resor Berlokasi di Jalan Kolonel Yos Sudarso 29, Poncan Gadang, Kota Sibolga.

Sibolga Marine Resort merupakan akomodasi utama saat berkunjung ke Pulau Poncan. Selain fasilitas eksklusif, tersedia 70 unit kamar. Bangunan resor ini juga unik karena menyerupai rumah tradisional Batak.

Tarif per malam di resor ini adalah Rp 400.000 hingga Rp 900.000. Fasilitas yang ditawarkan juga termasuk pelayanan yang ramah yang pasti akan membuat pengalaman menginap pengunjung menjadi lebih nyaman.

2. Hotel pariwisata yang indah

Pilihan akomodasi kedua adalah Hotel Wisata Indah. Hotel ini juga dekat dengan Pulau Poncan. Tepatnya di Jalan Briptu Jenderan Katamso, Nomor 51, Pasar Baru, Sibolga.

Hotel indah ini adalah salah satu akomodasi paling populer bagi pengunjung. Karena hotel ini terletak di tepi pantai, pemandangan pantai yang indah dari hotel jelas merupakan yang terbaik. Harga disini tetap Rp 680.000 sampai 1.900.000.

Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas seperti kolam renang, akses internet bebas repot, restoran dengan menu lokal dan masih banyak lagi film barat, dan layanan yang ramah. Untuk memesan kamar di hotel ini, Anda bisa melakukannya melalui pendaftaran atau datang langsung.

Kegiatan di Pulau Poncan

Keindahan Pulau PoncanPulau Poncan Sumber : instagram.com/nadialarasita1/

Ketika mengunjungi tempat-tempat wisata, pengunjung tentu saja berharap akan ada banyak kegiatan yang menyenangkan. Dan berikut aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pulau Poncan.

1. Trekking keliling pulau

Aktivitas pertama adalah trekking atau menjelajahi pulau. Ada banyak tempat menarik untuk dijelajahi di pulau ini. Di sana ada sebuah bukit, dan saat Anda mendaki bukit tersebut, keindahan pulau tersebut menjadi semakin indah.

Trekking juga bisa dilakukan di sepanjang pantai di mana pengunjung dapat menikmati pantai berpasir putih dan banyak makhluk laut kecil yang tidak sengaja terbawa ombak ke darat.

Ada sebuah gua di dataran pulau yang belum diketahui kedalamannya. Untuk mengunjungi gua ini, pengunjung harus dipandu oleh pemandu wisata.

2. Berenang atau menyelam

Kegiatan seru berikutnya adalah berenang atau menyelam di laut. Pulau Poncan terkenal dengan lautnya yang berwarna bening. Kegiatan menyelam semakin berkesan dengan keindahan dasar lautnya yang menakjubkan.

Jika pengunjung memutuskan untuk melakukan scuba diving, pengunjung dapat membawa peralatan scuba sendiri, atau ada juga persewaan peralatan scuba. Dalam kegiatan ini, pengunjung disarankan untuk berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang.

3. Saksikan matahari terbenam

Aktivitas santai yang biasa dilakukan pengunjung sepanjang hari adalah menyaksikan matahari terbenam. Kegiatan ini sangat bagus untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai atau hanya duduk di kursi yang disediakan di sana.

Menyaksikan sunset dari pulau ini memiliki kesan tersendiri. Karena warna jingga terlihat memukau saat matahari terbenam dan memberikan kesan santai setelah seharian beraktivitas.

4. Berburu foto

Kegiatan wajib saat traveling adalah hunting foto. ada banyak Pekerjaan Menarik di Pulau Poncan misalnya untuk hunting foto Pekerjaan pantai pasir putih, Pekerjaan juga dunia bawah laut Pekerjaan di atas bukit dengan pulau Poncan Latar belakang.

Suasana alamnya yang asri, bersih dan aman ternyata sangat fotogenik. Jangan lupa siapkan juga kamera sebelum berkunjung untuk menambah pengalaman berwisata.

Demikian pembahasan tentang Pulau Poncan. Semoga bisa menjadi referensi bagi para pecinta wisata khususnya wisata bahari. Anda tertarik untuk berkunjung? Selamat berwisata!

Sekilas dan foto pulau Poncan di Sumatera Utara

Selamat datang di Pulau PoncanPantai Pulau PoncanTempat bersantai di Pulau PoncanSnorkeling di Pantai Pulau PoncanTempat tersembunyi di pulau PoncanBerkemah di Pulau PoncanMatahari terbenam di Pulau PoncanKeindahan air laut di Pulau Poncan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button