Tempat Wisata

Pulau Reusam: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Aceh Jaya diketahui memiliki 16 pulau berpenghuni dan tidak berpenghuni. Pulau-pulau ini ada yang masih perawan, ada pula yang berkembang menjadi destinasi wisata yang semakin populer karena pesona alamnya yang mempesona. Salah satunya adalah Pulau Reusam yang kini semakin populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan pulau dengan pasir putihnya.

Pulau Reusam merupakan salah satu pulau dalam gugusan pulau di Teluk Rigaih. Luas pulau ini diperkirakan mencapai 16 hektar. Menariknya, pulau ini dikelilingi perbukitan berbatu sehingga terlihat indah dan eksotis. Selain itu, pulau ini juga memiliki pantai yang landai dengan tebing-tebing karang yang berjajar di tepi pantai.

Pulau Reusam

Lebih spesifiknya pantai ini terletak di Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Banda Aceh. Untuk mencapai Pulau Reusam, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 140 kilometer atau menempuh perjalanan sekitar dua jam dari Banda Aceh. Jika wisatawan datang dari Banda Aceh, mereka harus terlebih dahulu menuju pelabuhan perikanan Rigaih sebelum menuju ke pulau tersebut.

Setelah sampai di pelabuhan Rigaih, wisatawan dapat memarkir kendaraannya terlebih dahulu. Jangan lupa membawa makanan dan minuman karena belum ada warung di pulau ini. Wisatawan bisa menyewa perahu nelayan atau speedboat untuk menuju pulau tersebut. Hanya dengan membayar Rp 30.000 per orang, pengunjung akan dijemput dan dibawa dengan perahu dari pelabuhan menuju Pulau Reusam.

Perahu motor ini mampu menampung hingga 8 orang sekaligus. Pemerintah juga membuka jalur pelayaran 24 jam setiap hari dari Pelabuhan Rigaih hingga Pulau Reusam. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung upaya pengembangan potensi wisata pulau di Teluk Rigaih. Kedalaman air laut yang ideal di sekitar pulau juga menjadi faktor pendukung pilihan transportasi dari pelabuhan Rigaih menuju pulau tersebut.

Sejarah Pulau Reusam

Sebelum Pulau Reusam menjadi tujuan wisata populer, Pulau ini juga merupakan pulau penting bagi penduduk setempat. Lokasi ini seringkali dijadikan sebagai titik kontak warga sekitar untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Jika ada penduduk yang mengalami kesulitan dan ingin menyelesaikan permasalahannya sesuai dengan hukum adat, maka musyawarah harus dilakukan di pulau ini. Hal ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat setempat, itulah sebabnya pulau ini diberi nama Pulau Reusam.

Pulau ini juga menjadi tempat dilaksanakannya tradisi menyambut bulan Ramadhan. Menjelang bulan puasa, penduduk setempat berbondong-bondong ke pulau itu untuk melakukan ritual penyucian dengan mandi di pantai. Biasanya ritual ini dilakukan pada sehari sebelum bulan Ramadhan. Usai mandi hingga bersih, acara dilanjutkan dengan makan bersama.

Pesona Pulau Reusam

Setibanya di pulau ini, wisatawan akan disambut oleh pantai dengan pantai berpasir putih yang menakjubkan. Di sekitar pantai terdapat dermaga kayu yang biasa digunakan kapal-kapal untuk berlabuh. Ciri khas pantai di Pulau Reusam ini cukup landai dan garis pantainya mencapai lebih dari 300 meter.

Pasir putihnya yang sangat lembut memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk bermain atau bersantai sambil menikmati segarnya udara dan hamparan air laut yang luas. Berbagai pepohonan hijau tumbuh di sekitar pantai Pulau Reusam, menciptakan suasana rindang dan rindang. Wisatawan bisa berteduh dari terik matahari di bawah pohon.

Pulau Reusam

Pantai ini diapit oleh dua bukit sehingga terlihat eksotis dan indah. Di pantai ini wisatawan akan serasa berlibur di pulau pribadi karena suasana pulau yang sangat alami dan masih belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Berkunjung ke Pulau Reusam tidak lengkap rasanya tanpa menikmati air laut sambil berenang di dekat pantai.

Air lautnya sangat jernih dan berwarna kebiruan sehingga menggoda siapapun yang melihatnya untuk terjun ke dalam air. Pantai ini memiliki kedalaman perairan yang relatif dangkal, namun ada juga beberapa tempat yang cukup dalam sehingga wisatawan perlu berhati-hati. Air lautnya penuh dengan bebatuan karang yang bermata tajam. Jika wisatawan tidak hati-hati, mereka bisa menggaruk-garuk badan saat berenang di bebatuan karang tersebut.

Dermaga kayu yang ada di pinggir pantai juga sering digunakan wisatawan untuk terjun ke laut. Selain itu, dermaga ini juga menjadi salah satu tempat yang paling banyak digunakan untuk fotografi. Akan terasa menantang saat Anda berjalan melintasi dermaga lalu menyelami segarnya air laut.

Pulau Reusam juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang sayang untuk dilewatkan. Ada beberapa lokasi di sekitar pulau yang bisa digunakan untuk menyelam atau snorkeling. Berbagai macam biota laut di sini seperti alga, alga, terumbu karang, dan ikan.

Fasilitas di Pulau Reusam

Sayangnya keindahan Pulau Reusam belum bisa menandingi fasilitas yang ada di pulau ini. Fasilitas yang disediakan masih minim, namun masih terdapat fasilitas seperti toilet dan musholla tempat umat muslim bisa salat. Selain itu, di pulau ini terdapat pancuran air tawar yang dapat digunakan untuk mandi setelah berenang di laut.

Sedangkan untuk transportasi, wisatawan bisa menggunakan perahu nelayan untuk menuju pulau ini. Selain itu wisatawan juga bisa menggunakan speedboat. Di pulau ini terdapat gubuk-gubuk kayu sederhana dimana wisatawan dapat beristirahat atau berganti pakaian.

Masih belum ada warung yang menjual makanan atau minuman di Pulau Reusam sehingga wisatawan harus membawa perbekalan sendiri. Namun sekembalinya dari pulau, wisatawan bisa mencoba aneka masakan ikan di beberapa warung dan restoran di sekitar pelabuhan.

Pemerintah setempat kabarnya berencana membangun beberapa fasilitas pendukung pariwisata untuk memanjakan wisatawan. Potensi wisata Pulau Reusam cukup besar dan layak dikembangkan untuk menarik wisatawan lokal maupun domestik.

Jika Anda sedang berada di Aceh, mengunjungi Pulau Reusam adalah salah satu alternatifnya. Di bawah ini adalah aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di pulau tersebut.

Nikmati keindahan pulau itu

Pulau Reusam menawarkan panorama alam yang sungguh luar biasa. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar pulau yang ditumbuhi pepohonan hijau atau pergi ke perbukitan pulau. Salah satu daya tarik pulau ini adalah pantainya dengan pasir putihnya yang sungguh mempesona.

Anda bebas bersantai di atas pasir dan menikmati pemandangan alam sekitar. Tidak lengkap rasanya jika tidak berenang di air laut pulau ini yang jernih dan segar. Pulau ini merupakan destinasi liburan yang sangat cocok untuk anda menginap di Aceh dan merupakan tempat yang ideal jika anda ingin melepas penat dari hiruk pikuk kota yang selalu sibuk.

Snorkeling dan menyelam

Selain keindahan alamnya, Pulau Reusam juga menawarkan keindahan bawah laut yang tak kalah mempesona. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut pulau ini dengan snorkeling atau diving. Di sini Anda akan menemukan berbagai biota laut seperti terumbu karang yang indah serta ikan-ikan kecil yang lucu berenang.

Berburu foto dan berkemah

Di pulau ini wisatawan diperbolehkan bermalam dengan mendirikan tenda atau berkemah. Sayangnya, masih belum ada persewaan tenda untuk berkemah di pulau ini sehingga wisatawan harus membawa tenda sendiri dari rumah.

Anda bisa menikmati indahnya malam di pinggir pantai sambil menyalakan api unggun dan memanggang ikan untuk makan malam. Bernyanyi dan bermain gitar bersama teman-teman pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Jika Anda menyukai fotografi lanskap, tempat ini juga cocok dijadikan destinasi berburu foto. Ada beberapa objek indah di Pulau Reusam yang bisa Anda foto dengan kamera, seperti dermaga, pantai, dan bukit berbatu. Jangan lupa untuk berfoto selfie di dermaga karena tempat ini merupakan tempat terbaik untuk mengambil foto.

Jam buka dan biaya masuk pulau Reusam

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja karena buka 24 jam. Wisatawan yang masuk ke Pulau Reusam tidak dipungut biaya apapun. Wisatawan hanya membayar Rp 25.000 – 30.000 per orang untuk angkutan perahu.

Peta lokasi pulau Reusam

Tips Berwisata di Pulau Reusam

  • Datanglah pada pagi hari agar Anda bisa menikmati keindahan pulau sepuasnya.
  • Jangan lupa membawa baju ganti karena jika sampai di pulau tidak berenang maka akan rugi.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya.
  • Berhati-hatilah saat berenang karena terdapat bebatuan karang yang tajam.
  • Jangan membuang sampah di pulau.
  • Lindungi pulau dan jangan merusak apa pun di pulau itu.

Galeri foto pulau Reusam

Potret Pulau Reusam dari udara
Pantai Pulau Reusam
Air laut jernih
Berburu foto di pantai
berkemah
Matahari terbenam di pulau Reusam

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button