Tempat Wisata

Pulau Sambu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pesona Pulau Sambu

Banyak penduduk pulau ini yang pindah dan tidak lagi tinggal di pulau tersebut karena kilang minyak sudah tidak beroperasi lagi. Pulau yang dulunya merupakan kilang minyak ini sudah tidak beroperasi lagi, meninggalkan banyak bangunan kosong yang dirancang oleh arsitek Melayu.

Tak hanya rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya, pulau ini juga memiliki bioskop, gedung dengan teras, menara selamat datang, wisma, kantor pos bahkan masjid. Masjid ini juga menawarkan pemandangan yang indah karena letaknya yang berada di atas bukit.

Bangunan-bangunan ini menarik wisatawan seperti Anda untuk mengunjunginya. Meski sudah tidak berpenghuni lagi, arsitektur dan gaya bangunannya menarik perhatian sebagian wisatawan. Dari pulau ini juga bisa melihat kapal-kapal yang melintas dari Singapura karena jaraknya yang dekat.

Fasilitas Pulau Sambu

Pulau Sambu Orang-orang masih tinggal di sana. Meski jumlahnya tidak sebanyak dulu, yakni 200 orang, namun sebagai wisatawan Anda tetap bisa menikmati fasilitas yang ada di pulau tersebut. Sama seperti tempat makan, ada dan tentunya juga tersedia di sekitar tempat tinggal warga.

Di pulau ini terdapat sebuah masjid yang masih difungsikan bagi anda yang ingin beribadah. Ada rumah orang yang bisa membantu anda, karena tidak semuanya ditinggalkan pemiliknya untuk pindah ke tempat lain. Ada juga ATM di pulau ini dan masih berfungsi dengan baik.

Sejarah Pulau Sambu

Terletak di dekat Singapura, pulau ini pernah menjadi pemasok minyak terbesar ke Kepulauan Riau. Dibangun pertama kali oleh Pertamina pada 16 Agustus 1897, sebelum Kota Batam berdiri.

Saking suksesnya pulau ini pada tahun 1970, banyak penduduknya yang merupakan pegawai Pertamina. Sebelum Batam ada, pulau dengan fasilitas lengkap ini sangat ramai. Hanya saja setelah ketenarannya, pulau ini terpaksa menghentikan pengoperasian kilang minyaknya.

Penghentian operasional kilang minyak ini menyebabkan banyak warga yang mengungsi dan meninggalkan rumah, gedung, dan fasilitas lainnya. Hanya sebagian penduduknya yang masih tinggal di pulau tersebut.

Berburu foto di tur ini

Bangunan-bangunan kosong di pulau ini menarik banyak perhatian wisatawan. Gaya arsitektur arsitek Malaysia menarik perhatian wisatawan sehingga wisatawan mengambil foto bangunan tersebut. Dan tak jarang juga dijadikan sebagai backdrop foto wisata.

Dari masjid di dataran tinggi Pulau Sambu Anda juga bisa mengambil foto pemandangan yang ditawarkan pulau ini. Akan menjadi tempat yang indah jika Anda bisa mengabadikan keindahannya. Begitu pula jika Anda mengambil foto dengan latar belakang pemandangan pulau.

Tips berwisata ke Pulau Sambu

Untuk menuju pulau ini harus menggunakan jalur laut. Dari jalur ini Anda harus berlayar, sehingga Anda juga harus memilih berlayar saat air laut sedang tidak tinggi, apalagi saat pergantian musim.

Membawa kamera sudah menjadi suatu kebutuhan bagi anda ketika berkunjung ke suatu tempat untuk mengabadikan pemandangan yang menurut anda sangat indah. Pulau ini juga menyuguhkan pemandangan indah dengan bangunan bergaya Malaysia yang tentunya menarik perhatian penuh Anda.

Baca Juga: Menikmati Rasa Indahnya Pulau Putri

Mengenakan pakaian santai dan sopan sangat disarankan. Selain itu, Anda juga harus menghormati warga di sana sebagai pengunjung. Pakaian yang menyerap keringat lebih baik dikenakan saat Anda beraktivitas di luar ruangan.

Menikmati keindahan Pulau Sambu

Segera setelah Anda tiba Pulau Sambu Kemudian Anda akan disambut dengan banyak sekali bangunan kosong, bukan hanya satu melainkan sekumpulan bangunan yang ditinggalkan pemiliknya. Ada juga villa yang dirancang oleh arsitek Melayu di pulau ini.

Anda bisa berkeliling pulau dan menikmati setiap tempat yang ada. Mulai dari gedung-gedung kosong, kamu bisa berfoto atau berfoto dengan background foto. Di dataran tinggi pulau Anda akan menemukan sebuah masjid.

Anda dapat menikmati pemandangan pulau dari masjid ini. Anda bisa menikmati keindahan pulau yang ditawarkan pulau ini. Jika Anda sekedar ingin bersantai menikmati keindahan alam yang tersaji, Anda juga bisa menikmati semilir angin yang menyegarkan.

Peta lokasi Pulau Sabu

Jam buka dan biaya masuk Pulau Sambu

Anda bisa mengunjungi pulau ini tanpa terkendala waktu. Tidak ada batasan untuk masuk dan mengunjungi pulau ini dan tidak ada tiket masuk. Anda tidak perlu membayar biaya apa pun untuk membeli HTM.

Pulau Sambu merupakan salah satu dari sekian banyak wisata yang ditawarkan Kepri dengan daya tarik yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat!

Galeri foto Pulau Sambu

Potret Pulau Sambu
Pelabuhan di Pulau Sambu
Potret sebuah kapal besar
Potret Pulau Sambu di malam hari
Potret pantai di pulau Sambu
Fasilitas di Pulau Sambu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button