Tempat Wisata

Pulau Sanane, pulau yang menjadi rumah bagi berbagai terumbu karang eksotik di Pangkep

Surga laut tersembunyi di Pangkep, Pulau Sanane menawarkan keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang yang memukau bagi pecinta snorkeling dan diving.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Mattaro Adae, distrik. Liukang Tupabbiring, Kab.Pangkep, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasinya

Banyak orang mungkin masih belum mengetahui keberadaan Pulau Sanane. Kebanyakan orang juga belum mengetahui bahwa pulau ini bisa dijadikan tujuan wisata. Hal ini tidak mengherankan, karena hingga saat ini masih belum populer.

Pengunjung yang datang setiap harinya hanya sedikit, namun jumlahnya sedikit meningkat pada akhir pekan dan hari libur.

Namun pulau ini menyimpan kekayaan keindahan yang sungguh mencengangkan. Seperti pulau-pulau pada umumnya, pesona pantai menjadi daya tarik tersendiri.

Ombaknya yang tenang memungkinkan wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga air. Lautnya berwarna biru jernih, cocok untuk snorkeling atau diving.

Pulau eksotik ini memiliki luas 58.351 m2 dan masih termasuk dalam gugusan Kepulauan Spermonde di Selat Makasar. Untuk sampai ke tempat itu Anda harus naik perahu untuk menyeberang.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Meski harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, semuanya terbayar dengan pesona alam yang indah dan kesan masih alami.

Daya tarik Pulau Sanane

Daya tarik Pulau Sananefoto dari Fdc Unhas pada X

Daya tarik utama Pulau Sanane adalah keindahan alamnya yang mempesona. Adat istiadat dan adat istiadat penduduk setempat pun menambah pesonanya, karena mereka berprofesi sebagai nelayan. Simak ulasannya di bawah ini untuk selengkapnya!

Keindahan alam Pulau Sanane

Tak bisa dipungkiri, yang paling menarik di sini adalah keindahan alamnya. Masih terasa sangat alami karena pengunjungnya hanya sedikit setiap harinya.

Panorama pantainya sangat menawan, dengan semilir angin yang datang dari laut. Pantai di sini memiliki pasir putih yang terlihat sangat bersih dan teksturnya sangat lembut.

Pulau Sanane yang dikelilingi pepohonan rindang di beberapa tempat memberikan nuansa asri. Kehadiran vegetasi ini membuat pemandangan sedikit lebih hijau, berbeda dengan pantai pada umumnya.

Perahu-perahu nelayan berlabuh di kawasan tersebut, sebagian besar penduduk pulau ini berprofesi sebagai nelayan dan menangkap ikan baik dengan jaring maupun pancing.

Pemandangan menjadi semakin unik ketika terdapat beberapa rumah di pinggir pantai. Rumah warga ini juga difungsikan sebagai toko yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Saat cuaca cerah, pesonanya semakin terkuak berkat perpaduan panorama alam dan langit biru. Semuanya seakan menyatu dan membentuk harmoni alam yang sempurna.

Suasana damai dan tenang

Daya tarik Pulau Sanane selanjutnya adalah suasananya yang terkesan tenang dan damai. Puluhan pengunjung datang setiap harinya, sangat sedikit dibandingkan tempat wisata pada umumnya.

Terdapat sedikit lebih banyak wisatawan pada akhir pekan dan hari libur nasional. Meski terkesan sepi, namun nyatanya hal ini cukup menguntungkan bagi sebagian orang.

Siapapun yang mendambakan suasana tenang pasti pernah kecewa dengan kondisi ini. Saking damainya, ombak yang datang pun tidak terlalu besar.

Suara gemuruhnya nyaris tak pernah terdengar, hanya hembusan angin sepoi-sepoi yang membelai permukaan kulit. Wisatawan bisa merasakan ketenangan suasana tersebut sambil bersantai di pinggir pantai.

Tempat terbaik untuk snorkeling dan memancing

Pulau Sanane memiliki pantai dengan air jernih berwarna kebiruan. Saking jernihnya, dasar air di pantai ini bisa terlihat. Dengan kondisi seperti ini, tidak sedikit wisatawan yang berenang dan bermain air.

Selain itu, ombaknya tidak terlalu besar, anginnya tidak terlalu kencang, dan arus lautnya relatif aman. Selain digunakan untuk berenang, sebagian wisatawan juga lebih nyaman menjelajahi bagian bawah pantai.

Snorkeling dan diving merupakan kegiatan yang sangat menarik dan banyak dilakukan oleh pengunjung. Airnya yang sangat jernih membuat pengunjung dapat melihat dasar laut dengan lebih baik.

Penduduk sekitar Pulau Sanane sebagian besar berprofesi sebagai nelayan, mereka juga berusaha membudidayakan terumbu karang.

Wisatawan yang menyelam dapat menemukan spot terbaik karena terumbu karang umumnya menjadi tempat berkumpulnya biota laut. Pantai ini juga cocok untuk memancing santai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau SananeFoto oleh Gusun Datu di Google Maps

Seperti yang kita ketahui, pulau merupakan sebuah daratan yang dikelilingi oleh perairan. Kali ini letaknya di tengah laut, jadi satu-satunya alat transportasi yang bisa mencapainya hanyalah kapal.

Untuk menuju ke sana Anda bisa menggunakan perahu yang disediakan warga sekitar. Untuk akses lebih dekat, silakan menuju ke Pelabuhan Paotere.

Perjalanan dari pelabuhan ini menuju Pulau Sanane memakan waktu kurang lebih 1 hingga 2 jam. Durasi tergantung pada kecepatan kendaraan dan aliran air. Alternatif penyeberangan lainnya adalah Terusan Barukang.

Namun, Anda harus bersiap untuk menempuh jarak yang lebih jauh. Sedangkan untuk menuju pelabuhan masing-masing bisa melalui jalur darat.

Jarak tempuh dari pusat kota diperkirakan 25 kilometer, dengan waktu tempuh 1 jam. Untuk kenyamanan, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya.

Secara administratif, pulau eksotik ini terletak di Makasar, Desa Mattaro Adae, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Pulau Sanane cukup terjangkau, Anda hanya perlu membayar sekitar 10.000 hingga 15.000 rupiah. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati semua keindahan yang ditawarkan.

Anda juga bisa melakukan aktivitas seru seperti mandi, berenang, berjalan-jalan di pantai dan masih banyak lagi.

Biaya tambahan berlaku untuk penyeberangan perahu. Harganya juga tidak terlalu mahal, satu orang biasanya berharga sekitar 20.000 rupiah.

Jika datang bersama rombongan, biasanya harganya lebih murah. Tempat wisata ini buka selama 24 jam sehari, namun waktu terbaiknya adalah pada pagi hingga sore hari.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau SananeFoto dari Pulau Sanane di Instagram

Liburan ke Pulau Sanane menjadi salah satu yang terbaik karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana.

Aktivitas yang dimaksud sebagian besar berhubungan dengan pantai, seperti mandi, berenang, bermain pasir, snorkeling, bahkan memancing.

1. Menikmati keindahan alam

Alamnya yang indah membuat semua orang terpesona, termasuk tamu biasa. Bagaimana tidak, pulau ini begitu damai dan menenangkan. Dikelilingi oleh vegetasi hijau.

Pemandangan yang paling penting adalah hamparan lautan luas, tidak ada halangan yang menghalangi pandangan.

2. Asyiknya berenang dan mandi di pinggir pantai

Karakter pantai di Pulau Sanane cukup tenang, jarang terjadi ombak tinggi. Kondisi ini sangat cocok untuk berbagai aktivitas air.

Contohnya seperti bermain air dan berenang. Selain itu, dengan jernihnya air laut, aktivitas ini semakin seru dan membuat suasana liburan semakin tak terlupakan.

3. Snorkeling untuk melihat biota laut

Pantai mana pun yang airnya jernih sangat cocok untuk aktivitas menyelam. Snorkeling merupakan kegiatan yang tidak hanya menantang tetapi juga menyenangkan.

Anda bisa mengamati berbagai biota laut yang bersembunyi di balik karang. Dalam hal ini, Anda harus membawa peralatan sendiri dan memastikan keamanan.

4. Memancing

Bagi yang gemar memancing, Pulau Sanane sepertinya patut untuk dicoba. Bukan tanpa alasan, mengingat banyaknya terumbu karang yang merupakan hasil pengelolaan masyarakat setempat.

Kebanyakan ikan di sini tidak terlalu besar. Namun aktivitas ini membuat liburan Anda semakin seru, apalagi Anda bisa bersantai sekaligus menikmati alam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau SananeFoto dari Pulau Sanane di Instagram

Setelah mengetahui objek wisata, lokasi, biaya masuk dan aktivitas serunya, saatnya mencari tahu fasilitas yang tersedia di sini.

Cukup lengkap untuk sekelas tempat wisata yang belum padat pengunjung. Di sini Anda mendapatkan akses penyeberangan berupa perahu. Fasilitas lainnya meliputi toilet dan warung yang menyajikan makanan.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan ini. Karena daya tariknya, Anda bisa menjadikannya sebagai alternatif liburan.

Pulau Sanane menawarkan keindahan alam yang mempesona. Akses menuju lokasi cukup mudah, biaya relatif murah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button