Tempat Wisata

Pulau Sirandah, melihat dari dekat pulau eksotis yang mempesona di Padang

Selain keindahan pantai dan air lautnya yang jernih, Pulau Sirandah ternyata juga memiliki kura-kura raksasa yang kerap dijadikan jalur trekking para wisatawan.

Biaya tur: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasinya

Sumatera Barat mempunyai daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Terutama keragaman kuliner santan. Banyak orang yang rela datang ke sini untuk mencicipi makanan khas Sumatera di tempat. Meski begitu, selain kulinernya yang lezat, Sumbar juga menawarkan wisata bahari yang menghibur. Pulau Sirandah adalah salah satunya.

Objek wisata ini masih tergolong baru karena baru dibuka pada awal tahun 2017. Kini sudah 6 tahun sejak objek wisata Menwan ini dibuka untuk umum. Meski tempatnya tidak terlalu besar, namun pulau ini menawarkan panorama alam yang luar biasa. Pulau wisata ini juga menjadi daya tarik wisata andalan Kota Padang.

Karena letak wisata bahari ini yang relatif jauh dari Padang, maka belum banyak diketahui masyarakat umum. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Sumatera Barat. Apa saja daya tarik pulau kecil ini?

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Sirandah

Daya Tarik Pulau SirandahFoto: Unsplash/Mike Tridarfa

Daya tarik utama pulau ini adalah pantainya dengan pasir yang landai sehingga anak-anak bisa bermain dengan nyaman. Hamparan lautan dengan airnya yang biru akan memanjakan mata setiap wisatawan. Pulau ini juga memiliki kawasan perbukitan yang dapat digunakan sebagai jalur trekking atau hiking. Apa saja daya tarik lain yang ada di pulau ini?

✦ Banyak tempat wisata menarik

Wisatawan yang datang kesini bisa mengunjungi berbagai tempat menarik seperti Pulau Pasumpahan, Bukit Si Boko dan Pulau Sutan. Namun yang paling populer adalah Pantai Sirandah Utara. Mengunjungi pantai ini merupakan liburan yang sempurna jika Anda ingin melepas kepenatan sambil menikmati panorama alam yang menakjubkan.

✦ Pantai yang indah

Air lautnya yang biru jernih membuat Pulau Sirandah sangat cocok dikunjungi saat musim panas. Wisatawan bisa bermain air dan berenang-renang. Di musim panas Anda bisa melihat ikan-ikan hias menari-nari di atas terumbu karang. Tidak jarang gerombolan hiu kecil mengunjungi pulau ini.

Terumbu karang di sana juga menjadi alasan utama mengapa banyak wisatawan datang ke sini. Terumbu karang Indonesia yang merupakan habitat alami berbagai biota laut yang unik. Jangan sampai wisatawan melewatkan kesempatan untuk berenang dan menikmati keindahan bawah laut Sirandah.

✦ Susana Wisata yang masih asri

Keindahan alam yang mempesona menjadi faktor yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Pulau ini jauh dari perkotaan sehingga udaranya masih sejuk dan lingkungannya bersih. Ditambah jernihnya air laut, serasa seperti turis di Maladewa. Oleh karena itu, tak heran jika banyak penyelam yang datang ke sini untuk menikmati opera bawah laut Sirandah.

✦ Kura-kura Raksasa

Berkunjung ke sini, wisatawan akan menjumpai “kura-kura raksasa”. Bukan penyu sungguhan melainkan pulau yang bentuknya mirip penyu. Bahkan bisa dikatakan sangat mirip dengan penyu aslinya. Bagian tengah pulau dipenuhi perbukitan dengan pepohonan rimbun yang membentuk siluet seperti kulit penyu. Sedangkan kepala penyu dipahat dari susunan batu yang menyerupai penyu aslinya.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat di Pulau Sirandah PadangFoto: Google Maps/Shukraan Jazeelan

Pulau Sirandah, permata tersembunyi di selatan Teluk Kabung, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat hanya 6 km dari Bandara Minangkabau dan 2 jam perjalanan dari kota Padang. Bagi wisatawan luar pulau, dapat berkendara melalui kota tua Padang dan berangkat dari pelabuhan Muaro. Jalur alternatif lainnya adalah melalui kawasan Bungus.

Dari Bandara Internasional Minangkabau lanjutkan perjalanan menuju pusat kota hingga menemukan Angkot, dari situ Anda bisa mengakses kawasan Bungus. Di Bungus, wisatawan bisa menemukan berbagai perahu wisata yang bisa menuju Sirandah dengan harga Rp 250.000.

Biaya tur pulau

Biaya masuknya sendiri tidak berlaku di pulau ini. Pengunjung diperkirakan akan mengeluarkan biaya tambahan untuk akomodasi, transportasi dan berbagai wahana air yang ditawarkan. Untuk menekan harga, sangat disarankan untuk membeli paket wisata Sirandah khusus.

aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau Sirandah PadangFoto: Unsplash/Fajrina Adella

Wisatawan akan puas bila berkunjung ke pulau ini karena berbagai aktivitas ditawarkan kepada wisatawan yang datang. Panorama pulau yang indah dan indah serta birunya air laut di sekelilingnya. Jadi jika Anda datang ke pulau ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba hal-hal berikut ini.

1. Berenang

Berbeda dengan ombak di Laut Jawa, ombak di laut Pulau Sirandah tergolong sangat tenang. Bahkan ombak di sini lebih mirip ombak kecil. Bersantai dan berenang di Pantai Sirandah adalah suatu keharusan. Karena jalan setapak kayu menghubungkan pantai dengan laut, banyak wisatawan yang memilih untuk langsung melompat dan menyelam.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati perosotan di sini seperti di taman air. Selain itu perosotan ini sangat besar dan berkelok-kelok. Perasaan meluncur langsung ke air biru laut menanti Anda. Pacu adrenalin Anda dengan menaiki perosotan ini lalu meluncur langsung ke laut.

2. Ciri-ciri perairan di Pulau Sirandah

Selain berenang, rombongan juga bisa menikmati keindahan Laut Sirandah dengan bermain permainan air. Pacu adrenalin Anda dengan jet ski yang membawa Anda keliling pulau, atau bersenang-senang bersama keluarga di banana boat dan donut boat.

Namun, jangan khawatir jika Anda datang sendiri. Pengelola akan mencocokkan wisatawan dengan kelompok lain. Pasalnya banana boat dan donut boat minimal harus menampung lima orang agar bisa melaut.

3. Snorkeling

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keindahan bawah laut Sirandah menjadi daya tarik tersendiri. Nikmati keindahan bawah laut dengan peralatan snorkeling yang disediakan pihak pengelola. Alat ini memungkinkan wisatawan menyelam beberapa meter di bawah laut. Nikmati dan saksikan opera laut yang disuguhkan berbagai makhluk laut di Sirandah.

Padahal tempat ini kalah dengan Pulau Pagang dan Pamutusan. Meski demikian, tempat ini tetap memiliki daya tarik tersendiri. Nikmati waktu para wisatawan menyelam dan mengambil foto di bawah air. Pulau Sirandah dianggap sebagai destinasi yang cocok untuk snorkeling.

4. Menjelajahi kura-kura raksasa

Pulau yang bentuknya mirip penyu raksasa ini letaknya persis di belakang Sirandah. Bentuk Pulau Sirandah yang menyerupai penyu yang sedang merayap membuat pulau ini mendapat julukan “Pulau Penyu” di kalangan penduduk setempat. Berbentuk seperti kepala kura-kura, formasi batuan ini benar-benar terlihat seperti kura-kura.

Tumbuhan rindang di tengahnya juga membentuk cangkang penyu. Di sini juga terdapat jalur trekking menuju Pulau Penyu, sehingga wisatawan tidak perlu basah kuyup untuk sampai ke sini. Akses jalan juga sudah dilengkapi petunjuk arah sehingga tidak perlu khawatir tersesat.

Daya tarik utama dari kura-kura raksasa ini tentu saja adalah kepalanya yang terbuka. Namun, untuk dapat memotret dengan latar belakang estetika ini, wisatawan harus melakukan upaya khusus. Pasalnya tak sedikit yang mengantri untuk berfoto dengan latar belakang pulau penyu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau Sirandah PadangFoto: Google Maps/M Rama Fitra Buana

Fasilitas lengkap dan kenyamanan tinggi menanti setiap wisatawan di pulau ini. Terdapat berbagai paviliun untuk relaksasi dan toilet. Selain itu, tersedia akomodasi bagi yang ingin bermalam. Tak perlu repot lagi ke kantin, sudah banyak warung yang menjual berbagai masakan seafood khas Padang dengan rasa yang sesuai dengan selera Anda.

Keindahan pulau ini tidak ada batasnya. Pulau Sirandah menjadi destinasi liburan yang cocok jika wisatawan penat dengan suasana perkotaan yang penat. Gradasi warna air laut yang kontras dengan putihnya pasir pantai meninggalkan kesan yang kuat di pikiran. Lepaskan segala beban dan nikmati panorama serta aktivitas menyenangkan di pulau ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button