Tempat Wisata

Pulau Untung Jawa: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Apakah Anda merasa terkekang dengan keseharian di ibukota atau daerah lain di Jabodetabek? Salah satu tujuan wisata yang direkomendasikan adalah pulau Untung Jawa. Ada berbagai jenis tempat yang manis, elegan, lengkap dan ketat.

Pulau ini dianggap sebagai pulau yang paling mudah diakses dari daratan Jakarta dan Tangerang. Meski dekat dengan kota, suasana alam di pulau ini masih cukup terjaga. Pengunjung akan disambut dengan pasir putih dan air laut hijau yang bersih.

Lokasi pulau Untung Jawa

Pulau Untung JawaPulau Untung Jawa Sumber: instagram.com/nopitttt/

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau di Gugusan Kepulauan Seribu. Tepatnya di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu Selatan.

Tiket Masuk Pulau Untung Jawa

  1. Tiket Masuk Pulau Untung Jawa: Gratis
  2. Paket Tour “Via Marina Ancol”: Rp600.000 – Rp800.000

(Diperbarui Maret 2023)

Jam Operasional Pulau Untung Jawa

Pulau eksotis di Kepulauan Seribu ini bisa dikunjungi kapan saja. Karena jam buka cukup fleksibel, berlaku 24 jam.

Peta pulau Untung Jawa

Akomodasi di dekat pulau Untung Jawa

Sewa perahu ke Pulau Untung Jawa

Tak sedikit pula pengunjung yang berlibur lebih lama juga melakukan perjalanan lebih lama di pulau ini. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan penginapan terdekat. Jangan khawatir, pulau ini sudah memiliki homestay dan hotel dengan harga yang berbeda-beda.

Pulau ini memiliki 220 homestay dengan total 51 pemilik. Keluarga tuan rumah itu sendiri dikelola oleh pemerintah kota setempat.

Tempat menarik di pulau Untung Jawa

Foto dari Pulau Untung JawaFoto Pulau Untung Jawa Sumber: instagram.com/eko.buddy/

Sebagai salah satu Eksotik Kepulauan Seribu, pulau ini memiliki beragam tempat menarik diantaranya sebagai berikut.

1. Hutan bakau yang indah

Pemandangan hutan di pulau Untung

Lingkungan di pulau ini terlihat sangat indah. Salah satu tandanya adalah adanya hutan bakau indah yang tumbuh lebat. Hutan bakau atau bakau merupakan bagian dari ekosistem pulau yang harus dilestarikan.

2. Keunikan desa Jepang

Di sekitar pulau ini terdapat sebuah kawasan yang disebut Desa Jepang. Disebutkan karena ada sebuah tempat bernama Pantai Sakura. Tempat wisata ini cukup ikonik dan membuat mengunjungi pulau Untung Jawa semakin menarik.

4. Wisata Konservasi

Pengunjung juga bisa mengikuti wisata konservasi yang berlangsung di Pulau Rambut. Lokasi objek wisata ini tidak terlalu jauh dari Pulau Untung Jawa sehingga bisa menjadi spot foto yang menarik.

5. Wisata Sejarah

Pulau ini tidak jauh dari Pulau Onrust. Pulau ini terkenal dengan wisata sejarahnya yang menarik. Jadi Anda semua bisa mampir untuk menikmati pengalaman wisata yang tidak berulang.

Fasilitas di Pulau Untung Jawa

Wisata Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu destinasi yang terus dikembangkan oleh pengelolanya. Tak heran jika fasilitas di pulau ini sangat memadai. Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan fasilitas standar seperti toilet dan mushola.

Total ada 12 unit jamban yang memadai dan dibangun atas inisiatif masyarakat dan pemerintah. Selain itu, di sekitar pulau juga terdapat kamar kecil untuk pengunjung yang berenang di pulau.

Pulau Untung Jawa dikenal memiliki tempat dan fasilitas yang cukup lengkap. Masyarakat memiliki potensi ekonomi kreatif terutama berupa masakan, fashion dan kerajinan tangan. Jadi, berwisata ke pulau ini tidak hanya tentang potensi wisata yang berhubungan dengan alam saja, tetapi juga banyak hal menarik yang bisa dilakukan.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pulau Untung Jawa

Keindahan Pulau Untung JawaPulau Untung Jawa Sumber: instagram.com/anjull.27/

Liburan ke Kepulauan Seribu tidak akan membosankan. Salah satunya jika Anda memilih Pulau Untung Jawa sebagai tujuan wisata Anda. Di pulau ini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, yaitu:

1. Menikmati panorama pantai

Menikmati panorama pantai di pulau Untung Jawa

Saat pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini, Anda langsung disambut dengan prospek pantai yang bersih. Selain itu, pasir pantainya masih terasa begitu halus di pulau ini.

Tak heran jika bermain di pantai bisa menjadi hal yang menyenangkan. Ada berbagai jenis karang di pulau ini yang begitu indah dipandang.

2. Snorkling

Perairan di Pulau Untung Jawa kondisinya cukup baik. Anda juga bisa snorkeling dan menyelam sambil menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa. Di perairan pulau ini, kekayaan baharinya tak terbantahkan.

Selain itu, kondisi airnya juga masih jernih. Pengunjung yang snorkeling atau menyelam bisa melihat dengan jelas di bawah perairan pulau ini.

3. Naik banana boat

Naik banana boat di Pulau Untung Jawa

Cara mudah untuk menjelajahi pulau ini adalah dengan menaiki banana boat. Speedboat ini bisa menjadi akomodasi yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan pulau dari berbagai sisi. Anda bisa menyewa banana boat di tempat persewaan yang disediakan.

4. Mainkan jet ski

Bagi yang menyukai olahraga air, jet ski bisa menjadi pilihan yang tepat. Kondisi air di pulau ini juga bagus untuk bermain jet ski.

Itinerary ke Pulau Untung Jawa

Salah satu itinerary yang paling mudah dijangkau wisatawan adalah menuju Dermaga Kali Adem Muara Angke, Tanjung Pasir atau Dermaga Ancol.

Dari ibu kota, wisatawan bisa masuk melalui tol Bandara Soekarno Hatta, kemudian melalui tol Tegal Alur. Setelah itu ikuti rute berikut: Rawa Bokor → Dadap Kosambi → Kampung Melayu → Tanjung Pasir.

Jalur laut menuju pulau ini hanya memakan waktu 1 jam. Anda bisa menggunakan penyeberangan kapal motor jika menyiapkan budget Rp 50.000 per orang.

Bagi yang berangkat dari Muara Angke bisa menggunakan kapal penyeberangan bermotor dengan biaya sewa sekitar Rp 40.000 per orang.

Berwisata ke pulau Untung Jawa bisa menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu liburannya di sini. Selain pemandangannya yang eksotis, wisata air di sana sangat beragam sehingga wisatawan tidak akan bosan.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button