Tempat Wisata

Pulau Wakatobi: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pulau Wakatobi merupakan salah satu kekayaan laut Indonesia yang tak terhindarkan. Pada dasarnya destinasi wisata ini merupakan sebuah kabupaten yang terdiri dari empat pulau. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko.

Semua pulau di wilayah ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Semuanya terlihat menarik dan enak dipandang. Anda tidak akan menyesal jika datang ke pulau ini.

Lokasi pulau Wakatobi

Pulau WakatobiPulau Wakatobi Sumber: instagram.com/itdp.p3tb/

Seperti namanya, Pulau Wakatobi terletak di Pulau Wakatob di Provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di tanah air dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Tiket Masuk Pulau Wakatobi

Seperti disebutkan di atas, pulau ini adalah taman nasional. Biaya masuk untuk memasuki Taman Nasional Wakatobi adalah:

  1. Biaya masuk ke Pulau Wakatobi: Rp 160.000.

(Diperbarui Maret 2023)

Jam Operasional Pulau Wakatobi

Siapapun yang ingin mengunjungi pulau ini sebenarnya bisa mengunjunginya kapan saja. Karena pulau eksotis ini buka 24/7. Namun, Anda juga dapat menyesuaikannya saat memesan paket perjalanan.

Tempat menarik di Pulau Wakatobi

Foto pulau WakatobiFoto Pulau Wakatobi Sumber: instagram.com/ammhie_jie/

Keempat pulau di Pulau Wakatobi memiliki keistimewaan masing-masing. Beberapa objek wisata di pulau ini adalah sebagai berikut.

1. Pulau Wangi Wangi

Pemandangan Wakatobi dari atas

Pulau ini terkenal dengan resornya yang indah dan keindahan pulaunya. Walaupun harga sewa sebuah resort cukup tinggi, namun akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkannya. Pulau ini juga merupakan tempat yang menarik untuk menyelam.

Hal ini dikarenakan kondisi airnya yang masih sangat jernih. Penyewaan peralatan scuba juga sangat mudah ditemukan sehingga Anda tidak perlu repot mencarinya.

2. Pulau Kaledupa

Kaledupa di Wakatobi

Pulau ini terkenal dengan karang mejanya yang dapat tumbuh hingga berukuran 3 meter. Tak heran jika pulau ini bisa menjadi spot foto yang menarik bagi pengunjung.

3. Pulau Binongko

Pulau Binongko merupakan pulau terbesar di antara pulau-pulau lain di Wakatobi. Nama lain dari pulau ini adalah Blacksmith’s Island. Ini bukan tanpa alasan, tetapi karena banyak orang di sekitarnya adalah pandai besi. Mereka menghasilkan banyak barang logam yang bisa diperdagangkan.

4. Taman Nasional Wakatobi

Tentunya ketika anda berkunjung ke pulau ini anda juga harus menikmati keindahan Taman Nasional Wakatobi itu sendiri. Taman nasional ini diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1996. Luasnya cukup besar yaitu sekitar 1,39 juta hektar.

fasilitas di Wakatobi

Banyak yang beranggapan bahwa taman nasional ini adalah surganya para pecinta diving. Menyelam di Taman Nasional Wakatobi akan memikat setiap penyelam. Bagaimana tidak, kekayaan laut pulau ini tak terbantahkan.

Ada 112 spesies terumbu karang yang terpelihara dengan baik di pulau ini. Selain itu, pengunjung akan dibuat takjub oleh lebih dari 800 spesies karang, kerang, dan makhluk laut. Beberapa di antaranya bahkan endemik.

5. Pulau Tomia

Berbeda dengan pulau-pulau lain di Wakatobi, Pulau Tomia adalah salah satu yang paling jarang dijelajahi. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai pulau ini sekitar 3 jam dari Pulau Wangi-Wangi.

Durasi perjalanan yang cukup panjang, namun perjalanan panjang tersebut akan terbayar dengan pemandangan perairan yang menakjubkan. Beberapa tempat menyelam di Tomia yang sudah terkenal di mancanegara adalah Ali Reef, House Reef, Maya Bay, Cornucopia, Rome dan lain sebagainya.

Bicara soal Cornucopia, tempat menyelam ini spesial karena pengunjung akan menemukan tembok vertikal yang tinggi di sini. Bahkan tingginya mencapai 20-55 meter. Ikan kecil yang cantik di dalamnya benar-benar memanjakan mata.

Tak heran banyak yang ingin berlama-lama di tempat menarik ini. Selain itu, jarak pandang yang jauh sangat membantu bagi yang suka berfoto.

Situs menyelam lain untuk dinikmati adalah Roma. Anda akan menemukannya di sisi barat Pulau Tomia, jadi letaknya tidak terlalu jauh. Kedalamannya mencapai 15-25 meter, sehingga relatif aman bagi yang hobi menyelam.

Pengunjung akan terkagum-kagum dengan warna-warni terumbu karang. Berbagai jenis ikan berenang di antara terumbu karang yang indah dan eksotis.

Itinerary ke Pulau Wakatobi

Keindahan Pulau WakatobiPulau Wakatobi Sumber: instagram.com/purbamarganatravels/

Pada dasarnya, Anda bisa mencapai Wakatobi melalui jalur darat atau udara. Jika memilih jalur darat, pengunjung harus terlebih dahulu menyeberangi laut. Jika tidak ingin menyeberangi lautan, alternatifnya adalah terbang.

Jika datang dengan pesawat, pengunjung bisa menggunakan pesawat untuk naik di Ujung Pandang. Penerbangan dapat dipesan langsung ke Wakatobi. Bandaranya ada di Pulau Wakatobi dan yang terdekat ada di Pulau Wangi-Wangi. Rute tersebut dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit.

Bandara Wakatobi

Sedangkan jalur darat bisa diakses dengan melintasi laut dari Kendari ke Bau-Bau. Anda bisa menggunakan speedboat yang disewa dua kali sehari.

Setibanya di Bau-Bau, Anda bisa menuju Lasalimu dengan sepeda motor. Perjalanan speedboat memakan waktu sekitar dua jam. Perjalanan speedboat ke Pulau Wangi-Wangi memakan waktu sekitar satu jam.

Jika Anda sudah sampai di Wangi-Wangi, berarti Anda sudah berada di Pulau Wakatobi. Mengingat pulau tersebut merupakan pintu gerbang ke eksotisan Pulau Wakatobi.

Bagaimana tertarik untuk berlibur di Pulau Wakatobi? Destinasi wisata ini begitu indah untuk dipandang. Bahkan tidak hanya wisatawan lokal saja yang tertarik mengunjungi pulau ini, Pulau Wakatobi sudah terkenal di mancanegara.

Selain berstatus sebagai taman nasional, keindahan bahari pulau ini tentunya juga harus dilestarikan. Sehingga generasi penerus tetap bisa menikmati keindahannya yang mempesona.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button