Berita Wisata

Ridwan Kamil Resmikan Wisata Situ Gede di Kota Bogor

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan destinasi wisata Situ Gede di Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil meresmikan salah satu danau Situ Gede di Kabupaten Bogor Barat Kota Bogor. Salah satu destinasi wisata milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sedang direvitalisasi dengan anggaran Rp 7 miliar.

“Silakan manfaatkan Situ Gede yang sudah direvitalisasi oleh provinsi sebesar Rp 7 miliar untuk peningkatan ekonomi pariwisata,” kata Emil di tempat, Kamis (19/1/2023).

Situ Gede merupakan danau alami di kawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbang). Setelah direvitalisasi, Situ Gede kini memiliki wahana air, jogging track, rest area dan warung makan yang tersedia di sekitar danau.

“Ke depan bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan tempat khusus ini, dan tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena masyarakat yang datang ke kota Bogor memiliki niat kuliner dan wisata. Tak heran banyak kota di Jawa Barat yang padat penduduknya memiliki danau istimewa ini,” ujarnya.

Menurut Emil, masih banyak danau atau telaga di Jabar yang perlu diberdayakan dengan potensi fungsional dan lainnya. Ia berharap peresmian Situ Gede dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Politisi Golkar itu juga berpesan kepada Walikota Bogor untuk meningkatkan dan meningkatkan potensi wisata Situ Gede. “Bawa ke juru kunci, aktifkan, hidupkan kegiatan Agustus, Cap Go Meh semua yang berhubungan dengan air perahu naga dan semacamnya. Saya kira itu akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa berbasis air,” ujarnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar Dicky Ahmad Sidik mengatakan, dengan kesepakatan yang dicapai, Pemprov Jabar yakin daerahnya bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Memang lokasi Situ Gede dekat dengan perkotaan, kawasan pendidikan seperti IPB University dan aksesnya juga mudah dijangkau.

Ia menjelaskan, Situ Gede merupakan interkoneksi danau-danau di sekitarnya yang berada di Desa Situ Gede, Kabupaten Bogor Barat. Diantaranya adalah Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan Situ Gede merupakan upaya konservasi sumber daya air dan pengendalian banjir.

“Ruang lingkup pekerjaan tahun anggaran 2021 di lokasi ini meliputi pekerjaan persiapan, areal parkir, pedestrian zone, plaza, jogging track, gapura, landscape, shelter, toilet, mushola, selfie point, sumber daya air (perbaikan dan pengerukan). tanggul on site/ Normalisasi Situ Gede),” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button