Berita Wisata

Rute menuju wisata istana pusaka, dekat kota Solo dan Anda bisa naik bus umum

KOMPAS.com – Ada tempat wisata ala Eropa yang bisa dikunjungi wisatawan di dekat Kota Solo.

Tempat wisata tersebut adalah Istana Pusaka yang dulunya merupakan pabrik gula. Kini pabrik gula tua bergaya Eropa klasik ini disulap menjadi tempat wisata yang Instagrammable

dilaporkan Kompas.comPada Senin (01/02/2023), bangunan Heritage Palace merupakan bekas Pabrik Gula di Gembongan peninggalan Koloni Belanda yang didirikan pada tahun 1899. Kedua belas pabrik gula ini mulai dijadikan tempat wisata pada 9 Juni 2018.

Baca Juga: The Heritage Palace: Harga Tiket, Jam Buka & Fasilitas

Kini wisatawan bisa melihat spot foto unik dalam bentuk tiga dimensi. Selain itu, ada museum transportasi yang berisi mobil antik dan wahana jungkir balik.

Wisatawan bisa datang mulai pukul 09:00 WIB hingga 16:30 WIB. Pengunjung yang sudah masuk masih bisa menjelajah hingga pukul 19.00 WIB.

The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan tempat wisata di sebuah bangunan klasik bergaya Eropa yang merupakan bekas pabrik gula Dermaga. Instagram @theheritagepalace The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata bangunan bergaya Eropa klasik bekas pabrik gula

Harga tiket masuknya Rp 30.000 per orang untuk bagian outdoor. Untuk domestik, Rp 55.000 pada hari kerja dan Rp 65.000 pada hari libur nasional.

Heritage Palace tepatnya berada di Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Meski berada di Kabupaten Sukoharjo, namun lokasi tempat ini tidak jauh dari Kota Solo. Dari stasiun Purwosari jaraknya hanya 6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Baca juga: Kebun Binatang Jurug di Kota Solo Dibuka Kembali Akhir Januari 2023

Dari Stasiun Purwosari, Anda harus mengikuti jalan satu arah terlebih dahulu, lalu berbelok di lampu lalu lintas untuk naik Flyover.

Setelah itu, lurus saja dan ikuti jalan utama Solo ke arah barat. Lurus terus hingga melewati Transmart Pabelan di kiri jalan.

Nanti di perempatan traffic light setelah Transmart Pabelan, belok kanan. Lanjutkan, maka perjalanan Anda akan tiba di Istana Pusaka.

Baca juga: Kisah Loji Gandrung di Solo yang Jadi Lokasi Download Mantu Kaesang

Anda bisa naik bus umum menuju ke sana, yaitu menggunakan Batik Solo Trans (BST) dan turun di perempatan merah, lalu jalan kaki menuju Heritage Palace.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button