Tempat Wisata

Sentul Paradise Park, wisata air populer dengan panorama air terjun Bidadari di Bogor

harga tiket: Rp 20.000 Waktu aktif: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Saat liburan tiba, sebagian orang membuat daftar kunjungan wisata untuk mengisi hari yang kosong. Salah satu tempat yang banyak dikunjungi pasangan suami istri ini biasanya memiliki wahana permainan. Oleh karena itu, Sentul Paradise Park bisa masuk dalam daftar kunjungan saat ini. Bukan tanpa alasan Anda akan menemukan beberapa objek wisata di satu tempat di Bogor.

Obyek wisata Sentul Paradise Park berdiri di atas lahan seluas 200.000 meter persegi yang dikelilingi oleh hutan lindung. Kawasan ini dulunya merupakan hutan lindung, namun PT. Sentul City TBK telah mengubahnya menjadi taman wisata yang menyenangkan dan layak untuk dikunjungi. Bangunannya cukup unik, perpaduan antara keindahan alam dan unsur modern.

Anda dan keluarga bisa berenang di kolam buatan atau sekedar bermain air. Kedalamannya ada dua yaitu untuk anak-anak dengan kedalaman 30 cm, kemudian untuk dewasa dengan kedalaman 1,5 meter. Namun bukan itu yang utama, keberadaan air terjun bernama Curug Bidadari membuat tempat wisata yang satu ini selalu ramai saat akhir pekan tiba.

Daya tarik Sentul Paradise Park

Daya tarik Sentul Paradise ParkKredit foto: Google Maps Daniel Rianto Ratu

Setiap destinasi wisata wajib untuk dikunjungi karena memiliki daya tarik tersendiri, begitu pula dengan Sentul Paradise Park. Seperti yang disebutkan, Anda mendapatkan banyak atraksi di satu tempat. Maksud kamu apa? Berikut ulasan detailnya!

1. Air Terjun Malaikat

Sepintas disebutkan bahwa objek wisata yang dikelola PT. Sentul memiliki air terjun yang indah sebagai daya tarik utamanya. Curug Bidadari bukan sekedar air terjun biasa, tapi ada cerita mengapa nama itu diadopsi. Terlepas dari benar atau tidaknya, lebih baik tetap menjunjung tinggi dan menghormati kepercayaan warga setempat tersebut.

Pelangi sering muncul di air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini. Mitos mengatakan bahwa pelangi yang muncul adalah jembatan bagi bidadari untuk turun ke bumi dan menyucikan diri di kolam. Dari sinilah nama Curug Bidadari yang akrab di telinga banyak wisatawan berasal. Ada juga tujuh pancuran bambu alami di sebelah air terjun. Konon pancuran tersebut digunakan oleh ketujuh bidadari turun dari kahyangan hingga akhirnya dikenal dengan Pancuran 7 Malaikat.

2. Keindahan alam memadukan konsep modern

Secara umum, air terjun adalah wisata alam murni. Berbeda dengan Air Terjun Bidadari yang berada di kawasan elite Sentul Paradise Park. Air terjun tersebut dimodifikasi dengan tujuan menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan. Contohnya adalah kolam di bawah air terjun. Kolam tersebut telah mengalami proses penggalian sehingga membentuk sebuah kolam renang dengan desain modern.

Selain itu, di sekitar lokasi terdapat bangunan yang juga mengusung konsep modern seperti kabin, restoran, dan fasilitas yang tersedia. Meski begitu, keindahan alam tempat yang berada di ketinggian 215 – 500 mdpl ini masih sangat terasa. Karena lingkungannya masih alami, tidak ada perubahan.

3. Belah batu

Saat menggali kolam di bawah air terjun, ditemukan batu besar dan cukup tinggi. Batu tersebut menghalangi akses wisatawan untuk memasuki lokasi air terjun. Pengelola membangun jalan berupa jembatan di tengah-tengah batu dengan cara membelahnya. Karena itulah, batu di dekat Air Terjun Bidadari disebut batu belah.

Pada akhirnya, batu yang terbelah dengan kekuatannya di tengah kolam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pancaran air dari air terjun tidak sampai ke batu karang, namun sangat indah dari kejauhan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Atraksi di Sentul Paradise ParkKredit foto: Google Maps Yoshifumi Iwata

Sebaiknya Anda menuliskan alamat salah satu tempat wisata yang ada di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Untuk sampai ke tempat tersebut Anda perlu mencari rute yang benar agar tidak salah jalan. Menggunakan peta di internet tidak cukup membantu sehingga Anda bisa tersesat, seperti kebanyakan kasus akhir-akhir ini.

Sebenarnya cukup mudah untuk menuju ke sana karena kawasan Sentul cukup luas dan mudah ditemukan. Namun sayangnya jalan yang harus dilalui tidak selalu bagus, terkadang terdapat lubang di tengah jalan. Namun, sebagian besar jalan diaspal, jadi satu kekhawatiran dihilangkan.

Jika Anda dari arah Jakarta, masuk ke Tol Jagorawi dan lanjutkan ke Gerbang Tol Sentul Selatan. Lanjutkan dengan belok kiri, jalan lurus dan belok kiri lagi. Dari situ Anda bisa mengikuti rambu-rambu untuk sampai ke lokasi wisata.

Apalagi jika menggunakan angkutan umum, silakan turun di halte Bogor. Naik angkot jurusan Tajur Ciawi, lalu turun dan naik angkot lagi jurusan Cisarua. Tolong beritahu driver untuk turun di tempat wisata Sentul Paradise Park.

Biaya masuk ke objek wisata

Biaya masuk ke Santul ParadiseKredit Foto: Google Maps Annie Kitta Fashion

Seperti tempat wisata pada umumnya, ada harga tiket yang harus dibayar. Kali ini cukup bagus dibandingkan dengan pesona air terjun di tempat lain. Untuk hari biasa, siapkan uang untuk membeli saklar seharga 20.000 rupiah. Namun pada hari Minggu harganya sedikit lebih mahal yaitu 25.000 rupiah. Lain halnya dengan hari libur nasional sebesar 30.000 rupiah per orang. Anak-anak di bawah 5 tahun bebas masuk, atau gratis dengan fasilitas yang sama.

Aktivitas menarik di Sentul Paradise Park

Aktivitas menarik di Sentul Paradise ParkSumber gambar: Twitter Wisata Lintang Buana

Pasti ada yang bertanya kegiatan menarik apa yang bisa dilakukan di tempat ini! Padahal, saat mengunjungi tempat wisata di Bogor, ada hal yang tak kalah menarik untuk dilakukan. Sebenarnya bukan hanya tentang air terjun Bidadari saja, masih banyak lagi.

1. Berenang di Kolam Air Terjun Bidadari

Kehadiran kolam renang memang didesain khusus bagi pengunjung yang ingin berenang. Meski merupakan kolam buatan, airnya masih asli pegunungan. Jadi jangan heran jika Anda merasa kedinginan saat pertama kali menceburkan diri. Untuk anak-anak juga terdapat kolam khusus dengan kedalaman yang cukup dangkal.

Lebih seru lagi jika menyewa pelampung besar yang bisa ditumpangi, hampir seperti perahu. Jangan khawatir ditabrak pengunjung lain, kolam buatan ini cukup luas, sekitar 6.400 meter persegi.

2. Bermain air dan pasir di pantai buatan

Kegiatan berenang yang membosankan bisa diselingi dengan fitur air yang sederhana. Menariknya, Anda dan keluarga bisa bermain pasir di pantai buatan tersebut. Lokasinya tepat di bawah air terjun pasir putih Bangka. Layaknya di pantai, Anda bisa menggunakan percikan air dari air terjun untuk membangun bangunan dari pasir.

Ada juga 7 pancuran yang bisa digunakan sebagai fitur air sederhana. Sebagian besar pengunjung menggunakan pancuran untuk membersihkan diri setelah berenang. Anda juga bisa mandi di kolam mata air, kolam dengan mata air yang mengalir. Yang unik adalah terdapat batu besar berbentuk lingkaran di tengah kolam.

3. Rubah terbang

Aktivitas menarik di Sentul Paradise ParkKredit foto: Google Maps Herman Syah

Di sebelah air terjun terdapat permainan yang menguji adrenalin bernama Flying Fox. Ajaklah anak-anak untuk bersaing memperebutkan keberanian dengan permainan tersebut. Tidak berbahaya karena memenuhi standar keamanan yang dinyatakan. Merasakan keindahan air terjun saja sudah lebih menakjubkan karena posisinya yang cukup tinggi.

4. Spot foto yang menarik

Salah satu aktivitas seru yang layak dilakukan di wisata Sentul Paradise Park adalah fotografi. Hal yang satu ini wajib untuk mengabadikan momen liburan bagi semua orang. Ada banyak tempat menarik, misalnya tepat di bawah air terjun, di mana semburan air yang cukup deras turun.

Ada juga spot foto khusus yang dibangun oleh pengelola yang berdiri di samping air terjun. Latar belakang yang dijepret cukup pas untuk membuat hasil foto semakin indah, yakni air terjun cantik yang diselimuti hutan lindung.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Alamat Sentul Paradise ParkSumber gambar: Google Maps Eko Timbul

pt. Sentul City tentunya tidak ingin mengecewakan pengunjung yang datang ke lokasi. Untuk itulah mereka menawarkan perlengkapan yang cukup lengkap. Fasilitas utamanya adalah tempat ibadah, toilet dan juga tempat parkir.

Untuk fasilitas pendukungnya, pengunjung bisa bersantai di paviliun sambil menikmati bekal makanan yang dibawa. Jika tidak membawa bekal makanan, banyak warung yang disebut warung kuliner. Berbagai macam makanan bisa kamu dapatkan di sana, terutama makanan khas Bogor, Jawa Barat.

Selalu menyenangkan mengisi liburan dengan mengunjungi objek-objek wisata. Apalagi tempat-tempat yang dikunjungi menawarkan keindahan alam berupa pegunungan dan air terjun, seperti yang ada di Sentul Paradise Park. Namun alangkah baiknya bila segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik, mulai dari kendaraan hingga dana dan kondisi bodi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button