Tempat Wisata

Situ Wanayasa, tempat wisata alam yang indah dan eksotis di Purwakarta

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab.Purwakarta, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Apakah Anda menghabiskan liburan Anda di Jawa Barat? Jika iya, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata Situ Wanayasa di Purwakarta. Dengan keindahan alam yang masih asri, tempat ini menawarkan berbagai pesona yang akan membuat siapapun ketagihan untuk melihatnya. Pengunjung juga bisa menikmati aktivitas seru sambil menyantap hidangan lezat di sekitar danau. Mari kita simak lebih dekat ulasannya sebagai berikut.

Mengenal indahnya danau di Purwakarta

Mengenal indahnya danau di PurwakartaKredit foto: Instagram Deni Image

Berkunjung ke Jawa Barat tidak lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata alam yang mempesona. Salah satu yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati waktu liburan seru adalah Situ Wanayasa. Di tempat ini, Anda akan disuguhi sebuah danau yang membentang luas dan terletak di sebuah pulau.

Selain keunikan tersebut, ternyata Anda bisa menemukan hal menarik lainnya, yaitu makam kuno. Konon di sana terdapat makam seorang pendekar legendaris, RA Suriawinata. Tokoh ini cukup terkenal sebagai salah satu orang yang terlibat dalam berdirinya Purwakarta.

Selain sebagai salah satu pendiri kota Purwakarta, ternyata ia juga menjabat sebagai Bupati Karawang kesembilan. Setelah itu beliau wafat sekitar tahun 1827 dan dimakamkan di sekitar Situ Wanayasa. Untuk itu, tempat ini tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga tempat ziarah.

Yang lebih menarik, ada sedikit cerita tentang pembentukan danau ini. Kata Situ Wanayasa berasal dari kata Wana, yang berarti Leuweung atau hutan. Sedangkan Yasa berasal dari bahasa sunda, soft didamel, artinya dijadikan kampung. Jadi arti dari Situ Wanayasa adalah hutan yang berubah menjadi desa.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi cerita menarik tentang pembuatan situs ini yang diceritakan oleh beberapa warga sekitar. Namun, terlepas dari apa yang dikatakan banyak orang, tempat yang satu ini tidak pernah sepi dari penduduk lokal, bahkan turis dari luar, untuk dijadikan destinasi liburan yang menarik.

Selain cerita-cerita tersebut, masih banyak cerita dan mitos misterius yang beredar di sekitar tempat yang satu ini. Tak jarang ada yang mengatakan bahwa kawasan wisata ini cukup mempesona dan penuh dengan cerita mistis. Alih-alih takut, pengunjung menjadikan ini sebagai alasan untuk mengunjungi dan merasakan keindahannya.

Daya Tarik Situ Wanayasa

Atraksi Situ WanayasaSumber gambar: Google Maps Adek Sutarto

Situ Wanayasa adalah tempat yang paling cocok sebagai referensi liburan di Jawa Barat khususnya di daerah Purwakarta yang menyenangkan. Lokasi tersebut memiliki sejumlah pesona yang sangat menarik dengan pemandangan yang indah karena banyak terdapat pepohonan rindang di sekitar danau.

Panoramanya semakin indah karena terdapat danau yang cukup luas dengan latar belakang Gunung Bungarang yang megah. Tak berhenti sampai di situ, pulau yang satu ini juga ditumbuhi deretan pohon pinus. Hal ini membuat suasana di sekitar lokasi menjadi lebih sejuk dan segar.

Destinasi ini lebih unik karena ada pulau di tengah tempat RA makan. Suriawinata. Ia menjadi pendiri Purwakarta sekaligus sosok Bupati Karawang yang wafat pada tahun 1827. Meski terdapat makam, namun nuansa tempat ini jauh dari kata seram karena pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru.

Tidak hanya pemandangan dan kuburan orang-orang terkenal yang membuat tempat ini tak terlupakan. Karena ada juga wahana air yang patut dicoba wahana seru di Purwakarta. Situs tersebut sebenarnya didesain oleh pengelola untuk mendukung aktivitas para pengunjung yang hadir.

Tempat wisata ini dikenal sebagai salah satu tempat memancing terbaik bagi mereka yang memiliki hobi memancing. Di danau Anda akan menemukan berbagai ikan yang bisa ditangkap. Belum lagi ada juga beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di kawasan Situ Wanayasa, yaitu Air Terjun Cipurut dan Pemandian Air Panas Ciracas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat situs WinayasaKredit foto: Instagram Purwakarta Endah

Bagi anda yang berniat mengunjungi situs Situ Wanayasa, anda bisa mampir di alamat Wanasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Lokasinya mungkin tidak terlalu jauh dari pusat kota sehingga membutuhkan waktu yang cukup singkat saat bepergian. Selain itu, pengunjung juga dapat dengan mudah mencapainya dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah jangan khawatir Anda tidak akan menemukannya dalam waktu dekat. Karena tempat yang satu ini cukup terkenal dan tidak jauh dari pusat kota sehingga kamu akan lebih mudah menemukannya. Jika Anda benar-benar tidak tahu caranya, Anda dapat mengandalkan Google Maps untuk bantuan.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk ke Wanayasang SituKredit foto: Instagram rezaldattalla_07

Di Situ Wanayasa, Anda bisa menikmati berbagai atraksi yang mempesona dengan pemandangan yang memesona. Anda tidak perlu membayar apapun untuk masuk ke kawasan wisata ini karena gratis. Pengunjung yang hadir hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil.

Selain itu, pengunjung dapat melihat danau indah ini kapan saja karena jam operasionalnya yang mencapai 24 jam. Oleh karena itu, wisatawan dari luar kota jangan sampai melewatkan wisata menarik ini saat berkunjung ke Purwakarta. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa danau ini sering tidak pernah ditinggalkan oleh pengunjung, meski hanya mampir sebentar.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Situ Wanayasa

Kegiatan Situ WanayasaKredit foto: Google Maps Muhammad Ibn Sabil

1. Nikmati keindahan di sekitar danau

Seperti diketahui, keunggulan Situ Wanayasa terletak pada pemandangannya yang indah dan asri, tidak diragukan lagi banyak orang yang beristirahat dari kesibukan setelah bekerja keras. Menghadap hamparan air yang cukup luas dengan pepohonan hijau yang rimbun menyejukkan udara di sekitar danau.

2. Berburu foto

Buat kamu yang suka mengabadikan momen terbaik dalam bentuk screenshot, akan sulit untuk meninggalkan area yang satu ini. Karena ada banyak tempat menarik di mana Anda bisa masuk ke dalam rekaman. Salah satu yang paling populer dari sekian banyak lokasi adalah Jembatan Bambu dengan pemandangan yang cukup terhalang.

Pada waktu tertentu, yaitu menjelang matahari terbenam, hasil foto menjadi jauh lebih menawan. Saat senja, langit mengambil rona oranye untuk membiaskan cahayanya ke perairan danau yang luas. Belum lagi ada pemandangan yang dikelompokkan di sekitar Situ Wanayasa, yang membuat tangkapan layarnya sangat menarik.

3. Berkemah

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di kawasan wisata alam yang indah ini, Anda bisa mencoba aktivitas seru ini. Pengunjung bisa menghabiskan waktu berkemah di sekitar danau. Untuk mencoba aktivitas yang satu ini, ada baiknya Anda menyiapkan berbagai jenis perlengkapan sebelum tiba di lokasi.

4. Coba Wahana Permainan Air

Kegiatan menarik di Situ WanayasaKredit foto: Instagram Patlot Hideung

Menjadi destinasi wisata air, danau ini tentunya menawarkan berbagai aktivitas seru untuk dinikmati bersama orang tersayang. Untuk itu, pihak pengelola menawarkan berbagai wahana menarik, seperti B. Perahu bebek, yang dengannya wisatawan dapat menjelajahi danau lebih detail. Wahana ini dilengkapi dengan topi untuk melindungi Anda dari sinar matahari.

5. Memancing di danau

Mengingat lokasi Situ Wanayasa yang berada di sebuah danau, tidak jarang banyak orang yang datang memancing. Hal ini dikarenakan danau yang satu ini memiliki berbagai jenis ikan yang cukup melimpah. Pemancing bisa duduk dengan nyaman di sekitar danau dan menunggu hasil tangkapannya.

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, Anda bisa datang ke lokasi dan mencoba aktivitas seru ini. Tapi ingat, jangan lupa untuk membawa kail beserta umpannya jika ingin melakukan hal ini. Jika salah satunya tertinggal, kemungkinan Anda tidak akan bisa menikmati aktivitas memancing yang lebih seru lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Atraksi Situ WanayasaKredit foto: Instagram viiiiiii____

Guna menunjang berbagai aktivitas di kawasan wisata Situ Wanayasa, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang memadai. Salah satu hal yang bisa dinikmati adalah keberadaan lahan parkir yang cukup luas untuk membuat pengunjung tetap nyaman. Sehingga dapat menampung banyak kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Selain itu juga terdapat fasilitas berupa toilet bersih bagi pengunjung yang datang jika ingin menghabiskan waktu seharian di kawasan danau ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas berupa mushola dengan fasilitas wudhu untuk menunjang wisatawan muslim.

Setelah seharian berkeliling danau, pengunjung bisa menggiurkan lidah di tempat makan yang tersedia. Sambil menikmati pemandangan danau yang indah, pengunjung bisa melengkapinya dengan santapan lezat khas Purwakarta. Makanan yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari snack hingga makanan berat dan minuman.

Review dari Situ Wanayasa ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata yang indah dan murah di Purwakarta. Sebagai saran, waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata adalah di pagi hari karena udara masih sejuk dan terasa lebih segar. Matahari bisa dibilang tidak terlalu terik jika ingin melakukan berbagai aktivitas seru.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button