Tempat Wisata

Situs Menhir Banyuputih: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Ingin mengunjungi suatu tempat bersama keluarga atau teman tapi belum yakin mau ke mana? Jika iya, coba kunjungi salah satu objek wisata tersebut, yaitu Situs Menhir Banyuputih. Obyek wisata ini terletak di Desa Banyuputih, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, sekitar 30 kilometer barat laut Kota Bondowoso. Obyek wisata ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Jadi sangat disayangkan jika anda berada di Bondowoso namun tidak sempat mengunjungi situs Banyuputih Menhir.

Lokasi Situs Menhir Banyuputih sebenarnya tidak cukup jauh dari Gardu Pandang Arak-Arak, jadi setelah selesai berwisata Gardu Pandang Ara-Arak, Anda juga bisa mengunjungi situs bersejarah ini. Di tempat ini terdapat peninggalan dari zaman prasejarah, lebih tepatnya jaman batu megalitik yang juga sering disebut sebagai zaman batu besar, ketika semua orang membuat semua yang mereka butuhkan dari batu. Kebanyakan yang berkunjung ke situs menhir Banyuputih adalah para arkeolog atau mahasiswa untuk melakukan penelitian atau sekedar mengetahui keberadaan situs tersebut.

Fasilitas dan akomodasi tersedia di situs Menhir Banyuputih

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik. Semua fasilitas tersebut memastikan pengunjung merasa nyaman saat berkunjung ke situs menhir Banyuputih. Tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau empat tersedia tidak jauh dari objek wisata ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat parkir kendaraan Anda. tempat istirahat Di sekitar lokasi menhir Banyuputih juga terdapat tempat-tempat bagi pengunjung yang ingin bersantai atau melepas penat di sana, meski semuanya dirancang seadanya oleh warga setempat.

Ada juga tempat ibadah yang tidak jauh dari objek wisata bagi pengunjung untuk melakukan tugasnya setelah mengunjungi situs menhir Banyuputih. Selain itu, Anda juga akan menemukan penginapan semalam serta berbagai toko dan rumah selama perjalanan nanti. Website Menhir Banyuputih juga menjadi tempat yang cocok bagi anda yang suka berfoto lucu bersama teman atau keluarga asalkan tidak mengabadikan momen yang berbeda dengan mereka saat berada disini.

Berburu foto kekinian di situs Menhir Banyuputih

Jika anda ingin berfoto di objek wisata Situs Menhir Banyuputih bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang harus anda ketahui Pekerjaan dengan mana Anda dapat membuat foto keren. Anda bisa berfoto di pintu masuk situs atau dengan peninggalan batu megalitik yang berada di sana. Foto kamu dijamin makin keren dan tentunya up-to-date!

Anda juga bisa memotret beberapa pengunjung yang hadir di sana, namun Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Anda mungkin merasa tidak nyaman karena mengambil foto secara diam-diam. Jika Anda belum pernah mengunjungi objek wisata ini, ada baiknya persiapkan semua rencana dan persiapan nanti dengan baik bersama teman atau keluarga. Bertamasya ke situs Menhir Banyuputih pasti akan lebih menyenangkan jika nantinya teman atau keluarga ikut bergabung.

Baca Juga: Situs Srino, Situs Peninggalan Zaman Batu di Jember

Akses jalan menuju situs Menhir Banyuputih

Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat situs menhir Banyuputih ini berada perlu usaha ekstra karena lokasi situs ini tidak tertera di google map. Namun jangan panik karena lokasi ini berada di desa Banyuputih. Anda dapat menandai lokasi desa kemudian memberikan panduan pada smartphone Anda untuk menuju ke lokasi desa Banyuputih. Anda dapat melihat peta yang disediakan di bawah ini sebagai contoh atau menggunakannya sebagai panduan nanti selama perjalanan:

Anda bisa melalui Jl. Raya Wringin sebagai rute atau jalan tercepat menuju lokasi, atau Jl. Raya Situbondo sebagai jalur atau jalur alternatif. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum

ke lokasi situs menhir Banyuputih. Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau berjalan kaki. Setibanya di desa Banyuputih, Anda bisa menanyakan lokasi objek wisata tersebut atau meminta bantuan mereka untuk mengantar Anda ke situs menhir Banyuputih.

Biaya masuk ke situs Menhir Banyuputih

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka situs Menhir Banyuputih

Tips Liburan ke Situs Menhir Banyuputih

Jika Anda berencana mengunjungi objek wisata ini bersama teman dan keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama tidak membuang sampah untuk menjaga keindahan objek wisata. Siapkan juga kamera atau ponsel dengan baterai terisi penuh jika Anda ingin mengambil foto yang menyenangkan di sini.

Persiapkan juga berbagai perbekalan dan peralatan yang akan berguna untuk kebutuhan Anda di masa mendatang, dan mohon untuk tidak melakukan tindakan yang merugikan pengunjung lain atau kawasan Situs Menhir Banyuputih itu sendiri. Namun yang terpenting jangan lupa untuk berdoa dan memohon keselamatan selama perjalanan atau mengunjungi objek wisata.

Ini adalah ulasan singkat tentang Situs Menhir Banyuputih, objek wisata cagar budaya di Bondowoso. Jangan lupa terapkan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Galeri foto situs menhir Banyuputih

Situs Menhir Banyuputih
Potret sebuah batu besar dengan peninggalan sejarah
Parkir di tempat
Akses masuk ke area situs
Potret Batu Kenong
Pondok Dorman

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button