Tempat Wisata

Taman Burung Palembang, sebuah taman indah yang menjadi rumah bagi berbagai jenis satwa

Kunjungi Taman Burung Palembang, taman indah yang memamerkan berbagai spesies hewan dan menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan untuk segala usia.

Harga tiket: Rp50.000, Jam beroperasi: 10 pagi – 6 sore, Alamat: J L. Gubernur HA Bastari, Jakabaring, kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Map: Periksa lokasinya

Di Palembang tidak hanya wisata yang menawarkan keindahan alam seperti pantai, gunung atau perbukitan. Sebaliknya, masih banyak tempat yang bisa Anda gunakan untuk menghabiskan liburan.

Salah satunya adalah Taman Burung Palembang yang bisa dijadikan salah satu alternatif tempat wisata sekaligus edukasi bagi anak-anak.

Berkunjung ke tempat ini dijamin akan membuat Anda betah dan membuat suasana liburan semakin tak terlupakan. Sesuai dengan namanya, berbagai jenis burung bisa dilihat di sini.

Pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan beberapa burung tersebut. Mulai dari memberi makan, menggendong, mengelus hingga mengajak berfoto bersama.

Tempat ini menempati area seluas 2 hektar dan terbagi menjadi beberapa zona. Puncaknya adalah dua sangkar burung besar. Ada juga sejumlah hewan lain yang tak kalah seru untuk diamati.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Di taman ini terdapat koleksi satwa berupa ular, iguana, kelinci, burung unta, malbi, kucing, penyu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Atraksi Taman Burung Palembang

Atraksi Taman Burung PalembangFoto oleh Ahmad Luthfi Nazaruddin di Google Maps

Palembang Bird Park merupakan perpanjangan dari tempat wisata di Bandung yang mengusung konsep yang sama.

Anda mungkin pernah mendengar atau mengunjungi Taman Burung Paris Van Java, keduanya dikelola oleh pihak yang sama. Namun dari segi daya tarik, ada beberapa perbedaan yang menjadi ciri khasnya.

Koleksi lengkap burung dan binatang

Sesuai dengan namanya, objek wisata ini mempunyai koleksi burung yang cukup lengkap. Setidaknya ada ratusan burung dari berbagai spesies. Anda bisa melihat burung parkit yang lucu, burung kenari yang cantik, kakatua yang unik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa di antaranya adalah burung yang hidup di alam bebas, yang lainnya jarang. Seluruh koleksi burung yang ada di wisata Taman Burung Palembang dibagi menjadi dua sangkar tergantung spesiesnya.

Karena merupakan perpanjangan dari Taman Burung Paris Van Java, beberapa jenis burung didatangkan dari Bandung. Wisatawan bisa melihat lebih jelas dari dalam sangkar dan mengamati berbagai burung yang terbang seolah-olah di udara terbuka.

Taman ini tidak hanya menampung burung tetapi juga berbagai koleksi hewan lainnya. Ada yang merupakan hewan liar, namun ada juga hewan jinak yang bisa diajak berinteraksi.

Misalnya kelinci, iguana, penyu, kanguru, monyet, rusa, berang-berang, dan kucing. Namun ada beberapa zona yang tidak termasuk tiket masuk sehingga harus membayar lebih.

Perjalanan permainan yang menarik

Daya tarik Palembang Bird Park selanjutnya adalah menawarkan permainan drive yang lengkap. Bisa dikatakan objek wisata ini adalah surganya anak-anak.

Anda bisa bermain dengan burung atau hewan di atas. Banyak juga wahana yang ditawarkan yang membuat liburan Anda semakin seru dan tak terlupakan.

Misalnya saja melempar gelang atau bola yang berhadiah boneka dan mainan lainnya. Tak kalah serunya, anak-anak bisa mencoba memancing untuk melatih saraf dan motoriknya.

Di sini juga ada wahana berkuda, wisatawan bisa berkeliling taman sambil menunggangi kuda poni lucu. Orang dewasa juga berkesempatan mencoba terapi ikan sehat.

Sebagai sarana pendidikan bagi anak

Dilihat dari konsep wisatanya, Taman Burung Palembang termasuk dalam kategori edukasi. Selain itu, pengunjung tidak hanya bisa melihat berbagai koleksi burung dan hewan lainnya. Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan burung dan hewan tertentu.

Hal ini memberikan kesempatan pendidikan untuk setidaknya mengetahui spesies dan karakteristiknya. Anda juga bisa mengenali kebiasaan atau perilaku lucu dari hewan yang dimaksud. Misalnya, pengunjung dapat mengamati burung-burung yang sedang melakukan kebiasaan sehari-hari.

Namun bukan itu saja, wisatawan bisa memberi makan dan menahannya. Makanannya sendiri bisa dibeli dari pejabat setempat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Burung PalembangFoto oleh Febriansyah di Google Maps

Alamat administratif Taman Burung Palembang adalah Jl. Gubernur HA Bastari, Sungai Kedukan, Kecamatan Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Lokasi merupakan hal yang penting dan strategis sehingga mustahil jika Anda kesulitan mencari lokasinya.

Jarak menuju Alun-Alun Palembang hanya 7 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan kendaraan. Bagi warga di luar Palembang, harap menjadikan pusat kota atau alun-alun sebagai rujukan utama Anda.

Dari sini silakan menyeberangi Jembatan Ampera dan menuju ke Jalan Mayjen HM Ryacudu. Patokan terdekat adalah Stadion Gelora Sriwijaya, jarak ke objek wisata yang dituju hanya 2 kilometer. Untuk kenyamanan, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Kawasan wisata Taman Burung Palembang juga dapat dijangkau dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Jaraknya cukup jauh, jaraknya sekitar 22 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 40 menit.

Bagi yang menggunakan transportasi laut, Pelabuhan Tanjung Api-Api menjadi tujuan utama. Dari pelabuhan ini gunakanlah jasa travel untuk menuju lokasi karena jaraknya yang jauh.

Biaya masuk dan jam buka

Setelah mengetahui objek wisata dan lokasinya, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah berapa harga tiket masuk objek wisata edukasi di Palembang ini.

Seorang pengunjung harus membayar 50.000 rupiah. Meski terkesan mahal, anak-anak di bawah 2 tahun dan lansia di atas 60 tahun tidak perlu membeli tiket.

Selain biaya masuk Taman Burung Palembang yang disebutkan di atas, mungkin ada biaya lainnya. Hal ini tidak wajib, hanya jika Anda ingin merasakan keseruan menjajal wahana yang tersedia.

Fish Spa atau kolam terapi ikan berharga 25.000 rupiah, sedangkan naik kuda poni, foto bersama binatang, dan memancing berharga 20.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Taman Burung PalembangFoto oleh Rini Riwanti di Google Maps

Anda pasti tidak akan bosan berada di sini, bahkan Anda akan betah berada di sini. Bagaimana tidak, banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Untuk anak-anak dan orang dewasa, berikut beberapa aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan!

1. Lihatlah koleksi burung dan binatang

Ada banyak burung dari berbagai spesies di Taman Burung Palembang. Selain itu ada juga beberapa hewan yang melengkapinya. Pengunjung dapat melihat semua koleksi tersebut diurutkan berdasarkan jenisnya.

Bukan hanya melihat saja tentunya, tapi juga mempelajari kebiasaan dan kehidupan sehari-hari seperti di alam liar.

2. Memberi makan hewan di Taman Burung Palembang

Aktivitas menarik yang ada di Taman Burung Palembang adalah memberi makan hewan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan ini juga mengajarkan anak apa saja yang dimakan hewan.

Anda bisa berinteraksi secara langsung, termasuk memegang dan mengelus untuk melatih keberanian. Tidak perlu membawa makanan sendiri, bisa dibeli dari staf.

3. Cobalah wahana yang tersedia

Menunggang kuda merupakan salah satu wahana yang ditawarkan di Palembang Bird Park. Kegiatan ini diperuntukkan bagi anak-anak saja karena penunggangnya adalah kuda poni.

Atraksi lain yang patut dicoba adalah berfoto bersama ular dan burung hantu. Untuk melatih daya tanggap anak, Anda bisa mencoba memancing yang tak kalah serunya.

4. Sehatlah dengan tangki terapi ikan

Bagaimana rasanya digigit ikan? Mungkin sedikit lucu karena jenis ikan yang dimaksud tergolong kecil. Kolam terapi ikan bisa menjadi aktivitas menarik selama Anda menginap.

Terapi ini diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan, khususnya bagi kulit. Selain peredaran darahnya lebih merata, banyak orang yang meyakini baik untuk rematik dan asam urat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Burung PalembangFoto oleh Lynn Gwynie di Google Maps

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Taman Burung Palembang cukup lengkap dan memadai karena dikelola dengan sangat baik. Tempat parkir tersedia bagi yang datang dengan kendaraan pribadi, toilet bersih dan nyaman.

Terdapat juga musala bagi yang ingin beribadah. Fasilitas lainnya meliputi permainan, kafe, dan toko suvenir.

Di Palembang Anda tidak hanya harus mengunjungi tempat wisata alam saja. Masih banyak tempat lain yang menawarkan konsep tak kalah seru.

Taman indah dengan beragam koleksi burung dan hewan juga patut untuk dikunjungi. Selain itu, Taman Burung Palembang menawarkan fasilitas yang lengkap dan akses yang mudah karena lokasinya yang strategis.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button