Tempat Wisata

Taman Kalikuning, tempat terbaik menikmati keindahan alam yang mempesona di Sleman

Harga tiket: Rp7.500, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Bebeng, Pangukrejo, Ngrangkah, Palemsari, Kecamatan Umbulharjo. Cangkringan, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Saat ini kebutuhan liburan dapat dengan mudah dipenuhi karena banyak destinasi unik dan menarik untuk dikunjungi. Tentu saja, apalagi jika Anda sedang berada di Kota Yogyakarta, tempat wisata yang ada tidak akan kekurangan. Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah Taman Kalikuning yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

Destinasi wisata ini menjadi pilihan yang sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas outdoor. Kegiatan yang dapat dilakukan di sini antara lain tamasya atau berkemah. Keberadaan tebing estetis tersebut membuat takjub setiap orang yang melihatnya. Biar nggak penasaran, kamu bisa baca ulasan destinasi Kalikuning berikut ini!

Cek hotel murah di Sleman

Daya tarik Taman Kalikuning

Daya tarik Taman KalikuningFoto oleh Pandu Adhi di Google Maps

✦ Terletak di lereng gunung

Wisata di Taman Kalikuning sebenarnya adalah sebuah sungai yang mengalir di lereng Gunung Merapi. Saat gunung meletus, sungai inilah yang menjadi jalur keluarnya lahar. Meskipun sungai ini tercipta dari aliran lahar, namun tetap memiliki lingkungan yang hijau dan asri. Pepohonan rindang di sekelilingnya mampu menambah eksotisme suasana liburan.

✦ Mata air jernih

Taman Kalikuning juga dikenal sebagai lokasi sumber mata air jernih dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Bahkan, sungai ini telah mengairi beberapa kecamatan. Keindahan perbukitan dan bebatuan andesit yang spektakuler dapat disaksikan dengan mata telanjang. Sayang sekali jika Anda melewatkan kesempatan berlibur ke sini.

Setelah sampai di kawasan wisata ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 km. Selama perjalanan Anda bisa menikmati antara lain hutan pinus, udara yang masih alami dan suara gemericik air yang terdengar sangat menenangkan. Di sini juga banyak terdapat jenis tumbuhan yang langka dan jarang ditemukan di daerah lain.

Tanaman tersebut antara lain bunga rasamala, tanaman kantong semar, dan bunga puspa. Keindahan yang bisa disaksikan dari kawasan wisata ini tidak hanya dari pepohonan saja, pemandangan pegunungan juga memenuhi seluruh kawasan wisata. Dengan cara ini Anda akan menyaksikan kesuburan alam Indonesia di Yogyakarta.

Paket wisata satu hari Lavatour Merapi, Candi Plaosan dan Tebing Breksi

✦ Arena Keluar

Selain menikmati pemandangan alam, Anda juga bisa melakukan kegiatan edukasi seperti tamasya atau berkemah. Untuk dapat melakukan kegiatan tersebut tentunya harus memperhitungkan biaya tambahan. Biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan pemandangan indah yang mampu menyejukkan dan menyegarkan mata.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman KalikuningFoto oleh Devinta Apriliestya di Google Maps

Untuk menuju objek wisata Taman Kalikuning anda perlu menempuh jalan Bebeng, Pelemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman dan Yogyakarta. Perjalanan memakan waktu 30 menit dan berjarak 20 km. Rute yang perlu ditempuh adalah Jalan Panembahan Senopati hingga menemukan perempatan.

Kemudian kita lanjutkan menyusuri Jalan Walikota Sutomo hingga Jalan Abu Bakar Ali. Sesampainya di Jalan Yos Sudarso. Anda melewati pertigaan dan menuju ke Jalan Suroto hingga menemukan bundaran UGB. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Kaliurang, Jalan Pamungkas hingga bertemu Jalan Meces-Pokoh dan sampai di Bukit Kali Kuning.

Paket tour Jogja 3 hari 2 malam (The Lost World Castle, Tebing Breksi dan tempat lainnya)

Biaya masuk dan jam buka

Jika anda berkunjung ke destinasi wisata Taman Kalikuning ini anda akan dikenakan tiket masuk yang sangat wajar yaitu sebesar Rp 7500/orang. Jika kemudian melanjutkan aktivitas dengan berkemah, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000. Jika Anda tidak membawa perlengkapan apa pun, jangan khawatir karena Anda bisa menyewanya di sini.

Menyewa tenda di kawasan wisata ini dikenakan biaya Rp 50.000/malam. Jika ingin melakukan aktivitas lebih seru lagi, Anda bisa memilih paket wisata yang harganya mulai dari Rp 600.000/4 orang. Manfaatkan kesempatan ini dan nikmati tur yang menyenangkan.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan menarik Taman KalikuningFoto oleh Heru Prabowo di Google Maps

1. Nikmati pemandangan

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan setelah sampai di Taman Kalikuning adalah menikmati pemandangan sekitar. Pandangan yang disajikan tidak dapat diabaikan. Semua wisatawan yang datang selalu terkagum-kagum dengan pesonanya. Mulai dari pemandangan hutan pinus, tumbuhan langka hingga pegunungan yang terlihat megah dan mempesona.

Bagi Anda yang berwisata dengan tujuan mencari ketenangan dan kenyamanan, Anda bisa memilih untuk mengunjungi kawasan wisata alam ini. Pemandangan hijau pasti akan menyegarkan mata. Maka kesegaran udara alami menjamin kedamaian. Jadi tidak ada salahnya memilih tempat wisata alam ini.

2. Camping dan outbond di Taman Kalikuning

Aktivitas yang tak kalah menarik di Taman Kalikuning adalah bermalam dan berkemah. Anda bisa membawa perlengkapan sendiri dari rumah atau jika tidak membawa bisa menyewa dari pengelola wisata. Fasilitas-fasilitas tersebut disediakan khusus bagi wisatawan agar dapat menikmati liburan yang menyenangkan.

Berkemah tanpa aktivitas seru lainnya tentu kurang menarik. Sebagai pelengkap, Anda dapat memilih aktivitas outbound. Undanglah sebuah kelompok untuk melakukan kegiatan ini. Di sini Anda bisa menyiapkan berbagai permainan seru seperti rafting dll.

Kegiatan outbound di Taman Kalikuning bisa mempererat kedekatan Anda dengan teman atau keluarga. Siapkan jadwal yang berbeda-beda untuk kegiatan yang akan dilaksanakan agar berjalan lancar dan semuanya terlaksana dengan baik. Jangan pernah melewatkan sedikitpun kesempatan untuk tidak beraktivitas disini, karena momen yang ditawarkan akan selalu tak terlupakan.

3. Mengambil foto

Di era perkembangan digital saat ini, fotografi seolah menjadi aktivitas wajib yang dilakukan saat berwisata. Oleh karena itu, siapkan kamera Anda untuk mengabadikan setiap momen dan aktivitas di taman air ini. Ada banyak spot foto unik dan menarik yang bisa dijadikan latar foto indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman KalikuningFoto oleh Hasim Ikhwanudin di Google Maps

Meski harga tiket masuk destinasi wisata Taman Kalikuning tidak terlalu mahal, bukan berarti tidak ada fasilitas pendukungnya. Jika Anda memutuskan untuk datang ke kawasan wisata ini, Anda akan menemukan pusat informasi yang menyediakan informasi paket perjalanan yang dapat dipilih pengunjung.

Tentu saja Anda tidak perlu khawatir untuk parkir karena lahannya yang luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan. Fasilitas berikutnya yang bisa didapatkan adalah toilet yang bersih dan terawat. Bahkan jika Anda merasa lapar, Anda juga bisa menemukan warung makan di sekitar taman air ini.

Menu yang ditawarkan di sini cukup bervariasi mulai dari makanan khas Yogyakarta berupa gudeg, nasi kucing hingga nasi rawon. Semuanya bisa dipilih sesuai selera. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa menyewa tenda dari pengelola Taman Kalikuning di Sleman, Yogyakarta.

Wisatawan mempunyai kesempatan untuk melakukan berbagai jenis kegiatan unik dan menarik seperti berkemah dan tamasya. Selain itu menikmati kesejukan suasana sekitar juga bisa menjadi alternatif aktivitas relaksasi. Anda bisa mengatur jadwal berbagai kegiatan menarik sebelum Anda tiba di lokasi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button