Tempat Wisata

Taman Kertha Gosa, wisata edukasi sejarah Bali dan hukum adat di Klungkung

Jelajahi Taman Kertha Gosa di Klungkung Bali, destinasi wisata edukasi yang memperkaya pengetahuan sejarah dan hukum adat Bali dengan arsitektur memukau.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Kenanga No. 11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Cab.Klungkung, Bali; Map: Periksa lokasinya

Pesona Bali tidak hanya terletak pada keindahan pantai, gua, dan air terjunnya saja. Selain itu, masih banyak hal yang bisa ditemukan bagi traveler sejati. Budaya yang kaya juga patut dijelajahi karena selalu menarik.

Taman Kertha Gosa adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang budaya, hukum, dan adat istiadat Bali. Taman ini merupakan salah satu peninggalan Istana Kerajaan Klungkung yang saat ini juga dijadikan sebagai objek wisata.

Suasananya lumayan sejuk dan kondisinya tertata rapi. Di dalamnya terdapat berbagai bangunan yang penuh arti penting. Nilai seni yang tinggi, ukiran dan kemewahan menjadi elemen bangunan yang dimaksud.

Ida I Dewa Agung Jambe, beliaulah penguasa pertama dan sekaligus inspirator pengembangan taman ini.

Berdasarkan Candra Sengkala dalam bentuk Cakra, Yuyu dan Paksi-paksi, taman indah ini dibuat di Saka pada tahun 1622 atau 1700 Masehi. Meski terkesan privat, namun objek wisata ini terbuka untuk umum tanpa terkecuali.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Taman Kertha Gosa

Daya tarik Taman Kertha GosaFoto oleh Andi Behrendz di Google Maps

Taman ini mempunyai daya tarik yang umumnya tidak ditemukan di tempat wisata di Bali. Tempat ini masih beroperasi pada masa penjajahan Belanda. Di dalamnya terdapat Bale Kambang, Taman Gili dan gerbang istana.

1. Keindahan arsitektur penuh makna

Tidak dapat dipungkiri bahwa daya tarik utama dari objek wisata ini adalah arsitektur bangunannya yang indah. Tak hanya indah tentunya, tapi juga penuh makna.

Di sini Anda bisa melihat struktur Bale Kertha Gosa dan Bale Kambang sebagai bangunan induk.

Keduanya memiliki ciri khas dan kaya akan arsitektur khas Bali. Misalnya saja Bale Kertha Gosa, bangunan utama di Taman Kertha Gosa Klungkung. Bangunan ini dapat dikategorikan sebagai pendopo terbuka dengan atap yang dihiasi alang-alang.

Di dalamnya terdapat lukisan Wayang Suci atau Wayang Pucuk. Lukisan ini mewakili hukum dan adat istiadat yang saat ini dianut oleh penduduk setempat.

Lukisan tersebut dilukis dengan indah dengan gaya khas Bali dengan warna-warna cerah. Masing-masing mempunyai makna filosofis yang mendalam.

Beberapa lukisan menceritakan kisah epik mitologi Hindu yang memberikan pelajaran hidup. Untuk Bale Kambang, bangunan ini berdiri di tepi sungai yang tenang dan dihiasi bunga teratai.

2. Susana Cantik dan natural

Susana yang tenang dan asri menjadi tempat wisata Taman Kertha Gosa selanjutnya yang wajib Anda ketahui. Di sini masih banyak semak belukar yang mengelilingi setiap sudut situs.

Warna hijau tidak hanya berasal dari pepohonan, tetapi juga dari tanaman hias yang berbunga indah. Bale Kambang yang merupakan bagian dari taman ini terletak di atas sebuah danau yang cukup luas.

Airnya yang tenang tanpa arus sedikit pun memberikan kesan lebih natural. Keindahannya semakin terlihat seiring dengan permukaan air yang tampak hijau menyegarkan. Danau ini dihiasi tanaman teratai dengan bunga berwarna ungu yang indah.

3. Sebagai daya tarik wisata edukasi dan sejarah

Fungsi utama Taman Kertha Gosa pada masa itu tak lain adalah sebagai istana Kerajaan Klungkung. Di sini, para pejabat kerajaan mengadakan pertemuan untuk membahas keamanan, keadilan, dan kesejahteraan bagi masyarakat Klungkung, Bali.

Bangunan dan interiornya masih terawat dan terpelihara dengan baik hingga saat ini. Di Bale Kertha Gosa, pengunjung dapat melihat enam kursi yang digunakan sebagai pelataran menurut adat istiadat zaman dahulu.

Kursi ini digunakan oleh para hakim, raja, pendeta, pejabat dan beberapa pihak terkait lainnya. Anda dapat menyaksikan semua ini untuk menambah wawasan dan mempelajari lebih lanjut tentang hukum adat di masa lalu.

4. Koleksi Prasejarah di Museum Semarapura

Daya tarik Taman Kertha Gosa selanjutnya adalah museum yang menyimpan beberapa peninggalan prasejarah. Namanya Museum Semarapura dan dibangun pada tahun 1942.

Anda dapat melihat koleksi Kerajaan Klungkung, termasuk benda-benda yang digunakan untuk keperluan istana. Antara lain terlihat material batu dan alat tenun.

Selain itu wisatawan dapat melihat sisa-sisa senjata Raja Klungkung dan prajuritnya. Anda bisa melihat keris, tombak, pedang, dan tandu yang masih terpelihara dengan baik.

Masih di kawasan yang sama, pengunjung bisa melihat koleksi alat kesenian seperti gamelan, gong, gendang dan masih banyak lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Kertha GosaFoto oleh Jacek Postawa di Google Maps

Kawasan wisata Taman Kertha Gosa dibangun di lokasi yang sangat strategis karena merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Klungkung di Bali. Jika berangkat dari Denpasar jaraknya lumayan jauh, jaraknya sekitar 40 kilometer.

Pada kecepatan kendaraan normal, waktu tersebut dapat dicapai dalam waktu 1 jam 15 menit pada kondisi jalan licin. Namun jika Anda berangkat dari pusat kota Klungkung atau Alun-alun Ida I Dewa Agung Jambe, perjalanan hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Sebab jarak yang harus ditempuh sekitar 200 meter. Lokasinya tidak jauh dari kantor Pemkab Klungkung. Alamat lengkap Jalan Kenanga Semarapura Kelod, Klungkung, Klungkung, Bali.

Biaya masuk dan jam buka

Sebagai salah satu alternatif objek wisata, Taman Kertha Gosa Klungkung tidak mematok harga mahal bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya. Sediakan hanya 15.000 rupiah untuk wisatawan domestik dewasa dan 10.000 rupiah untuk anak-anak.

Wisatawan asing sedikit lebih mahal, tiket masuknya 50.000 untuk dewasa dan 25.000 untuk anak-anak. Lain halnya jika Anda ingin memanfaatkan taman ini sebagai lokasi pernikahan atau syuting film.

Untuk foto prewedding pengunjung lokal harus membayar sebesar 300.000 rupiah dan wisatawan mancanegara harus membayar sebesar 500.000 rupiah. Pemutaran film 2.000.000, lalu untuk keperluan pendidikan 250.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Taman Kertha GosaFoto oleh Andi Behrendz di Google Maps

Taman Kertha Gosa merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan dan nilai sejarah masa lalu. Pastinya ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Maksudnya itu apa? Di bawah ini ulasan lengkap yang dapat kami berikan kepada Anda. Silakan periksa ini!

Berjalanlah melewati taman dan nikmati suasana yang indah

Meski bukan tempat wisata alam, namun keindahan Taman Kertha Gosa bisa disamakan dengan pantai atau pegunungan. Alamnya yang asri dan masih asri cocok dijadikan sebagai obat pelepas penat.

Anda bisa berjalan-jalan di sekitar taman dan menikmati udara segar dan indah. Anda juga bisa duduk bersantai di bale atau bangku yang telah disediakan, dijamin tak kalah menarik.

Pelajari sejarah Bali dan hukum adat di Taman Kertha Gosa

Karena termasuk wisata edukasi dan sejarah, Taman Kertha Gosa di Klungkung bisa dijadikan sebagai sarana belajar. Anda bisa mengetahui tentang hukum adat yang berlaku pada saat itu.

Semua itu bisa dipelajari melalui lukisan dan patung yang ada di Bale Kertha Gosa. Anda juga bisa bertanya langsung kepada petugasnya agar lebih mudah dipahami.

Koleksi foto dan video

Keindahan alam dan keunikan arsitektur yang beragam tentu saja bukan sekadar hiasan. Anda dapat menggunakannya sebagai tempat penyimpanan koleksi foto dan video.

Taman Kertha Gosa Klungkung menjadi latar belakang yang cocok untuk pengambilan gambar terbaik. Misalnya telaga besar, atau bisa juga bangunan induk berupa Bale Kertha Gosa dan Bale Kambang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Kertha GosaFoto oleh 06_Sindhu Wedana di Google Maps

Untuk membuat wisatawan semakin merasa nyaman saat berkunjung, objek wisata Taman Kertha Gosa dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Anda bisa memanfaatkan tempat parkir yang luas, toilet yang nyaman serta stand makanan dan minuman.

Di area taman terdapat banyak paviliun dan bale-bale kecil yang dapat digunakan untuk bersantai atau piknik ringan.

Sekian yang bisa kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata di Bali ini. Pulau Dewata tidak hanya memiliki pantai yang indah dan eksotis, namun juga berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Di Taman Kertha Gosa misalnya, Anda bisa menikmati indahnya alam, belajar sejarah, dan mengagumi arsitekturnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button