Tempat Wisata

Taman Kota Bekasi, taman eksotis dengan panorama alam yang mempesona

Taman Kota Bekasi merupakan salah satu taman kota yang tidak jauh dari pusat kota yang menawarkan tempat perkemahan dan jalur terapi rematik.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Veteran #46, Marga Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Berkunjung ke Taman Kota Bekasi cocok dilakukan saat bersama orang-orang terdekat seperti rekan kerja atau keluarga. Keindahan taman dan tumbuhan yang hadir membuat suasana menjadi lebih sejuk. Itulah daya tarik sebuah taman di tengah kota besar seperti Bekasi.

Taman kota ini mungkin akan mengejutkan sebagian orang di luar Bekasi, karena kota ini tidak hanya terdiri dari gedung perkantoran yang menjulang tinggi. Namun, ada taman kota yang indah yang memberikan udara segar di kota.

Taman ini dikelola dengan baik, sehingga pengunjung betah berlama-lama di sini. Selain udara segar dari tumpukan pepohonan, lokasinya juga strategis. Lokasi ini memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya.

Objek wisata tersebut memiliki Taman Kota Bekasi

Objek wisata Taman Kota BekasiSumber gambar: Google Maps Mutiara Soprima

Daya tarik taman kota ini berhasil mencuri perhatian wisatawan. Maka jangan heran jika pengunjung taman ini tidak pernah sepi setiap harinya. Selain pepohonan yang rimbun dan udara yang segar, apa saja sisi menarik dari taman kota ini?

1. Tempat bermain anak

Taman Kota Bekasi memiliki area khusus untuk wahana permainan anak. Kawasan ini memiliki beberapa wahana seperti terowongan, ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran dan sebagainya. Di akhir pekan anak-anak bisa bermain komidi putar.

2. Fasilitas olahraga

Selain permainan dan kunjungan, taman kota ini juga menawarkan area dan fasilitas khusus bagi pengunjung yang ingin berolahraga. Fasilitas tersebut antara lain arena roller skating, jogging track, dan alat fitnes yang dapat digunakan secara gratis.

Fasilitas ini biasanya ramai pada hari libur nasional atau akhir pekan. Karena pada hari libur, masyarakat memiliki waktu luang untuk jogging dan berolahraga di halaman taman. Namun, hari kerja juga penuh karena sore hari sering digunakan untuk olahraga.

3. Suasana sejuk dan asri

Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, suasana sejuk yang tercipta dari visualisasi pepohonan hijau membuat Taman Kota Bekasi semakin menarik untuk dikunjungi. Semua pohon dan tumbuhan tumbuh subur di taman ini.

Daun tumbuh di setiap pohon, memberikan udara segar di taman. Area taman juga menghadirkan suasana yang menyenangkan dan tenang bagi pengunjung yang ingin beristirahat di bawahnya.

Biasanya pengunjung suka berpiknik tepat di bawah pohon rindang. Wisatawan diperbolehkan menggelar kain untuk alas duduk, kemudian bertemu dengan anggota keluarga dan menikmati perbekalan yang dibawa dari rumah.

Pada musim kemarau, beberapa bagian situs justru akan terlihat kering. Namun, bunga-bunga di taman biasanya tetap mekar penuh. Kawasan di Taman Kota Bekasi ini bisa dijadikan lokasi foto dengan latar bugenvil.

4. Fasilitas lengkap

Sedikitnya sekitar 300 batang pohon lain dari berbagai jenis tumbuh di tempat menarik di Bekasi ini. Dengan fasilitas yang lengkap, taman ini menjadi tempat yang sering digunakan sebagai area olahraga, tempat istirahat bahkan tempat pertemuan.

Selain itu, saat melakukan aktivitas tidak perlu khawatir dengan minimnya fasilitas umum yang ada. Pihak pengelola taman telah menyediakan toilet umum, taman bermain anak, mushola, bahkan area dengan akses Wi-Fi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat taman kota bekasiSumber gambar: Catatan Google Maps Fauzul

Taman Kota Bekasi tepatnya berada di Jalan Ahmad Yani No.2, Kelurahan Kayu Ringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Taman kota ini dapat dikunjungi dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

Perjalanan memakan waktu sekitar 13 menit dari Terminal Kota Bekasi. Jika ingin berangkat dari terminal, perjalanan dilanjutkan ke barat laut menuju Jalan Raya Pantura atau Jalan Ir. H.Juanda. Lalu lurus di bundaran, tetap di Jalan Ir. H.Juanda.

Ikuti Jalan Jenderal Sudirman sejauh 290 meter. Lalu belok kiri ke Jalan Guntur Raya. Ikuti terus jalan tersebut kemudian belok kiri menuju Jalan Ahmad Yani. Taman Kota terdekat jika berada di jalur ini.

Tiket masuk Taman Kota Bekasi

Saat berkunjung ke Taman Kota Bekasi, pengunjung hanya perlu membawa uang receh untuk membayar biaya parkir. Tidak ada tiket untuk berkunjung karena taman ini gratis untuk dikunjungi.

Sementara itu, biaya parkir yang dibebankan kepada pengunjung ditetapkan dengan harga yang berbeda-beda. Biaya parkir mobil sendiri adalah Rp 5.000. Sedangkan untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 3.000.

Dengan budget minim ini, wisatawan bisa merasakan semua atraksi dan fasilitas yang ada di taman kota. Dengan sisa budget Anda bisa membeli oleh-oleh atau menikmati kuliner dengan harga terjangkau.

Aktivitas menarik di Taman Kota Bekasi

Aktivitas menarik di Taman Kota BekasiKredit foto: Google Maps Sensei Hasan Basri

Meski hanya sebuah taman, pengunjung tidak hanya bisa berjalan-jalan dan menikmati rimbunnya pepohonan, tapi juga memanfaatkan fasilitas tambahan di dalamnya. Serta berbagai aktivitas seru yang bisa Anda coba saat berkunjung ke taman kota ini.

1. perkemahan

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, Taman Kota Bekasi menyediakan area khusus untuk institusi seperti kantor atau sekolah bahkan kegiatan berkemah yang diprakarsai sendiri. Tempat perkemahan di sini sangat luas, sehingga bisa berdiri belasan tenda.

Di kawasan ini kondisi tanahnya berumput, landai dan datar sehingga cocok dan nyaman untuk berkemah. Namun jika ingin membuat api unggun, pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu karena bumi perkemahan ini masih merupakan bagian dari taman kota.

2. Peringatan Pertempuran

Sambil menjajal sarana dan prasarana yang ada di taman kota, pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah kawasan Taman Kota Bekasi ini. Ada sebuah bangunan khusus berbentuk tugu peringatan perang yang sebenarnya dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan di masa lalu.

Pahlawan rakyat dari Karawang ini bertempur dalam invasi militer pertama Belanda. Sebuah puisi berjudul Karawang, Bekasi terukir di tugu ini. Puisi karya Chairil Anwar ini mengandung rasa sedih karena banyak orang yang kalah karena gugur dalam pertempuran saat itu.

Situs sejarah ini tentu menjadi pilihan menarik bagi pengunjung karena tidak harus pergi ke Gedung Juang Bekasi. Peninggalan sejarah Indonesia ini sengaja dibangun agar wisatawan bisa sekaligus belajar sejarah.

3. Jejak terapi rematik

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa mencoba aktivitas menarik lainnya di taman cantik di Bekasi Selatan ini, berupa jalan berbatu yang disiapkan khusus untuk mengobati rematik. Area ini sering digunakan oleh orang tua dan mereka berjalan-jalan kecil di sepanjang jalur ini.

Dalam beberapa menit saja, tubuh sudah terasa lebih bugar dan keluhan rematik pun bisa diringankan. Tentunya perawatan sederhana ini dapat dilakukan secara rutin dan mendapatkan hasil yang maksimal karena bebas digunakan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Taman Kota BekasiSumber gambar: Google Maps Mutiara Soprima

Taman Kota Bekasi menghadirkan sarana dan prasarana yang cukup lengkap sebagai taman kota. Tentunya fasilitas tersebut ada untuk membuat pengunjung betah berada disini. Beberapa fasilitas tersebut antara lain sebagai berikut.

  • ruang sholat
  • rute joging
  • area parkir
  • kursi taman
  • Toilet
  • arena sepatu roda
  • Arena kebugaran gratis
  • tempat bermain
  • Kolam renang
  • Pusat Wisata Kuliner
  • paviliun
  • lampu taman

Yang membedakan Taman Kota Bekasi dengan taman kota lainnya adalah daya tarik dan fasilitasnya yang lengkap. Oleh karena itu, taman kota ini tidak pernah sepi pengunjung. Sebagai turis Anda hanya perlu ingat untuk menjaga kebersihan karena tempat ini adalah tempat wisata umum.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button