Tempat Wisata

Taman Sungai Mudal, tempat wisata alam yang mempesona di Kulon Progo

harga tiket: Rp 4.000, Waktu aktif: 08.30-15.30 WIB, Alamat: Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Taman Sungai Mudal merupakan tempat wisata dengan panorama alam yang indah di Kulon Progo, dimana semua orang merasa nyaman dan ingin menginap. Maka tidak heran jika kawasan wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di kabupaten ini.

Salah satu keindahan alam yang ditawarkan di kawasan wisata ini adalah adanya kolam pemandian alami yang didominasi warna hijau kebiruan. Kolam ini terlihat begitu indah dan segar sehingga tentunya pengunjung bisa tergoda untuk merasakan kesegaran airnya dengan berendam di kolam tersebut.

Kolam pemandian di sini berasal dari mata air alami, sehingga tidak diragukan lagi bahwa kolam ini memiliki air yang sangat segar. Selain itu, udaranya juga sangat sejuk menjadikan tempat wisata ini cocok sebagai pilihan destinasi liburan keluarga.

Atraksi Taman Sungai Mudal

Atraksi di Taman Sungai Mudal SungaiKredit foto: Google Maps Muhammad Muzhar

1. Keindahan taman

Daya tarik pertama di kawasan wisata Taman Sungai Mudal adalah adanya taman asri yang mengelilingi area kolam renang. Taman yang diberkahi dengan bunga-bunga indah ini mampu memukau orang yang melihat taman ini dengan keindahannya.

Di taman ini juga terdapat jalur trekking yang ditata begitu indah. Anda bisa berjalan menyusuri taman sambil menikmati keindahan di sana. Berjalan-jalan di area taman ini adalah cara yang bagus untuk meluangkan waktu sejenak untuk menyegarkan pikiran Anda dari segala kepenatan yang Anda rasakan. Jika merasa lelah, Anda bisa beristirahat di beberapa paviliun yang ada di area tersebut.

2. Berbagai wahana seru

Adanya berbagai wahana yang dapat dinikmati para pengunjung juga menjadi salah satu daya tarik di kawasan wisata ini. Berbagai wahana seru yang bisa kamu coba disini adalah wahana flying fox, camping dan lain-lain.

3. Kolam alami

Kolam pemandian alam ini menjadi salah satu daya tarik utama di Mudal River Park. Ada keindahan kolam ini yang begitu mempesona karena warna air kolam tosca yang hijau. Saat cuaca cerah, area kolam ini akan terlihat semakin indah ketika langit biru dan awan terpantul di permukaan air.

Terdapat dua kolam renang di kawasan wisata ini, yaitu kolam untuk pengunjung dewasa dan kolam untuk pengunjung anak-anak. Air di kolam alami ini terasa begitu segar karena sumber air kolam ini dari mata air alami.

Bagi Anda yang takut berenang di kolam, Anda bisa menyewa pelampung dari pengelola dan menggunakannya di area kolam. Dengan cara ini Anda tetap bisa menikmati kesegaran air kolam tanpa takut akan ketidaknyamanan yang mungkin terjadi.

4. Sumber sungai Mudal

Atraksi Taman Sungai MudalKredit foto: Google Maps Ridhwan Al Maruf

Jika Anda berwisata ke tempat wisata ini, Anda akan dapat menemukan mata air yang dikembangkan dengan baik oleh pengelolanya, yaitu sumber dari sungai Mudal. Mata air ini dikembangkan menggunakan seng dan bambu untuk memudahkan pengunjung mengakses.

Sumber ini berada di bilik yang mirip dengan kamar mandi. Meski memiliki tampilan yang sudah lusuh dan tua, namun kesegaran air dari mata air ini tidak bisa dipungkiri. Airnya terlihat begitu bersih dan jernih.

5. Air terjun yang indah

Air terjun di kawasan wisata ini selalu mengalir dan tidak pernah kering meskipun tidak sedang musim hujan. Hanya saja jumlah air atau aliran airnya tidak begitu kuat karena mata air yang ada di air terjun ini berasal dari mata air alami yang ada di gua-gua yang ada di Perbukitan Menoreh.

Dari air terjun ini, air bisa mengalir ke sungai dan kolam di bawahnya. Selain itu, undakan batu yang mengalir melalui air terjun menambah kesan indah tempat ini. Bebatuan kuning di belakang air terjun dapat terlihat dengan sangat baik karena air di air terjun ini berwarna jernih.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Sungai MudalKredit foto: Google Maps Sy Maro

Destinasi wisata dengan keindahan alam yang masih terjaga ini terletak di Kecamatan Jati Mulyo, sebuah kecamatan yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Lokasi Taman Sungai Mudal cukup strategis dan cukup mudah ditemukan bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke kawasan wisata ini.

Rute menuju tempat wisata ini dimulai dari persimpangan jalan di Tugu Jogja. Dari sini Anda bisa berbelok ke barat dan menuju Jalan Godean sampai Anda melewati Pasar Godean dan Jembatan Sunai Progo. Setelah itu, Anda akan mencapai pertigaan dari mana Anda bisa berbelok ke kanan menuju Gua Kiskendo.

Kemudian lurus dan belok kiri setelah bertemu pertigaan hutan pinus. Kemudian Anda tinggal belok kiri menuju Kokap dan ikuti saja petunjuk arah yang tersedia hingga sampai di tempat tujuan.

Disarankan menggunakan sepeda motor untuk menuju tempat wisata di Mudal River Park ini. Karena mengingat jalan yang akan Anda lintasi cukup terjal dengan medan yang sempit dan naik turun. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan mobil untuk menuju tempat ini, Anda hanya perlu lebih berhati-hati dalam mengendarai kendaraan roda empat.

Jarak yang Anda tempuh dari pusat kota Yogyakarta sekitar 38 km. Atau sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan tergantung kecepatan kendaraan yang Anda kendarai. Tidak ada rasa bosan dalam perjalanan, karena anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang masih asri.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Taman Sungai MudalKredit Foto: Google Maps Donny Chahaya Dharma

Mudal River Park yang terkenal dengan keindahan alamnya memiliki tiket masuk atau tiket masuk yang bisa dibilang sangat bersahabat. Tentunya hal ini dapat menjadi keuntungan bagi pengunjung yang mencari tempat wisata dengan budget terbatas.

Anda hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4000 per orang. Hanya dengan membayar biaya yang kecil ini Anda sudah bisa masuk dan menikmati keindahan kawasan wisata ini.

Biaya lain yang juga berlaku di kawasan wisata ini adalah biaya parkir. Biaya parkirnya Rp 2000 untuk roda dua dan Rp 4000 untuk roda empat. Selain itu, jika Anda ingin berkendara perjalanan ke luar negeri, Anda akan dikenakan biaya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000 tergantung pada perjalanan yang Anda kendarai.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Taman Sungai Mudal

Kegiatan mudal di taman sungaiSumber gambar: Twitter Halo JOGJA / YOGYAKARTA

1. Mendaki dan menjelajahi air terjun Mudal

Aktivitas menarik pertama yang bisa dilakukan di Mudal River Park adalah berjalan kaki melewati area air terjun. Air terjun di kawasan wisata ini memiliki keindahan yang luar biasa. Dilihat dari bawah, air terjun ini terlihat seperti tangga yang indah.

Anda bisa turun melalui jembatan penghubung yang unik dan tangga yang terbuat dari batang bambu. Saat turun ke area ini, Anda harus selalu memperhatikan keselamatan, karena fasilitas ini berdekatan dengan area air terjun, membuat tangga dan jembatan terciprat air dan licin.

2. Menyelam dan berenang di area kolam renang

Jika anda berwisata ke kawasan wisata ini, jangan tinggalkan aktivitas mandi dan berenang anda di kawasan pemandian kolam alami ini. Karena Anda bisa merasakan segarnya air saat mandi atau berenang di area pemandian alam ini.

Jika Anda membawa anak-anak, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada pelampung yang bisa Anda sewa dari pengelola. Selain itu, Anda juga bisa merasakan air terjun yang turun dari atas dengan berdiri di bawah air terjun. Jangan khawatir karena air terjun di kawasan ini tidak terlalu sulit, sehingga aman bagi pengunjung.

3. Berkemah atau berkemah

Di kawasan wisata ini Anda juga bisa berkemah, sudah ada area khusus bagi pengunjung yang datang untuk berkemah secara sadar. Berkemah di kawasan wisata yang indah ini, Anda bisa menikmati ketenangan malam dan riak air dari kawasan air terjun yang bisa menenangkan jiwa.

Anda bisa berkemah bersama keluarga atau teman. Tentunya kegiatan camping di kawasan wisata Taman Sungai Mudal bisa menjadi pengalaman menarik yang tidak akan Anda lupakan.

4. Bersantai di area taman

Area taman di kawasan wisata ini dilengkapi dengan beberapa gazebo yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai sambil melihat pemandangan alam yang indah. Untuk menambah keseruan, jangan lupa untuk membawa minuman dan snack untuk melengkapi momen santai Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Menyenangkan Taman Sungai MudalSumber gambar: Google Maps Abu Zaid

Fasilitas di kawasan wisata Taman Sungai Mudal cukup lengkap. Fasilitas yang lengkap di suatu kawasan wisata tentunya dapat menunjang kebutuhan pengunjung yang berbeda-beda. Semakin lengkap fasilitas suatu kawasan wisata maka semakin besar kenyamanan bagi pengunjung.

Salah satu fasilitas di sini adalah tersedianya layanan WiFi gratis atau akses internet gratis. Fasilitas yang satu ini tentunya bisa sangat bermanfaat bagi pengunjung karena pengunjung bisa menikmati akses internet dengan kecepatan maksimal secara gratis.

Fasilitas lain juga tersedia di kawasan ini seperti tempat ibadah umat Islam atau mushola, warung makan, pendopo untuk relaksasi, tangga menuju ke bawah, berbagai wahana seru, area camping khusus, tempat parkir yang luas dan masih banyak fasilitas lainnya.

Nah, itulah beberapa informasi tentang objek wisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo. Anda bisa berwisata ke sini bersama keluarga atau teman. Tentunya tempat wisata ini dapat menambah referensi liburan yang menarik untuk dikunjungi khususnya di daerah Yogyakarta.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button