Tempat Wisata

Taman Wisata Alam Linggarjati: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Dengan luas 11,5 hektar ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 53/Kpts/Um/2/1975 tanggal 2/17/1975. Secara astronomis terletak antara 6 derajat 47°’ – 6 derajat 58° Lintang Selatan dan 108 derajat 30° – 108 derajat 30° Bujur Timur.

Terdapat berbagai jenis flora dan fauna di Taman Wisata Alam Linggarjati yang tentunya akan menjadi wisata yang menarik bagi Anda dan keluarga. Flora yang hadir antara lain Bunbungu, Tide, Kiara, Lemo, Jamuju dan Kiacret. Jenis tanaman ini tumbuh dengan baik dan sebagian besar telah berkembang menjadi pohon yang tinggi dan besar serta memanjakan mata.

Diameter batang pohon mencapai setengah meter atau bahkan lebih, dan tinggi batang tanpa simpul mencapai sekitar 10 meter. Hal ini membuat wisatawan merasa lebih nyaman karena suasana menjadi lebih tenang.

Fasilitas yang ada di Taman Wisata Alam Linggarjati

Fasilitas yang telah disediakan di Taman Wisata Alam Linggarjati antara lain tempat parkir yang luas untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung, toilet, mushola, restoran dan ruang pertemuan. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat fasilitas yang membuat liburan berlibur semakin seru. Fasilitas tersebut antara lain kolam renang, taman bermain anak, pemancingan, arena outbond, serta bukit dan pepohonan untuk relaksasi.

Jika Anda ingin bersantai sejenak dan bermalam, akomodasi juga disediakan di sini untuk membuat Anda merasa nyaman. Harga yang ditawarkan juga sangat berbeda, semuanya tergantung perlengkapan yang dipilih. Ada juga harga terjangkau di sana.

Keindahan Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati merupakan salah satu tempat wisata alam di Linggarjati Kabupaten Kuningan Jawa Barat dan hanya berjarak sekitar 500 meter dari Gedung Naskah Perjanjian Linggarjati. Perjanjian Linggajati sendiri merupakan hasil perundingan antara bangsa Indonesia dan Belanda pada tahun 1946, yang saya yakin telah Anda pelajari di bangku sekolah.

Taman Wisata Alam Linggarjati terdiri dari hutan yang sangat luas, yang merupakan titik awal pendakian Gunung Ciremai. Sejak tahun 1924 situs ini menjadi bagian tersendiri dari Situs Hutan Lindung Gunung Ciremai yang diputuskan oleh pemerintah Belanda. Namun, pada 17 Februari 1975, situs ini ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) oleh Menteri Pertanian.

Taman Wisata Alam Linggarjati memiliki pemandangan alam yang sangat indah, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan sebagai tempat liburan keluarga. Ada juga danau buatan dengan perahu bebek yang bisa Anda coba bersama keluarga.

Hunting foto di kawasan wisata alam Linggarjati

Mereka yang suka memotret tidak boleh melupakan perlengkapan kameranya. Karena dijamin kamu akan sangat senang berfoto di sini. Anda dapat mengabadikan lanskap yang indah dengan lensa kamera Anda.

Anda juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang danau buatan. Jangan lewatkan momen saat Anda berkunjung ke Taman Wisata Alam Linggarjati. Dulu ada fotografer keliling yang menyewakan jasa foto, tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Mungkin karena pengunjung sekarang sudah banyak ponsel yang dilengkapi dengan kamera.

Banyak sekali spot foto dimana Anda bisa membuat objek untuk difoto. Tak heran jika banyak anak muda yang berswafoto lucu di kawasan wisata ini. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat prewedding bagi yang ingin menikah.

Tiket masuk Taman Wisata Alam Linggarjati

  • Harga tiket anak: Rp 9.000/orang
  • Harga tiket anak: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 4.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Taman Wisata Linggarjati

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Lokasi Akses ke Taman Wisata Linggarjati

Anda dapat mencapai lokasi ini dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jarak Bandung ke wisata ini sekitar 160 kilometer dengan rute Bandung – Cirebon – Cilimus – Linggarjati. Cukup mudah untuk menemukan tempat ini karena banyaknya petunjuk yang diberikan saat Anda tiba di Linggarjati.

Tips berlibur di Taman Wisata Alam Linggarjati

  • Kenakan pakaian hangat karena udara masih dingin dan dingin di tour ini, jadi disarankan untuk memakai sweater atau jaket.
  • Bawa peralatan fotografi Anda untuk memotret objek selama tur. Karena sayang sekali jika tidak mengabadikan momen disini.
  • Jika anda membawa anak, maka jagalah anak anda, karena tentunya anda tidak ingin terjadi sesuatu pada anak anda.
  • Ikuti aturan yang berlaku di sana.
  • Jangan membuang sampah, buanglah sampah pada tempatnya. Sayang sekali kalau tempat seindah ini masih dikotori sampah.

Oleh karena itu ulasan singkat Taman Wisata Alam Linggarjati yang cocok untuk anda dan keluarga anda. Tips-tips di atas bisa Anda terapkan agar liburan Anda menyenangkan dan menyenangkan.

Galeri foto Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati
Taman air
Monumen Perundingan Linggarjati
tempat foto
Kolam renang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button