Tempat Wisata

Tebing Gunung Hawu: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Masih di kawasan Bandung, kini kita beralih ke kawasan Bandung Barat, lebih tepatnya Desa Cidadap, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat wisata yang dikenal sebagai tempat wisata pemacu adrenalin ini bernama “Tebing Gunung Hawu”, wisata anti mainstream di atas tebing.

Awalnya tempat ini digunakan sebagai tempat panjat tebing bagi pecinta alam. Namun kini akses terbuka bagi siapa saja yang berani mencoba berbagai wahana di Kawasan Tebing Gunung Hawu.

Gunung Hawu merupakan bukit bebatuan karst. Ini menjadi bukti bahwa kawasan Bandung Barat dulunya merupakan danau kering. Jika Anda menganggap bahwa batuan karst hanya ada di dalam air.

Fasilitas Tebing Gunung Hawu

Akhirnya, karena keadaan bebatuan karst yang mulai kehilangan fungsinya akibat tergerusnya bebatuan oleh warga sekitar, para pecinta alam membuat sebuah perkumpulan bernama Suku Badot yang memiliki misi untuk menjaga dan melestarikan kawasan wisata ekstrim ini. .

Wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang wajib Anda coba untuk memacu adrenalin. Seperti Rock Climbing atau yang lebih dikenal dengan Panjat Tebing ini biayanya Rp 100.000 per orang atau setara dengan Rp 400.000 untuk 3 orang.

Bagi anda yang baru mengenal panjat tebing handal, hehe, jangan coba-coba dulu. Karena wahana yang satu ini ditujukan bagi mereka yang memiliki keahlian khusus panjat tebing, tentunya didukung dengan peralatan khusus.

Wahana ekstrim lain yang membutuhkan keahlian khusus adalah High Line. Merupakan aktivitas ekstrim yang mengharuskan wisatawan berjalan dengan menggunakan tali yang disambungkan dari ujung tebing satu ke ujung tebing lainnya. Kegiatan ini dilakukan pada ketinggian 50 m di atas permukaan tanah. Hmmm, kalau coba-coba menciutkan nyali dulu.

Wahana yang bisa kamu coba disini adalah wahana hammock. Hammock adalah ayunan yang terbuat dari kain atau jaring khusus yang menjadi sensasi tersendiri bagi wisatawan. Jangan khawatir, aktivitas alam di Gunung Hawu tidak lepas dari kata “aman”. Pihak pengelola telah menyiapkan standar keselamatan bagi Anda yang ingin mencoba wahana tersebut, dengan harga 150.000 per orang.

kecantikan Tebing Gunung Hawu

Jika Anda bingung ingin mengunjungi tempat wisata yang mana, Puncak Tebing Gunung Hawu adalah jawabannya. Di kawasan wisata ini, wisata ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat perkemahan, tetapi juga sebagai ajang lomba keberanian mendaki. Di sisi lain, panoramanya yang eksotik menarik wisatawan untuk berkunjung kembali.

Destinasi wisata eksotis ini menawarkan beberapa lokasi indah yang akan memanjakan mata Anda. Dari atas puncak Anda dapat melihat hijaunya hamparan sawah masyarakat setempat. Serta perbukitan yang indah.

Pemandangan dari Gunung Hawu akan sangat indah di pagi hari. Tidak diragukan lagi, tempat ini merupakan tujuan wisata terkenal dengan panorama matahari terbit yang menakjubkan. Tidak kalah dengan Gunung Bromo dan Dataran Tinggi Dieng.

Area hunting foto Tebing Gunung Hawu

Setelah mencoba beberapa wahana di kawasan wisata tebing gunung ini, tidak ada salahnya untuk mengabadikan panorama di depan tebing yang menjulang tinggi. Jangan salah, keindahan kawasan wisata ini justru ada di atas tebing.

Pasalnya, dari atas sana, jika terpantau kamera dari seberang, Anda akan terkagum-kagum dan melupakan sulitnya akses jalan menuju kawasan ini. Dan Taraa… objek foto di atas tebing akan menjadi spot foto terindah. Apalagi jika bertepatan dengan momen matahari terbit dan terbenam. Hanya satu paket.

akses lokasi Tebing Gunung Hawu

Untuk mencapai puncak, kita harus melakukan pendakian sendiri. Pemandangan dari bawah (gunung): Saat kita memulai pendakian kita akan melihat pemandangan gunung yang penuh dengan pepohonan yang lebat.

Selain itu, Anda harus melewati antara dua tebing di sebelah kiri, yang jalurnya hanya cocok untuk satu orang dan membutuhkan pendakian yang curam. Area yang akan Anda daki mungkin licin karena tetesan air dari bebatuan karst. Di beberapa tempat terlihat agak basah dan lembab karena ditumbuhi lumut.

Bagi Anda yang menginap di kawasan Alun-alun Bandung, tujuan selanjutnya adalah desa Cidadap. Naik bus Damri ke Cibubury dan turun di Arab Junction.

Setelah itu, Anda bisa naik ojek menuju desa Cidadap. Kemudian Anda harus berjalan kaki sekitar satu jam untuk sampai ke Gunung Hawu, melewati persawahan, ditemani hamparan hijau tanaman hijau di sekitar Anda.

Biaya masuk dan jam buka Tebing Gunung Hawu

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya hammock: Rp 150.000/orang
  • Biaya pendakian: Rp.100.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Tebing Gunung Hawu

Belum ada informasi jam operasional Tebing Gunung Hawu. Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini pada pagi atau sore hari.

tips liburan juga Tebing Gunung Hawu

Bagi Anda yang memang memiliki hobi atau baru pertama kali ingin mengunjungi kawasan wisata ini, jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara fisik agar tetap fit jika berwisata ke sana. Siapkan perlengkapan yang akan dibawa. Karena kawasan wisata ini merupakan kawasan pertambangan, jalan menuju ke sana pasti sangat berdebu. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membawa masker.

Jika Anda menginap di kawasan alami, sebaiknya jangan salah memilih kostum untuk turis wanita. Karena kawasan ini dipenuhi tebing dan akses selanjutnya tidak semudah yang Anda bayangkan, kenakan sepatu atau sandal gunung yang nyaman.

Dan satu lagi, buat kamu yang takut kepanasan di tempat terbuka seperti kawasan wisata ini, bawa saja tabir surya dari rumah. Yang paling penting adalah Anda melakukan penghematan yang cukup untuk menikmati salah satu wahana yang ditampilkan di sana. hehehe..

Lokasi Tebing Gunung Hawu Ini jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota dan membuat wisatawan bernafas lega. Di kawasan wisata ini Anda akan melupakan sejenak kebisingan kota dan kembali ke kota dengan segar dan siap menjalani rutinitas seperti biasa. Jadi tunggu apa lagi? Persiapkan sekarang!

Galeri foto Tebing Gunung Hawu

Tebing Gunung Hawu
Semua pengunjung harus mendapat pengarahan
Mendaki di tebing gunung berbatu
Suasana para pengunjung di puncak tebing
Adrenalin terpacu di puncak tebing
Potret dari atas tebing di malam hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button