Tempat Wisata

Telaga Biru Muara Tembesi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Provinsi Jambi mempunyai hubungan erat dengan beberapa kerajaan besar nusantara yang pernah berjaya di masa lalu. Di provinsi ini Anda akan menemukan berbagai tempat wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Jambi juga mempunyai potensi wisata yang menjanjikan. Keindahan alamnya tersebar di berbagai kawasan termasuk Telaga Biru Muara Tembesi.

Keindahan Telaga Biru Muara Tembesi memang sudah digemari masyarakat setempat. Tempat wisata ini menawarkan nuansa danau dengan warna air biru kehijauan yang sangat indah. Tak jarang danau ini ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan yang sekadar ingin menikmati luasnya air dan berenang di danau.

Danau Biru Muara Tembesi

Secara geografis Danau Biru Muara Tembesi terletak di Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Wisatawan yang ingin berkunjung ke danau ini perlu menempuh jarak minimal 22 kilometer dari Muara Bulian, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

Sebaliknya jika Anda berasal dari Kota Jambi, perjalanan akan semakin lama dan cukup melelahkan. Wisatawan harus menempuh jarak hingga 100 kilometer untuk menikmati Telaga Biru Muara Tembesi. Untungnya akses menuju danau ini relatif mudah, wisatawan bisa menggunakan Jalan Trans Sumatera yang kondisinya sangat baik. Wisatawan juga bisa menggunakan bus dari Kota Jambi menuju Muara Bulian.

Pesona Telaga Biru Muara Tembesi

Telaga Biru Muara Tembesi bukanlah telaga yang terbentuk secara alami. Danau ini merupakan danau buatan yang dibuat oleh penduduk setempat yang mengeruk tanah sebagai bahan baku pembuatan batu bata. Tanah yang terus dikeruk tersebut akhirnya menimbulkan lubang cukup besar yang berisi air hujan sehingga membentuk sebuah danau.

Keberadaan Telaga Biru Muara Tembesi masih terbilang baru dan terdapat rencana untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata di Jambi. Penduduk setempat mengenal danau ini dengan sebutan telaga biru karena warna air di telaga ini biru kehijauan cenderung hijau toska.

Danau Biru Muara Tembesi

Berbeda dengan batu bata pada umumnya yang memiliki warna merah tua, batu bata di kawasan ini memiliki warna putih yang senada dengan warna tanah bahan baku batu bata. Diperkirakan kandungan kapur pada tanah di kawasan ini memberikan warna air danau yang begitu menawan.

Telaga Biru Muara Tembesi memang tidak terlalu besar, namun keindahan telaga ini tetap menarik rasa penasaran wisatawan. Di sekitar danau, pengunjung bisa melihat tanah putih yang dijadikan bahan baku pembuatan batu bata. Danau ini juga dikelilingi oleh berbagai tanaman hijau yang menambah keindahan tempat wisata di Muara Tembesi ini.

Fenomena danau dengan air berwarna biru kehijauan yang indah menanti wisatawan di danau. Warna airnya juga serasi dengan alam sekitar yang masih asri dan terawat. Di tepian danau, pengunjung bisa duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam dan udara segar.

Tak jarang kita jumpai anak-anak dan remaja yang gemar berenang dan menikmati segarnya air telaga. Wisatawan juga bisa berenang dan bertemu anak-anak setempat. Namun tetap berhati-hati saat berenang di danau, karena Danau Biru Muara Tembesi merenggut nyawa dua remaja yang tenggelam.

Fasilitas Telaga Biru Muara Tembesi

Sayangnya fasilitas di Danau Biru Muara Tembesi masih sangat minim. Masih kurangnya fasilitas umum seperti toilet, toilet, ruang ganti, tempat sampah, dan musala untuk beribadah. Namun wisatawan bisa memarkir kendaraannya di area luas sekitar danau.

Di sekitar danau juga sangat sulit ditemukan warung atau toko yang menjual makanan, sehingga sebaiknya wisatawan mempersiapkan bekal dari rumah sebelum mengunjungi danau ini. Namun sekitar beberapa kilometer dari Danau Biru Muara Tembesi, pengunjung akan menemukan beberapa warung sederhana yang bisa menjadi tempat melepas rasa lapar dan dahaga.

Di tepi danau ini masih belum ada pagar pengaman, karena kedalaman danau yang cukup dalam tentu saja dapat membahayakan wisatawan jika terpeleset. Selain itu, tidak ada petugas keamanan yang menjaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Mengingat potensi wisatanya, danau di Batanghari perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah setempat.

Mengunjungi Telaga Biru Muara Tembesi menjadi salah satu alternatif wisata menarik saat mendekati akhir pekan atau seperti saat ini saat libur lebaran. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di danau.

Menikmati keindahan danau

Jika Anda sedang berada di Jambi, khususnya di Kabupaten Batanghari, Anda bisa mengagumi keindahan Telaga Biru Muara Tembesi setelah mengunjungi beberapa tempat bersejarah. Pemandangan Anda dimanjakan oleh danau yang indah, indah dengan air berwarna biru kehijauan. Di danau ini Anda bisa berenang ditemani anak-anak kecil yang sedang asyik bermain di tepi danau.

Anda juga bisa bermain dengan anak kecil di area putih tepi danau yang berfungsi sebagai perosotan. Di sore hari pesona telaga pun tak kalah menariknya. Angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh, serta alam sekitar berupa pepohonan hijau menjadi fenomena tersendiri, cocok untuk relaksasi.

Perburuan Foto

Bagi penggemar fotografi, Danau Biru Muara Tembesi juga menjadi destinasi yang cocok untuk berburu foto. Di danau ini Anda bisa mengabadikan keindahan pemandangan danau yang tampak indah di bawah sinar matahari. Ada beberapa objek menarik yang bisa Anda foto. Selain telaga, Anda juga bisa memotret sisa-sisa galian tanah putih yang berbentuk seperti tebing indah.

Tak jarang para remaja menjadikan danau ini sebagai latar belakang selfie. Keindahan telaga menjadi daya tarik tersendiri bagi para remaja yang gemar memposting foto di media sosialnya. Jika Anda sedang mencari objek untuk foto prewedding, tempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai background foto prewedding.

Jam buka dan tarif masuk Danau Biru Muara Tembesi

Tiket masuk ke objek wisata Telaga Biru Muara Tembesi ini benar-benar gratis bagi wisatawan. Kemudian jam bukanya sendiri adalah dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore.

Baca juga:

Tips berwisata ke Telaga Biru Muara Tembesi

  • Sebaiknya membawa perbekalan sebelum mengunjungi danau karena tidak ada penjual makanan di sekitar danau.
  • Jika ingin berenang di danau, bawalah pakaian ganti.
  • Selalu berhati-hati saat berjalan di tanah sekitar danau karena cukup licin.
  • Berhati-hatilah saat berenang karena danau ini cukup dalam.
  • Jagalah kebersihan danau dengan membawa kembali sampah dan membuangnya dengan benar.
  • Jaga kelestarian dan keindahan telaga dan jangan sampai merusaknya.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button