Tempat Wisata

Telaga Pancar, objek wisata alam dengan panorama hutan pinus di Majalengka

Telaga Pancar di Majalengka memukau dengan panorama hutan pinusnya yang mempesona, sedangkan pemandangan menyerupai gunung pura menambah pesona alamnya yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: Lengkong Kulon, Kecamatan. Sindangwangi, Kab.Majalengka, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Salah satu tempat wisata di Majalengka yang wajib Anda dan keluarga kunjungi adalah Telaga Pancar. Talaga terletak di desa Lengkong, lebih tepatnya di kecamatan Sindangwangi. Saat hari libur, tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Hal ini wajar saja karena danau ini memiliki panorama yang begitu indah dan udara yang begitu sejuk. Pemandangan alam tempat ini tidak akan Anda temukan di tempat wisata lainnya. Dipastikan Anda dan rombongan akan menikmati liburan di danau ini dalam waktu yang lama.

Telaga Pancar yang mempesona penuh dengan pepohonan pinus. Oleh karena itu sangat cocok dijadikan tempat berkemah. Saat liburan tiba, jangan lewatkan kesempatan untuk segera menuju Kabupaten Majalengka untuk menikmati keindahan telaga.

Daya Tarik Telaga Pancar

Daya Tarik Telaga PancarFoto oleh Aisah Istarra di Google Maps

Lingkungan masih bagus

Banyak sekali atraksi yang ditawarkan Telaga Pancar kepada pengunjungnya. Salah satu daya tariknya adalah lingkungan wisata yang masih sangat asri. Kabupaten Majalengka tidak hanya dikenal sebagai kota hasil pertanian seperti durian, lokasi tempat wisata ini juga terkenal dengan keindahan alamnya.

Salah satu tempat wisata yang mampu menarik perhatian pengunjung adalah danau ini. Setiap harinya tempat ini hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini wajar saja karena tidak banyak tempat wisata yang bisa memadukan hobi dalam satu tempat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Jika Anda mempunyai hobi memanah di sini namun sekaligus ingin menikmati keindahan alam maka telaga ini adalah tempat yang sangat direkomendasikan. Selanjutnya bagi anda yang ingin berkemah bersama keluarga sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini.

Telaga Pancar sengaja dikembangkan pihak pengelola sebagai kawasan rekreasi. Meski demikian, keindahan tempat ini harus tetap dilestarikan agar fungsi hutan tidak hilang di kemudian hari. Suasana alam di tempat ini sungguh sejuk dan sejuk.

Di titik ini Anda akan menemukan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Pohon-pohon pinus yang tumbuh lurus dan rapi membuat pemandangan alam disekitarnya tampak menakjubkan.

Lapangan panahan

Atraksi selanjutnya yang tak kalah seru dan menarik pengunjung untuk berkunjung ke Telaga Pancar adalah kawasan panahan. Selain bisa melihat ikan-ikan berenang hilir mudik di air danau yang jernih, tempat ini sebenarnya juga merupakan kawasan menarik bagi pecinta olahraga panahan.

Luas objek wisata alam ini sekitar 125 hektar. Namun luas lahan yang digarap sejauh ini masih 4 hektar.

Pemandangan gunung menyerupai candi

Saat Anda datang ke danau ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Pemandangannya berupa gunung yang sekilas terlihat seperti candi. Pemandangan ini tentu tidak akan Anda temukan di tempat wisata alam lainnya.

Anda akan melihat gunung tersebut dengan jelas dimana bebatuan di gunung tersebut membentuk struktur yang rapi sehingga terlihat seperti sebuah candi. Tak sedikit wisatawan yang datang akan mengabadikan gambar pegunungan yang mirip candi sebagai latar belakang fotonya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga Tiket Telaga PancarFoto Irfan Fauzi Rachmat di Google Maps

Tidak perlu khawatir jika anda berencana datang ke objek wisata Telaga Pancar di Majalengka Jawa Barat karena koneksi jalan yang cukup baik dan mudah untuk dilalui. Oleh karena itu, jalur yang harus Anda lalui hingga akhirnya sampai di objek wisata tersebut relatif sederhana. Selain itu, Anda dapat menemukan tempat-tempat wisata dengan menggunakan dukungan navigasi di smartphone Anda.

Di sini Anda bisa berangkat dari pusat kota Cirebon dan menuju ke danau. Untuk menuju kawasan danau, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Jika perjalanan ke sini melalui Kota Cirebon akan menempuh jarak 23 km atau sekitar satu jam perjalanan. Rute yang perlu Anda tempuh adalah menuju Jalan Raya Sumber.

Setelah sampai di Jalan Imam Bonjol, Anda perlu belok kiri menuju Jalan Lengkong. Kemudian lanjutkan berkendara lurus sekitar 1,3 km hingga sampai di kawasan danau.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati keindahan Telaga Pancar, Anda akan dikenakan tiket masuk seperti tempat wisata lainnya. Biaya masuknya sendiri cukup terjangkau. Nantinya Anda hanya perlu membayar pajak sebesar Rp 5.000 per orang.

Sedangkan bagi Anda yang kebetulan membawa kendaraan pribadi perlu memarkir kendaraannya di sini. Biaya parkirnya sendiri adalah Rp 2.000. Biaya tersebut cukup terjangkau dibandingkan tempat wisata lainnya di Kabupaten Majalengka.

Oleh karena itu, bagi Anda yang kebetulan sedang mencari tempat wisata indah, mengunjungi danau ini adalah ide yang tepat.

Kegiatan menarik dilakukan

Kegiatan di Telaga PancarFoto oleh Fransiskus Aprianto di Google Maps

1. Nikmati udara sejuk

Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama menginap di Telaga Pancar. Salah satu kegiatan tersebut adalah menikmati sejuknya udara di tempat-tempat wisata. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, danau ini memiliki udara yang sangat sejuk dan sejuk karena kawasan wisata ini terletak di kaki Gunung Ciremai.

Namun bukan itu saja, danau ini dipenuhi pepohonan pinus sehingga membuat kawasan wisata ini nyaris tak tersentuh sinar matahari. Area yang paling banyak terkena sinar matahari biasanya pada lahan yang digunakan untuk berkemah atau aktivitas lainnya.

Tak hanya udaranya yang sejuk, air di dalam pipa juga terasa sangat dingin. Dinginnya air bisa Anda rasakan saat berada di toilet atau di musala. Bagi anda yang berasal dari perkotaan dan bosan dengan polusi disekitar anda, jika datang ke telaga ini anda benar-benar bisa merasakan udara bersih tanpa polusi.

Disana Anda dan keluarga bisa menikmati kesejukan alam pegunungan sambil menikmati gemerisik dedaunan pinus yang tertiup angin. Bagi Anda yang memiliki anak, tak ada salahnya mengajaknya ke sini. Telaga Pancar menyediakan ayunan untuk digunakan anak Anda.

Jika Anda ingin menikmati objek wisata alam populer ini dengan lebih mempesona, tidak ada salahnya untuk mendaki ke puncak bukit, di puncaknya akan terhampar pemandangan eksotis Kabupaten Majalengka di depan mata Anda.

2. Makan nasi liwet

Kegiatan menarik berikutnya adalah menyantap nasi liwet. Pengunjung berkesempatan menyantap nasi liwet yang bisa dipesan di Telaga Pancar. Menu Nasi Liwet sangat bervariasi, sehingga bagi anda yang tertarik dengan kuliner tidak boleh melewatkan kegiatan ini.

Ada paket nasi liwet dengan menu ikan peda yang kemudian digoreng atau dicelup, jengkol muda, daun singkong atau pepaya, sayur leunca segar, tahu tempe, dan kurap. Nanti juga bisa ditambahkan ayam goreng.

3. Berkemah di Telaga Pancar

Kegiatan ini sangat direkomendasikan bagi anda yang saat ini merupakan pecinta alam yang aktif. Atau bisa juga bagi Anda yang berencana bermalam di tepi danau. Bagi anda yang ingin berkemah akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang.

Biaya ini dimaksudkan untuk menutupi biaya sewa dan pembersihan. Selain itu, biaya penerangan listrik yang disediakan pengelola Telaga Pancar juga akan ditanggung.

4. Berburu Foto

Kegiatan terakhir ini sayang untuk dilewatkan. Panorama alam yang ditawarkan di resor wisata See ini sungguh luar biasa indahnya. Oleh karena itu, pemandangan indah ini tidak boleh Anda lewatkan tanpa mengabadikannya dalam jepretan kamera.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Danau PancarFoto oleh Deden Zaenudin Al-Shirazi di Google Maps

Telaga Pancar merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Majalengka dan dikelola dengan cukup profesional. Untuk itu fasilitas yang ada di lokasi ini sudah lengkap.

Di lokasi ini Anda tidak akan kesulitan mencari toilet atau ruang ganti. Tersedia pula musala bagi anda yang beragama Islam dan ingin melaksanakan salat di sana. Selain itu, lahan parkir yang tersedia cukup luas dan aman.

Jika ingin duduk dan bersantai, Anda bisa melakukannya di paviliun yang dibangun oleh Tourist Attraction Administration. Selain itu, bisa juga menyewa hammock lengkap.

Telaga Pancar yang hits di Kabupaten Majalengka ini menawarkan keseruan dan keindahan alam yang tidak bisa Anda temukan di tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, ketika hari raya tiba, anda harus segera berangkat ke tempat ini bersama keluarga dan anak anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button