Tempat Wisata

Telogo Sono di Pacitan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali adalah tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Jawa Timur juga merupakan surga tersendiri bagi para pecinta travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti halnya di Pacitan, ada satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Telogo Sono.

Telogo Sono merupakan tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Dusun Sono, Desa Kalikuning, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika Anda berencana untuk berwisata bersama keluarga atau teman, berkunjung ke Pacitan tidak menjadi masalah karena tentunya banyak tempat wisata yang bisa ditemukan di sini. Dan Telogo Sono tidak boleh dilewatkan.

Dari cerita lama yang ada di sana, disebutkan bahwa Telogo Sono dulunya bernama Telogo Bedog di Dusun Bedog. Tapi karena dulu, ketika para Warden ingin membuat danau di Dusun Bedog, mereka tertangkap oleh Gadis Bedog Supit (gadis yang dihindari para Warden karena bisa menurunkan kesaktiannya) yang sedang menyapu saat itu.

Maka sangat disayangkan pembangunan danau di lokasi ini akhirnya dibatalkan. Dan dari bekas galian danau yang tidak jadi, terdapat sumber air yang cukup besar hingga saat ini. Dan di titik ini juga terdapat batu yang sangat besar yang dibuka oleh para penjaga untuk dijadikan sebuah danau. Batu itu masih tergeletak di sekitar sungai.

Telogo Sono adalah sebuah danau yang tersembunyi di balik pegunungan. Dan itulah mengapa pemandangan di sana sangat indah. Panorama pegunungan dengan deretan pepohonan dan udara yang dihasilkan sangat sejuk dan bebas polusi. Juga alam sekitar yang indah, diiringi kicauan burung, akan mengiringi kebersamaan dan penyatuan dengan alam di danau ini.

Telogo Sono tidak hanya cocok sebagai tempat berkemah saja, namun juga sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi seperti memancing. Keistimewaan lain dari Telaga Sono adalah danau ini tidak pernah kering, bahkan di musim kemarau sekalipun.

Fasilitas di Telogo Sono

Sedangkan fasilitas objek wisata Telogo Sono tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain-main di Telago Sono, perut Anda pasti akan lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sana Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan air danau yang jernih, deretan pepohonan yang indah, dan langit biru.

– Akomodasi

Di daerah tersebut, Anda yang membutuhkan akomodasi dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

– tempat perkemahan

Para pecinta alam di antara kalian bisa membawa perlengkapan berkemah untuk merasakan bermalam dengan dikelilingi alam yang asri dan sejuk.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar kawasan wisata.

Berburu foto di Telogo Sono

Di Telago Sono, bagi Anda yang tertarik dengan seni fotografi bisa mengambil foto dari lokasi-lokasi menarik. Pemandangan air danau yang berwarna biru kehijauan sangat indah dipandang mata. Tentu menarik untuk mengabadikannya dan kemudian mempostingnya di media sosial agar banyak orang mengetahui keindahan Telago Sono. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang danau atau deretan pepohonan di sekitarnya. Pemandangan gunung yang eksotis tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk berfoto bersama teman atau sekedar selfie. Anda dapat meminta orang lain untuk mengambil gambar Anda saat Anda sedang duduk atau berdiri dengan latar belakang danau yang indah. Ada banyak tempat menarik untuk dijelajahi dan menjadi incaran jepretan kamera Anda. Jangan lupa untuk mengunggah foto-foto Anda di berbagai media sosial agar lebih banyak orang yang mengetahui objek wisata ini.

Baca Juga : Pantai Pintu Pancer, Wisata Sambil Surfing

Akses jalan menuju Telogo Sono

Danau di sebelah barat desa ini juga merupakan gambaran desa Kalikuning. Meski agak terpencil, akses jalan tidak jauh dari jalur Pacitan-Lorok dan melalui desa Mentoro (bukan JLS). Setelah melewati pasar desa Ketrowonojoyo, terus saja berkendara hingga sampai di perempatan dan belok kiri menuju desa Kalikuning. Dari situ Anda bisa mengajak warga sekitar untuk menuju ke Dusun Sono.

Biaya masuk ke Telago Sono

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Operasional Telago Sono

Peta situs Telogo Sono

Tips berlibur di Telago Sono

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan dibuang

Galeri foto Telago Sono di Pacitan

Telogo Sono di PacitanPotret Telago Sono dari atas bukitAir danau jernihTempat foto terbaikMemancing di Telogo Sonoberburu fotoMatahari terbenam di Telogo Sono

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button