Tempat Wisata

Temple of Lor: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Aktivitas atau pekerjaan yang intens yang Anda lakukan setiap hari seringkali menimbulkan rasa stres dan tekanan yang kuat dalam hidup Anda. Itulah mengapa liburan dianggap penting agar Anda bisa mengendurkan otot-otot tubuh dan menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa Sekaligus melepaskan penat. Keadaan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan. Malang sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur bisa menjadi tujuan wisata yang tepat apalagi jika anda mencari objek wisata alam karena disana anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan termasuk yang akan kita bahas kali ini yaitu Candi Lor.

Candi Lor merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Anda temui di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan yang pernah menguasai pulau Jawa, kawasan ini memiliki banyak peninggalan sejarah mulai dari senjata, perhiasan, prasasti, arca hingga candi. Jawa Timur sendiri memiliki banyak candi yang tersebar di beberapa daerah, termasuk Nganjuk yang merupakan tempat berdirinya Candi Lor. Dianggap sebagai cikal bakal lahirnya kota Nganjuk, Candi Lor memiliki arsitektur bangunan yang sama seperti dulu dan tidak pernah dipugar atau direnovasi, meskipun beberapa bagian candi mengalami kerusakan. Meski begitu, rupanya kerusakan tersebut telah menjadi daya tarik unik yang menyenangkan pengunjung.

Sedikit cerita tentang Lor Temple. Diketahui dari prasasti Anjuk Ladang bahwa Mpu Sindok raja Mataram Hindu bergelar Sri Maharaja Sri Isyana Wikrama Dharmottunggadewa, Rakai Hinu Sahasra, Rakai Baliswara dan Rakai Kanuruhan pada tahun 859 Caka atau 937 Masehi memerintahkan mendirikan bangunan suci yang disebut Srijayamerta, tanda penetapan kawasan Anjuk Ladang (kemudian nama ini menjadi “Nganjuk”) sebagai daerah otonom untuk jasa rakyat Anjuk Ladang dalam perang melawan tentara Melayu.

Di bangunan Candi Lor ini juga terdapat dua buah makam yaitu Abdu Dalem Kinasih Empu Sindok bernama Eyang Kerto dan Eyang Kerti. Selain makam, kita juga bisa menemukan pohon yang sangat besar yang berumur sekitar 500 tahun. Pohon Kepuh ini berdiri di atas bangunan candi. Bahan baku bangunan Candi Lor adalah batu bata dengan tinggi 5,6 m, panjang 7 m, dan lebar 4,2 m.

Jika Anda mampir ke sana, Anda tidak hanya akan disuguhi pemandangan pura yang eksotis dan indah, tetapi juga merasakan sejuknya suasana di sana. Selain itu, jika Anda mengajak anak-anak, Anda bisa bercerita tentang sejarah Kuil Lor.

Fasilitas di Kuil Lor

Sedangkan fasilitas objek wisata Candi Lor tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda jumpai seperti :

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Setelah menghabiskan waktu berjam-jam melihat-lihat area candi, perut Anda pasti akan lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang didirikan di sana, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan candi di depan Anda dan pegunungan sekitarnya.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan wisata Candi Lor, bagi Anda yang membutuhkan akomodasi bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area candi.

Berburu foto di Kuil Lor

Dengan maraknya media sosial, orang-orang yang sedang bepergian berlomba-lomba mengunggah foto terbaik dan dilihat oleh banyak orang. Oleh karena itu, kamera ponsel atau kamera profesional sepertinya tidak boleh dilewatkan saat berlibur. Di Lor Temple, Anda bisa menekuni hobi fotografi dengan memotret bangunan candi yang unik. Meski sudah rusak di sana-sini, hal ini seakan menambah estetika dan keaslian tersendiri. Sendiri atau bersama keluarga, teman-teman Anda bisa berfoto dengan latar belakang pura dan pemandangan sekitar yang indah. Pastikan untuk mengunggahnya di berbagai media sosial agar Anda bisa lebih mengenalkan tempat wisata ini.

Baca juga: Edukasi Satwa Petungsewu, Jalan-jalan sambil mengikuti program edukasi

Akses jalan menuju Kuil Lor

Bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan tinggal mengarahkan dengan kendaraan anda. Sulit untuk menemukan tempat itu. Anda dapat mengaktifkan aplikasi GPS untuk memandu Anda ke sana Desa Candirejo, Kecamatan Loceret. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang sering melintas di sana.

Biaya masuk ke Kuil Lor

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Selain tiket masuk Candi Lor, kamu juga perlu menyiapkan sejumlah uang untuk biaya parkir saat berkunjung ke Candi Lor. (Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Kuil Lor

Tips Berlibur di Kuil Lor

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Lor Temple semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Kuil Lor adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang tersayang ke Lor Temple untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Lor Temple.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button