Berita Wisata

Temukan 10 rekomendasi tempat wisata Madiun yang cocok untuk liburan

Bisnis.com, JAKARTA – Madiun merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Selama ini wisata Madiun yang paling terkenal adalah aneka air terjunnya.

Padahal, masih banyak tempat wisata di Madiun yang lebih populer dari air terjun, seperti hutan pinus dan gunung. Berwisata ke Madiun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi musim liburan Anda.

Rekomendasi tempat wisata di Madiun

Anda bisa pergi ke Madiun untuk mengisi bahan bakar tanpa mengemas kantong kering. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Madiun yang lebih populer dan cocok dikunjungi saat musim liburan.

1. Hutan Pinus Nongko Ijo

Wisata ke Madiun ini berada di kaki Gunung Wilis. Dinamakan Nongko Ijo karena dulunya banyak terdapat pohon nangka hijau besar. Jika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa menikmati keindahan dan kesejukan yang disajikan oleh pepohonan pinus dan dua mata air sungai, yaitu Sungai Juweh dan Sungai Catur.

Harga tiket masuk: Rp 2.000

Alamat: Kec. Kari, Kota Madiun, Jawa Timur

2. Petualangan Tubing Brumbun

Brumbun Tubing Adventure merupakan salah satu wisata yang paling populer di Madiun karena rafting, untuk keamanan tidak perlu khawatir karena Brumbun Tubing Adventure telah menyediakan pelampung dan ban yang didesain khusus. Liburan semakin seru jika Anda berkunjung ke sini bersama keluarga dan teman.

Harga tiket masuk: Rp 15.000

Alamat: Brumbun, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur

3. Air Terjun Krecekan Denu

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Air mengalir dari atas tebing. Suasana tenang dan sejuk sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Harga tiket masuk: Rp 5.000

Alamat: Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kec. Kari, Kota Madiun, Jawa Timur

4. Air Terjun Seweru

Air Terjun Semeru terletak persis di lereng Gunung Wilis. Tempat wisata Madiun ini memiliki julukan yang berbeda, dikenal juga dengan nama Air Terjun Kedung Malam. Air terjun ini memiliki kolam alami yang menampung aliran air dari ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Harga tiket masuk: Gratis

Alamat : Dusun Seweru, Branjang, Kec. Kari, Kota Madiun, Jawa Timur

5. Gunung Kendil

Sebelum digunakan sebagai tempat wisata, Gunung Kendil digunakan sebagai lokasi latihan militer. Suasananya mirip dengan Santa Monica di Los Angeles. Tempat wisata populer di Madiun ini memiliki arena balap motor, mobil off road, camping ground, tempat pemancingan dan lapangan tembak.

Harga tiket masuk: Gratis

Alamat: Area persawahan, Pilangrejo, Kec. Wungu, Kota Madiun, Jawa Timur

6. Air Terjun Banyulawe Dong

Air terjun ini banyak dikunjungi wisatawan. Jika Anda datang ke sini Anda dapat menikmati air terjun dengan pemandangan gunung. Terdapat fasilitas yang bisa digunakan yaitu mushola, gazebo, toilet, area parkir dan warung makan.

Harga tiket masuk: Gratis

Alamat: Gligi, Kepel, Kec. Pare, Kota Madiun, Jawa Timur

7. Air Terjun Kucur

Di tempat wisata di Madiun ini, Anda bisa bersantai menikmati kesejukan air terjun dengan view Gunung Wilis. Aksesnya cukup mudah, cukup menggunakan sepeda. Air terjun setinggi 20 meter ini merupakan jalur buatan yang dibuat warga setempat.

Harga tiket masuk: Gratis

Alamat: Pucang Sawit, Padas, Kec. Niaga, Kota Madiun, Jawa Timur

8. Wisata Alam Pesanggrahan

Ada lima gubuk beratap rumbia yang cocok sebagai tempat bersantai. Dari pondok Anda bisa menikmati alam bahkan berfoto. Plus, Anda dapat melihat air terjun dan mengunjungi perkemahan dan jalur petualangan.

Harga tiket masuk: Gratis

Alamat: Dusun Mbade, Desa Segulung, Kec. Niaga, Kota Madiun, Jawa Tengah

9. Wisata Alam Anggur

Tempat wisata di Madiun Jawa Timur ini membuat pengunjung betah karena menampilkan keindahan alam yang menenangkan. Di sini kamu bisa menikmati kesejukan sungai yang airnya mengalir dari pegunungan Dungus.

Harga tiket masuk: Rp 3.000

Alamat : Kresek, Wungu, Kawasan Taman Hutan Raya, Kuwiran, Kari, Kota Madiun, Jawa Timur

10. Gunung Wilis

Giliran terakhir di Madiun adalah Gunung Wilis. Di sini Anda bisa menemukan keindahan air terjun yang tingginya mencapai 400 meter di atas permukaan laut. Gunung Wilis merupakan gunung berapi yang tidak aktif dan menjadi gunung favorit bagi para pendaki.

Harga tiket masuk: Gratis

Alamat : Dusun Seweru, Desa Kare, Kec. Kari, Kota Madiun, Jawa Timur

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Madiun yang lagi hits, cocok dikunjungi untuk mengisi musim liburan. Selain tempat wisata yang sudah disebutkan, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata baru di Madiun atau tempat wisata malam di Madiun yang seru dan berkesan.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton videonya di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button