Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas CURUG CIGAMEA Januari 2023

Biaya masuk Air Terjun Cigamea: Rp 10.000. Jam buka: 07.30-17.00. Nomor telepon : -. Alamat: Jl. Air Terjun Cigamea, Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810.

Air Terjun Cigamea memiliki dua air terjun yang bersebelahan di tempat yang sama. Ketinggian kedua air terjun ini berbeda, masing-masing 30 meter dan 50 meter. Lokasinya paling dekat dengan pintu masuk belakang kawasan wisata Gunung Salak Endah (GSE).

Kawasan wisata GSE tempat air terjun ini berada memiliki udara yang segar dan sejuk. Dikelilingi oleh pegunungan hijau, pemandangan alam begitu indah dan indah. Selain itu, akses ke air terjun relatif mudah dan ramah wisatawan.

Tiket masuk ke air terjun Cigamea

Wisatawan yang datang ke air terjun ini membayar tiket masuk yang cukup murah. Selain biaya masuk air terjun, pengunjung juga dikenakan tiket masuk ke Kawasan Konservasi Gunung Salak Endah (GSE).

Tiket masuk ke air terjun Cigamea
Tiket masuk Curug Rp 10.000

Baca: Tiket dan Aktivitas Curug Ciherang Bogor

Jam buka air terjun Cigamea

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Baik hari biasa maupun akhir pagi hingga sore hari. Gerbang masuk Kawasan Konservasi Wisata GSE buka 24 jam sehari.

Durasi
Senin minggu 07.30 – 17.00

Beragam aktivitas wisata di Air Terjun Cigamea

Curug Cigamea Bogor memiliki dua air terjun yang berdekatan dengan ketinggian masing-masing 30 dan 50 meterCurug Cigamea Bogor memiliki dua air terjun yang berdekatan dengan ketinggian masing-masing 30 dan 50 meter. Foto: Google Maps/dent Ary

Curug Cigamea merupakan yang paling dekat dengan pintu masuk utama Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Air terjun ini memiliki dua air terjun dengan ketinggian berbeda di tempat yang sama. Wisatawan yang datang pasti suka berfoto dengan latar belakang dua air terjun tersebut.

Akses dari pintu masuk ke air terjun sudah cukup baik dengan adanya pagar. Namun, wisatawan tidak diperbolehkan memasuki kawasan air terjun saat hujan turun. Karena limpasan air dapat meningkat volumenya dalam waktu singkat.

Baca: 29 TEMPAT WISATA DI BOGOR Paling Spektakuler

Kenaikan

jalan menuju air terjunTrekking ringan menuju air terjun. Foto: Google Maps/Annas Zukhra

Curug Cigamea hanya berjarak 400 meter atau sekitar 15 menit dari pintu masuk. Jalan akses dari pintu masuk menuju air terjun didesain rapi dengan balok beton berundak. Jalur tersebut dilengkapi dengan pagar.

Wisatawan menempuh jalan menurun menuju air terjun. Deretan bukit memenuhi pemandangan di sepanjang jalan. Beberapa monyet putih sering terlihat di pepohonan yang mengelilingi jalur trekking ini. Kicauan burung turut mewarnai indahnya suasana di sekitarnya.

Baca: Tiket dan Aktivitas Curug Leuwi Hejo

Dari panggung conblock ini, wisatawan bisa melihat ketinggian air terjun yang sebenarnya. Karena terlihat sangat jelas jika memperhatikan sisi kiri tebing di depan.

Menikmati keindahan air terjun

Curug kedua di Curug Cigamea ini memiliki dinding batu berwarna merah bata dengan air yang tak kalah jernihnyaCurug kedua di Curug Cigamea ini memiliki dinding batu berwarna merah bata dengan air yang tak kalah jernihnya. Foto: Instagram/dede_ulut

Air Terjun Cigamea dikenal dengan Air Terjun Bidadari. Air terjun ini memiliki dua air terjun yang berdampingan dengan ketinggian 30 meter dan 50 meter. Ketinggian sebenarnya dari air terjun ini tidak terlihat dari bawah karena terhalang oleh pepohonan yang lebat.

Air terjun pertama menyebar dengan air mancur yang menggelegak, memiliki dinding batu berwarna hitam dan terlihat keras seperti batu karang. Air terjun kedua menyembur dari sela-sela tebing di antara tumbuhan. Dindingnya berupa tebing kemerahan seperti dasarnya, dengan aliran air yang tetap jernih.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Bidadari Sentul Bogor dan Kegiatannya

Percikan air membentuk gerimis hingga menciptakan pelangi mini yang unik di air terjun ini. Bongkahan besar batu hitam pekat terhampar di bawah air terjun. Dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan dengan kicauan burung yang menambah sejuknya udara alam yang asri dengan panorama yang memikat.

bermain air

Pengunjung bermain di kolam di bawah air terjunKarena bagian tengah Kolam Air Terjun Cigamea cukup dalam, wisatawan bisa mandi atau bermain air dan merasakan kesegaran sungai. Foto: Instagram/nadamulya12

Banyak wisatawan menikmati kesejukan air terjun sambil berdiri di bawah jet yang terasa seperti rintik hujan. Kedua air terjun ini cukup aman untuk mandi di kolam berwarna kehijauan.

Beberapa wisatawan juga suka berenang dan duduk di air serta bermain di kolam di bawah air terjun. Tentunya dengan tidak melewati garis aman.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Seribu Bogor

Wisatawan tidak diperbolehkan berenang di kolam yang ada di kaki Air Terjun Cigamea. Selain dalam, limpasan air bisa langsung bertambah. Wisatawan dilarang berenang ke tengah kolam di luar pembatas area.

terapi ikan

Wisatawan menyediakan terapi ikan di berbagai kolam khususKolam terapi ikan banyak diminati wisatawan, curug cigamea bogor dengan berbagai manfaat untuk kesehatan. Foto: Google Maps/Annas Zukhra

Selain wisata air terjun, wisatawan bisa mencoba terapi ikan. Terapi ikan ini dapat membersihkan kulit karena memakan sel kulit mati. Gigitannya merangsang sel saraf, menghilangkan stres, peredaran darah menjadi lancar, dan anggota badan terasa segar kembali.

Lokasi pasta ikan ini berada di sepanjang jalan dan anak tangga menuju air terjun. Pengunjung yang ingin mencobanya juga tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Hanya Rp 5.000 sudah bisa merendam kaki di kolam yang tersedia.

Camping & Akomodasi di Curug Cigamea

Bumi perkemahan di dekat pintu masuk air terjun CigameaLokasi perkemahan tidak jauh dari pintu masuk air terjun. Foto: Google Maps/Kang Roni

Suhu di kawasan Air Terjun Cigamea cukup dingin berkisar 20ÂșC. Pohon pinus tampak menjulang tinggi sejak pintu masuk kawasan.

Bumi perkemahan Curug Cigamea letaknya sangat dekat dengan pintu masuk. Di kawasan itu, pohon pinus setinggi puluhan meter berdiri berdekatan Tempat perkemahan. Namun, sinar matahari tetap terang melalui celah-celah dedaunan.

Baca: Tiket Masuk CURUG NANGKA Bogor, Kegiatan dan Rutenya

Wisatawan bisa memanfaatkan momen berkemah ini untuk lebih dekat dengan alam. Bermalam di kawasan air terjun memberi Anda lebih banyak waktu untuk menjelajahi kawasan wisata.

serangkaian villa micahel resortMichael Resort merupakan salah satu penginapan yang ada di kawasan wisata Gunung Salak Endah. Foto: Google Maps/Christophorus Nino

Selain berkemah semalam, ada juga pilihan akomodasi bermalam di sekitar kawasan air terjun. Lokasinya berada di kanan dan kiri jalan menuju air terjun. Namun, tidak disarankan untuk memilih akomodasi di sini.

Selain terlihat kumuh, lokasi penginapan ini juga cukup jauh dari jalan utama. Jadi agak ribet saat ingin membeli dan memakan kebutuhan pokok.

Lebih disarankan memilih akomodasi di sepanjang jalan utama Cagar Alam Gunung Salak Endah. Ada banyak akomodasi seperti resor dan vila di sini.

rubah terbang

Wahana flying fox ditawarkan bagi wisatawan Air Terjun Cigamea yang menyukai tantangan yang memacu adrenalin. Wahana ini dibuka setiap akhir pekan saat jumlah wisatawan meningkat dibanding hari biasa.

Sambil meluncur di atas gendongan baja, wisatawan dapat menikmati pemandangan panorama daerah tersebut dari ketinggian. Rasakan sensasi terbang ke atas air terjun putih yang menjulang tinggi.

perabot

Pengelola Kawasan Wisata Curug Cigamea telah membangun fasilitas yang memadai bagi wisatawan. Seperti paviliun, aula, mushola, ruang loker dan toilet. Jumlah toilet yang disediakan mencapai 30 pintu toilet.

Beberapa fasilitas umum berjejer rapi di sepanjang jalur menuju air terjun. Di antaranya ada lebih dari 20 stand makanan dan minuman.

Penjual suvenir menjual pernak-pernik seperti pakaian dengan gambar Air Terjun Cigamea. Bahkan ada akomodasi di dekat air terjun.

mengakses

Obyek wisata air terjun ini terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Rute menuju tempat wisata Curug Cigamea sangat mudah.

Dari arah Parung, wisatawan tinggal langsung menuju pertigaan Semplak Bogor dan berjalan menuju kampus IPB. Kemudian berkendara ke rute Cemplang (Cibungbulang) – Pamijahan – Salak Endah. Jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 2 jam dengan sepeda motor 60 km.

Pengguna angkutan umum dapat naik angkot 03 dari stasiun kereta menuju Terminal Cibubulak. Lanjutkan dengan Angkot 05 menuju Leuwiliang hingga pertigaan Cibatok, lalu naik Angkot 59 hingga terminal pintu masuk kawasan Gunung Salak Endah.

Lokasi air terjun Cigamea

Wisata air terjun ini berada di kawasan wisata Gunung Salak Endah. Tepatnya di Kampung Loka Purna, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button