Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas PARIWISATA PERENG CILONGOK Januari 2024

Wisata Pereng Cilongok

  • Biaya masuk: Rp20.000
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Nomor telepon: 0281655361 / +62 838-6260-8590
  • Alamat Lokasi : Kalimanggis Utara, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53162

Banyumas, kota yang mungkin jarang menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Jika tidak ada keluarga di kota ini, wisatawan mungkin tidak akan berkunjung ke Banyumas. Faktanya, ada tempat wisata di Banyumas yang tidak boleh diabaikan. Salah satunya adalah Wisata Pereng Cilongokyang menyuguhkan berbagai hiburan dan wisata edukasi.

Objek wisata ini cocok dijadikan destinasi keluarga. Berbagai wahana dapat dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Ada kolam renang, flying fox, becak mini, perahu kayuh dan masih banyak lagi. Dan baru-baru ini dibuka lembaga pendidikan produksi gula merah.

Biaya masuk wisata di Pereng Cilongok

Banyaknya wahana tidak menjadikan objek wisata ini menarik. Buktinya Pereng Cilongok mematok harga masuk yang sangat terjangkau, hanya Rp 20.000 saja.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana DREAMLAND Water Park Banyumas

Informasi penting tentang tiket:

  • Harga tiket masuk normal berlaku untuk anak berusia 3 tahun ke atas.

Jam buka Wisata Pereng Cilongok

Objek wisata ini dapat dinikmati mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Pengunjung bisa menikmati berbagai wahana dan bersantai di sini.

Wisata alam pedesaan di Pereng Cilongok

Objek wisata Pereng Cilongok yang hijau dan asri dengan rerimbunan pepohonanObjek wisata Pereng Cilongok yang hijau dan asri dengan rerimbunan pepohonanObjek wisata Pereng Cilongok yang hijau dan asri. Foto: Gmap/Eka Mil

Wisata Pereng Cilongok terletak di pedesaan. Alhasil, udara di kawasan wisata ini sangat sejuk dan suasananya sangat asri. Pepohonan masih tumbuh di sepanjang kawasan wisata, menaungi kawasan sekitar. Danau ini masih sangat alami dan memiliki ciri khas warna hijau.

Objek wisata ini tersebar di lahan seluas 3 hektar. Di sana terdapat dua buah waduk yang masing-masing luasnya 0,5 hektar. Sementara itu, lahan satu hektar lagi disiapkan untuk wisata edukasi produksi gula merah. Dan sisanya untuk game drive lainnya.

Berada di sini akan membuat pikiran Anda tenang dan segar kembali. Ada berbagai permainan santai yang bisa Anda nikmati meski sambil mengayuh sepeda air. Atau anda juga bisa menguji adrenalin anda dengan bermain Flying Fox, anda bisa melakukannya disini. Pengunjung juga bisa basah-basahan dan bermain bersama keluarga di taman air.

Baca: Tiket dan Wahana THE VILLAGE Baturraden

Wisata edukasi pembuatan gula merah

pintu masuk kawasan wisata Pereng Cilongokpintu masuk kawasan wisata Pereng CilongokObjek wisata Pereng Cilongok Banyumas. Foto: Gmap/Anton C. Hermawan

Di kawasan objek wisata ini terdapat tempat yang banyak tumbuh pohon kelapa. Tempat inilah yang dijadikan sebagai sarana pengajaran pembuatan gula merah. Sebab, sekitar 80 persen warga Cilongok bermata pencaharian sebagai petani gula merah. Dari sinilah lahirlah wisata edukasi ini yang tentunya berbeda dengan wisata edukasi lainnya.

Dengan sumber ajar ini Anda akan belajar cara membuat gula merah dengan cara mengambil jus terlebih dahulu. Nira diperoleh dari pohon kelapa yang ada di kebun ini. Jus tersebut kemudian diolah menjadi gula merah. Dan nantinya, serangkaian prosedur diperlihatkan dan dicoba kepada pengunjung.

Baca : Tiket Masuk Air Terjun Jenggala dan Tempat Wisatanya

Bermain air di Wisata Pereng Cilongok

Wahana air dan kolam renangWahana air dan kolam renangWaterpark di Wisata Pereng Cilongok. Foto: Gmap/Nisa Symbian

Objek wisata ini memiliki kolam renang dan waterpark yang dapat digunakan oleh keluarga. Kolam ini memiliki air yang jernih dengan warna biru yang terpantul dari lantai dan dinding keramik. Airnya segar sekali, khas air pedesaan. Dan tentunya tidak terlalu dalam sehingga aman untuk berenang.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati taman air. Ada beberapa wahana yang ada di waterpark ini. Yaitu perosotan dan air mancur. Sayangnya wahana yang ada di waterpark ini berukuran kecil dan hanya cocok untuk anak-anak saja.

Walaupun waterparknya kecil, namun tidak mengurangi keseruan antara anak dan orang tua. Tawa gembira anak-anak masih terdengar riuh dan meramaikan suasana. Bercampur dengan cipratan air di taman air.

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Banyumas

Bersantai dan mengarungi danau

Naik sepeda air atau bebekNaik sepeda air atau bebekDanau dengan kenampakan air di Wisata Pereng Cilongok. Foto: SALURAN TV Gmap/IQBAL

Wisata Pereng Cilongok mempunyai sebuah telaga yang airnya sangat jernih. Ada ban bekas yang dicat warna cerah di sekeliling dinding danau. Kombinasi ban warna-warni berpadu indah dengan air danau. Di sekitar danau juga banyak terdapat pepohonan yang tinggi dan rimbun.

Pengunjung dapat menjelajahi danau dengan perahu wisata yang dihias warna-warni. Perahu ini mampu menampung lima orang atau lebih dan dilengkapi dengan atap peneduh. Untuk menggerakkan perahunya bukan dengan motor melainkan dengan dayung manual. Dimana wisatawan harus mendayung sendiri agar perahu bisa bergerak.

Tak hanya perahu saja yang ada di sini, namun juga sepeda air berbentuk angsa. Bentuknya sangat unik dan dicat dengan warna-warni mulai dari biru hingga merah muda. Sepeda air ini umumnya menyerupai sepeda yang bergerak dengan cara mengayuh. Dengan banyaknya pengunjung, terkadang terjadi sepeda dan perahu yang saling berpapasan bahkan bertabrakan.

Baca: Tiket Masuk DEPO BAY Banyumas dan Berbagai Wahana

Dimulai dengan alam pedesaan

Selain wahana air, ada juga wahana outbound yang akan memacu adrenalin Anda. Kelelawar buah dan sepeda melayang di udara. Kedua wahana ini benar-benar merupakan wahana yang memacu adrenalin di Wisata Pereng. Tentunya untuk bisa berani dibutuhkan keberanian untuk mendaki.

Panggung Hiburan di Wisata Pereng Cilongok

Selain game drive, panggung hiburan juga sering diadakan di sini. Objek wisata ini kerap mengundang penyanyi lokal untuk meramaikan suasana. Dan tentunya untuk menghibur para wisatawan yang ada disini.

Pengunjung juga bisa memanfaatkan objek wisata ini sebagai tempat acara. Misalnya saja acara pernikahan, ulang tahun, jalan sehat, dan acara sekolah atau kantor. Lokasinya yang indah dan luas sangat ideal untuk mengadakan acara.

Lokasi dan Kontak Wisata Pereng Cilongok

Objek wisata ini terletak di Kalimanggis Utara, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0281-655361.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button