Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Pemandian Air Panas Cangar Januari 2023

Biaya masuk pemandian air panas Cangar: Rp 16.500 hingga Rp 100.000. Jam buka: 08.00 – 15.00. Nomor telepon : -. Alamat: Desa Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65336.

Kota Batu, Jawa Timur merupakan daerah yang termasuk dataran tinggi. Tak heran jika suhu udara di kawasan Kota Batu tergolong sejuk. Sangat nyaman untuk berwisata, terutama wisata alam. Salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi saat berada di Batu Pemandian Air Panas Cangar.

Pemandian air panas ini terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batu. Lokasinya berada di kaki gunung yang membuat suasana menjadi sejuk. Selain itu, pengunjung bisa mandi dan berenang di kolam air hangat. Dimana airnya berasal dari mata air alami pegunungan.

Biaya masuk Pemandian Air Panas Cangar

Untuk mengunjungi objek wisata ini pengunjung dikenakan tiket yang sangat murah. Meski murah, tempat wisata ini tetap terlihat asri karena dirawat dengan baik oleh pihak pengelola. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa pengunjung terus berdatangan ke kawasan wisata tersebut.

Biaya masuk
Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cangar Rp 16.500
Tiket masuk per jam untuk kolam renang keluarga Rp 100.000

Baca: EN KECIL Batu Masuk, Menu & Pesona

Syarat mengunjungi Pemandian Air Panas Cangar :

  • Pengunjung harus divaksinasi.
  • Pengunjung wajib memiliki aplikasi PeduliLindendi.
  • Tunjukkan kartu vaksinasi dan scan barcode PeduliLindendi.
  • Manajemen meminta pengunjung untuk tidak menggunakan perhiasan kaca.

jam operasi

Atraksi ini tidak buka setiap hari. Karena suatu saat bak mandi ini perlu dibersihkan dan dikuras. Selain itu, pengunjung hanya bisa menikmati wisata berpemandu di sini dari pagi hingga siang hari.

jam operasi
jam operasi 08.00 – 15.00 WIB
Jumat TUTUP

Kolam hangat ditutupi dengan udara dingin

Pemandian Air Panas CangarSuasana pemandian air panas Foto: Gmap/erny susanty

Baca: Tiket Masuk Omah Kayu Kota Batu dan Ragam Pesonanya

Berada di ketinggian 1.000 mdpl, Pemandian Air Panas Cangar menawarkan udara yang sangat sejuk. Karena objek wisata ini juga terletak di kaki Gunung Welirang. Suasana terlihat asri karena fasilitas wisata ini dikelilingi oleh hutan yang hijau dan rimbun. Bahkan, sesekali pengunjung menjumpai hewan yang hidup di dalam hutan, yaitu monyet.

Monyet-monyet ini tampak bergelantungan santai di pepohonan, meski pengunjung tampak memadati area kolam. Sesekali pekikan dan jeritan monyet turut memecah suasana hutan yang hening. Diselimuti oleh suara lengkingan serangga hutan yang merupakan melodi alami dari area pemandian. Tidak mengganggu, justru suara-suara inilah yang menenangkan pengunjung saat mandi di kolam.

Kolamnya sendiri terbagi menjadi tiga kolam alami dan dua kolam renang. Air di kolam pemandian ini terlihat begitu jernih dengan dasar kolam berupa bebatuan yang terlihat jelas. Anda bisa melihat uap air keluar dari kolam karena airnya sangat hangat. Sangat cocok untuk berendam air hangat dengan udara sejuk di kawasan wisata ini.

Kolam hangat yang efektif

Kolam Air Panas CangarKolam Air Panas Cangar. Foto: Gmap/rmzainul

Baca: Tiket Masuk Coban Putri Batu dan Beragam Aktivitasnya

Air di kolam tersebut merupakan sumber air panas alami. Dimana sumber ini berasal dari perut bumi yang memiliki suhu relatif tinggi. Namun air ini tidak langsung masuk ke dalam kolam, melainkan bercampur dengan air alami dengan suhu rendah. Air di kolam cukup hangat untuk berenang, tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Warna airnya sangat jernih, tidak kuning meski mengandung belerang dan mineral lainnya. Meski tidak terlalu kental, sumber air panas Cangar dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Ini juga yang menjadi alasan mengapa wisatawan sering mengunjungi pemandian ini. Karena ada juga mitos bahwa berendam di air panas bisa membuat kulit awet muda.

Baca: 20+ Tempat Wisata Menarik di Kota Batu

Bekas tempat bersejarah

Suasana alami di sekitar kolam renangSuasana alam Pemandian Air Panas Cangar. Foto: Gmap/Prega Panji Buana

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Batu Flower Garden

Area pemandian air panas ini berada di kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo. Tempat ini merupakan tempat bersejarah karena pernah menjadi saksi bisu pendudukan Jepang di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya gua buatan di kawasan hutan. Gua ini dibuat pada tahun 1942-1945 pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Pengunjung masih dapat menemukan gua di beberapa titik hutan. Jangan khawatir karena goa ini sudah tidak digunakan lagi. Hanya sebagai kesaksian peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan.

Kuliner khas Cangar

Gerbang masuk ke area kolam pemandian air panasGerbang masuk Pemandian Air Panas Cangar. Foto: Gmap/Oka Mahendra

Baca: Tiket Masuk STONE NIGHT SPECTACULER (BNS) & 10 Wahana Keren

Terdapat gazebo di beberapa tempat di sekitar kolam. Pendopo ini bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Pengunjung juga dapat menyimpan barang-barang mereka di paviliun ini. Selain itu, orang tua dapat mengawasi anaknya saat bermain di kolam renang.

Duduk santai di anjungan, pengunjung bisa menikmati kuliner khas Cangar. Yakni, selotip hitam dan tetel yang menjadi sajian nikmat untuk bersantai di gazebo. Jika tidak sedang sakit maag, pengunjung juga bisa menikmati badhek yaitu air beras ketan hitam. Hidangan ini sangat nikmat, apalagi dinikmati di udara dingin daerah Cangar.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cangar

Obyek wisata pemandian air panas ini telah menambah fasilitas penunjang wisatanya. Di antaranya WC, mushola, dan WC dengan air hangat yang semuanya berlimpah sehingga tidak perlu antre. Ada juga gazebo dan taman bermain untuk anak-anak. Deretan gastronomi dan penjual souvenir turut memeriahkan suasana di kawasan wisata tersebut.

Lokasi Pemandian Air Panas Cangar

Obyek wisata ini terletak di desa Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Yang bisa dicapai dengan dua cara. Rute pertama dari Batu – Tebing Kawah – Sumber Brantas – Cangar. Sedangkan jalur kedua melewati kawasan Pacet – Mojokerto – Kampung Sendi – Tahura Soeryo.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button