Tempat Wisata

Tiket, Aktivitas & Rute CURUG NANGKA

Tiket Masuk Curug Nangka: Rp 22.000 – Rp 32.000 Jam: 08:00 – 17:00 WIB No Telp: -Alamat: Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16370

Air Terjun Nangka merupakan objek wisata dengan air terjun di kaki Gunung Salak. Objek wisata ini termasuk dalam wilayah Taman Nasional Halimun Salak. Berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi hutan pinus, udaranya sangat sejuk.

Kawasan wisata seluas 17 hektar ini dibuka untuk umum oleh Perhutani sejak tahun 1991. Sedangkan suhu di kawasan wisata ini berkisar antara 20 hingga 22ºC. Lokasinya berada di Ciapus, Bogor, Jawa Barat dengan rute yang juga dapat diakses dengan kendaraan umum.

Tiket Masuk Air Terjun Bogor Nangka

Untuk menikmati kesegaran kawasan air terjun, pengunjung dikenakan tiket masuk. Harga tiketnya cukup murah.

Tiket Masuk Air Terjun Nangka
Tiket masuk turis domestik untuk hari kerja Rp22.000
Tiket Masuk Turis Akhir Pekan Domestik Rp32.000
Tiket masuk turis internasional untuk hari kerja Rp305.000
Tiket masuk turis internasional di akhir pekan Rp450.000
Tiket masuk untuk rombongan pelajar domestik pada hari kerja Rp20.000
Tiket masuk akhir pekan untuk rombongan pelajar domestik Rp22.000
Tiket masuk untuk kelompok mahasiswa internasional pada hari kerja Rp105.000
Tiket masuk akhir pekan untuk grup pelajar internasional Rp305.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Bidadari Sentul Bogor

Jam buka Air Terjun Nangka

Pengunjung yang bisa datang ke kawasan wisata ini setiap hari. Buka dari pagi hingga sore.

jam beroperasi
Senin minggu 08.00 – 17.00

Berbagai kegiatan wisata

Curug Nangka merupakan alternatif wisata yang dekat dengan ibu kota. Wisata ini memberikan rasa kesegaran alami dengan suasana yang segar dan alami. Dengan curah hujan 4000 mm per tahun, daerah di sekitar Curug Nangka memiliki tingkat kelembapan yang tinggi.

Curug Nangka bukan hanya tempat wisata tetapi juga tempat ziarah. Bahkan ruang meditasi di dekat air terjun pernah digunakan oleh beberapa sesepuh. Salah satunya adalah Raden Surya Kencana.

Baca: Tiket Masuk CURUG PANGERA Bogor dan Aktivitas Wisata

1 pendakian

Jalur trekking menuju air terjun mengarah melalui pemandangan perbukitan hijau yang indah. Foto : Instagram/thepilotkleo_

Dari pintu gerbang menuju air terjun berjarak sekitar 700 meter. Lokasi air terjun berada di ketinggian dengan jalur berkelok-kelok dan menanjak. Namun, sudah ada cara dengan medan senyaman mungkin.

Saat Anda memasuki kawasan wisata, suguhan keindahan alam menanti Anda. Di sebelah kiri adalah deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Sedangkan di sisi kanan adalah persawahan dan pegunungan dengan udara sejuk.

Jika beruntung, wisatawan bisa melihat beberapa kera liar yang bergelantungan di pepohonan sekitar. Saat mendekati air terjun, wisatawan harus berjalan di atas bebatuan. Kemudian mengalir sekitar 50 meter ke hilir dengan kedalaman sedalam anak sapi dewasa.

Baca: 29 TEMPAT WISATA DI BOGOR Paling Spektakuler

2Nikmati keindahan air terjun

Wisata Air Terjun Curug Nangka Bogor. Foto: Google Maps/Rizal Fathurahman

Keindahan air terjun menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Lokasi air terjun ini berada di tengah dua tebing dan pepohonan yang mengelilingi alirannya. Dengan air yang jernih dan udara yang segar, sangat cocok sebagai tempat bersantai.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 m. Kedalaman air di bawah air terjun hanya setinggi lutut untuk orang dewasa. Air mengalir dengan cepat dan tertiup angin ke daerah sekitarnya.

Baca: Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo Bogor & Aktivitas

3 renang

Berenang dan bermain di kolam keren di bawah Curug Nangka Bogor. Foto: Google Maps/Bimma Ramadhan

Sesampainya di lokasi air terjun, wisatawan bisa berenang di antara celah-celahnya. Kolam alami terbentuk di bawah air terjun, tempat para wisatawan berkonsentrasi.

Beberapa jeram membentuk kolam yang menarik wisatawan untuk berenang. Rasanya alami sekali berbasah-basah di air terjun dengan aliran air yang jernih dan dingin.

Baca: Tiket Masuk CURUG CIHERANG Bogor dan Kegiatannya

4 foto

Hutan pinus di sekitar kawasan Curug Nangka Bogor menjadi spot foto yang menarik. Foto: Instagram/hatmhmmd_

Wisatawan menjadikan kolam di bawah air terjun sebagai spot populer karena tidak berbatu. Di tempat ini Anda tidak hanya bisa bermain air dan berenang, tapi juga berfoto-foto. Latar belakang foto yang paling populer tentu saja air terjun setinggi 20 meter.

Latar belakang populer lainnya adalah pohon pinus yang mengelilingi kawasan wisata. Pohon pinus yang berjejer rapi ini terlihat dari memasuki area parkir. Di tempat ini banyak wisatawan yang singgah sejenak untuk mengabadikan momen liburan.

5perkemahan dan glamping hijau

Kawasan alam Curug Nangka Bogor sangat cocok untuk berkemah. Foto: Instagram/warna.wind

Kawasan wisata Curug Nangka juga memiliki area untuk berkemah. SEBUAH tempat perkemahan berada di sebelah kanan dekat sungai. Dikenakan biaya Rp 5.000 per orang per hari bagi yang berminat camping.

Lalu ada area ini juga Perkemahan glamor (glamping). Fasilitas yang tersedia di kawasan glamping itu cukup lengkap. Tersedia Mandi dan toilet seat, listrik, lampu, hingga bonus sarapan.

6 malam di penginapan dekat air terjun

Properti yang sangat dekat dengan Air Terjun Nangka adalah Highland Park Resort. Selain hotel, ada juga glamping di sini. Foto: Google Maps/Apit Priyatnakusuma

Terdapat sejumlah penginapan dengan harga bervariasi di dekat area air terjun alami. Beberapa di antaranya berada tepat di pintu masuk kawasan wisata Curug Nangka, seperti Highland Park Resort. Setiap tempat memiliki kapasitas ruangan yang cukup.

Penginapan dan vila menawarkan fasilitas yang lengkap. Mulai dari fasilitas dapur, kolam renang hingga karaoke dan bilyar. dalam resor Halaman yang luas ini memungkinkan wisatawan untuk mengadakan berbagai acara. Seperti api unggun, permainan membangun tim, rapat, untuk bermain di kolam renang air jernih. Udara di tempat ini dingin dengan angin sepoi-sepoi dan suara air terjun yang mengalir.

Perjalanan menuju Curug Nangka

Jalur menuju air terjun ini cukup mudah untuk dilalui. Kondisi jalan yang cukup baik juga memudahkan wisatawan untuk berwisata ke air terjun ini.

Rute ke Curug Nangka kendaraan pribadi

Ada beberapa pilihan rute bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi.

  • Opsi pertama adalah melalui jalur Ciapus. Di Gerbang Tol Jagorawi (Baranangsiang), belok kanan menuju Kebun Raya Bogor dan BTM Mall. Kemudian Anda dapat mengambil rute menuju Ciomas/Cipus dari BTM mall dan belok kanan menuju Jalan Raya Ciapus di Pasir Kuda. Sekitar 13 kilometer atau sekitar 40 menit berkendara.
  • Opsi kedua adalah Tol Bogor Outer Ring Road. Dari Gerbang Tol Bogor Outer Ring Road ambil exit Lotte Mart, setelah keluar tol belok kiri menuju Yasmin. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jalan Cimaburan dan lanjutkan ke Curug Nagka.

Rute Curug Nangka dengan angkutan umum / Angkot

Wisatawan dari luar kota Bogor bisa menggunakan Bogor Commuter Line (KRL) dan turun di stasiun terakhir Stasiun Bogor. Tinggalkan stasiun kereta dan berjalan lurus ke depan ke arah Hutpark menuju lampu merah.

Di lampu lalu lintas merah, belok kanan BTM (Bogor Trade Center). Jaraknya sekitar 15 menit jalan kaki. Harap perhatikan BTM Mall Tidak terletak di depan stasiun kereta api Bogor. Tidak disarankan menggunakan Angkot dari Stasiun Bogor ke BTM karena akan jauh di sekitar Kebun Raya.

Kemudian gunakan dari BTM Mall angkot 03 jurusan Ciapus dan turun di Highland Park Resort. Dari sini Anda berjalan kaki sekitar 20 menit menuju Curug Nangka.

perabot

Wisata Curug Nangka dikelola oleh Pemerintah Bogor dengan fasilitas yang memadai. Seperti pos jaga, pondok kerja, loket karcis, ruang ganti dan toilet. Perlindungan atau bilik penonton, tersedia tempat duduk dan ruang informasi.

Wisatawan juga bisa menemukan banyak warung makan di sekitar air terjun. Setelah basah kuyup, wisatawan bisa menikmati sajian kuliner di tempat wisata ini. Ada pilihan makanan ringan hingga makanan khas Sunda yang bisa dinikmati.

Tempat parkir mobil berjarak sekitar 200 meter dari gerbang. Ada juga penjual oleh-oleh seperti kaos dan aksesoris di tempat parkir. Jalan aspal cukup mulus dan cukup lebar untuk dilalui dua mobil.

Kontak dan lokasi Air Terjun Nangka

Wisata air terjun ini berlangsung di Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16370. Jaraknya sekitar 1 jam dari kota Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button