Tempat Wisata

Tiket dan Aktivitas LAU KAWAR LAKE Januari 2024

Danau Lau Kawar

  • Biaya masuk: Rp20.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Kuta Gugung, Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 22153

Danau Lau Kawar merupakan salah satu danau yang ada di Sumatera. Danau dengan luas minimal 200 hektar ini termasuk dalam kawasan ekosistem Leuser. Masih di bawah kaki Gunung Sinabung. Tak hanya sebagai tempat peristirahatan para pendaki, kawasan sekitar danau juga menarik perhatian wisatawan. Cocok untuk bersantai dan melepas penat atau menikmati keindahan alam sekitar.

Danau ini diapit oleh pegunungan yang dipenuhi pepohonan hutan tropis. Saat cuaca cerah, pengunjung bisa menikmati pemandangan Brastagi dan Dataran Tinggi Karo. Kemudian tak jauh dari danau terdapat Desa Lingga yang merupakan tempat rumah adat Karo berada.

Biaya masuk Danau Lau Kawar

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Danau Lau Kawar, tarif masuknya cukup terjangkau yaitu Rp 20.000. Baik pada hari kerja maupun akhir pekan.

Baca: Tiket Masuk dan Objek Wisata AIR TERJUN SIKULIKAP Karo

Jam Buka Danau Lau Kawar

Wisatawan bisa datang setiap hari. Objek wisata tepi danau ini buka setiap hari dan tanpa batas waktu. Hanya saja kawasan wisata bahari tersebut tidak beroperasi pada masa pandemi Covid-19 karena berada di Zona Merah kawasan Gunung Sinabung.

Kegiatan Pariwisata di Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar di kaki Gunung SinabungDanau Lau Kawar di kaki Gunung SinabungPemandangan lanskap danau di kaki Gunung Sinabung – Foto: GoogleMaps/Rahmat Ginting

Meskipun Danau Lau Kawar lebih dikenal sebagai tempat perkemahan, namun menawarkan banyak aktivitas bagi wisatawan dan pengunjung.

Keindahan danau ini diselimuti legenda

Danau Lau Kawar terkenal tidak hanya karena pemandangan alamnya tetapi juga karena cerita mistis dan legendanya. Menurut legenda, dahulu kala ada sebuah desa bernama Lau Kawar yang sangat subur. Desa ini kemudian tenggelam karena nazar seorang nenek dan penderitaan cucu dan anak-anaknya yang durhaka.

Dalam kesedihan dan penghinaan, sang nenek menangis dan berdoa untuk mengutuk anak dan cucunya. Tidak lama setelah shalat, terjadilah gempa bumi dan hujan lebat yang menenggelamkan seluruh penduduk desa.

Cerita lain, telaga ini lahir dari kesedihan seorang ibu yang melihat anak-anaknya berkelahi. Kedua anaknya, Sinabung dan Sibayak, terus bertengkar meski ibunya berteriak dan menangis untuk memisahkan mereka. Perasaan sedih menyebabkan sang ibu mengutuk kedua anaknya dan terjadilah bencana besar yang melanda desa tersebut.

Baca: Tempat Wisata Menarik di Karo

Perjalanan perahu di Danau Lau Kawar

Pengunjung bermain rakit di Danau Lau KawarPengunjung bermain rakit di Danau Lau KawarPengunjung mendayung mengelilingi danau dengan rakit – Foto: Google Maps/Junianto Tunggal

Aktivitas mengelilingi danau dengan menggunakan perahu sangat populer di kalangan wisatawan. Pemandangan danau yang berada di ketinggian 2.451 meter di atas permukaan laut menjamin sejuknya cuaca di sekitar danau. Ditambah dengan birunya air danau yang dihiasi bunga anggrek, menjadi hiburan utama bagi wisatawan perahu.

Untuk menjelajahi pemandangan alam dengan menggunakan perahu, wisatawan dapat menyewa perahu dari pihak pengelola. Harga berlaku per orang dan untuk setiap perahu yang disewa. Perahu tersebut menggunakan perahu motor atau rakit.

Baca : Tiket Masuk SAPO JUMA Karo dan Atraksi

Berpiknik dan bersantai di paviliun

Paviliun bagi pengunjung Danau Lau Kawar untuk bersantaiPaviliun bagi pengunjung Danau Lau Kawar untuk bersantaiPengunjung bersantai di salah satu paviliun di tepi danau – Foto: Google Maps/Junianto Tunggal

Paviliun adalah salah satu fasilitas yang tersedia di sini. Pengunjung yang tidak ingin berkemah tetap bisa menikmati alam danau dan bersantai di pendopo tanpa biaya tambahan.

Persinggahan bagi pendaki dan berkemah

Letaknya yang berada di kaki Gunung Sinabung menjadikan kawasan sekitar Danau Lau Kawar sebagai tempat peristirahatan para pendaki gunung. Setidaknya ada 3 hektar lahan yang dijadikan area berkemah. Setiap pengunjung baik pendaki maupun wisatawan dapat menggunakan kawasan ini namun harus membayar biaya masuk.

Baca: Tiket Masuk dan Objek Wisata AIR TERJUN SIKULIKAP

Fasilitas di Danau Lau Kawar

Sebagai objek wisata, danau ini mempunyai fasilitas penunjang demi kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain lahan parkir yang luas untuk sepeda motor dan mobil, toilet umum, warung makan, pendopo, tempat perkemahan dan akomodasi di sekitar danau.

Lokasi dan akses ke Danau Lau Kawar

Objek wisata tepi danau ini terletak di Desa Kuta Gunung di kaki Gunung Sinabung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Cara termudah menuju danau ini adalah melalui pusat kota Medan dengan jarak sekitar 70 kilometer dalam waktu 3 jam. Akses jalan dapat digunakan oleh semua jenis kendaraan, namun disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, belum ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan pengunjung langsung menuju resor tepi danau tersebut.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button