Tempat Wisata

Tiket dan Aktivitas PULAU RICE BASAH Januari 2024

Pulau Nasi Basah

  • Biaya masuk: Gratis – Rp 550.000
  • Jam buka: 08:00 – 17:30
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : -, Bontang Lesarti, Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia, –

Pulau Nasi Basah adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar. Pulau seluas satu hektar ini menjadi objek wisata yang diminati banyak wisatawan. Pulau yang terpisah dari Kalimantan ini terletak sekitar 7 km dari kota Bontang.

Pasir putihnya yang indah terhampar bagaikan karpet lembut. Di tengah pulau terdapat mercusuar setinggi 15 meter yang digunakan untuk pelayaran. Pulau Beras Basah menawarkan pengalaman liburan yang akan menemani Anda. Mulai dari tampilan hingga aktivitas yang bisa dilakukan, ada pilihannya menyegarkan berharga.

Biaya masuk Pulau Beras Basah

Tidak ada biaya masuk atau pajak di Pulau Beras Basah. Pengeluaran pengunjung biasanya digunakan untuk akomodasi dan transportasi menuju pulau ini.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Bebas
Penyewaan tenda Rp100.000
Sewa perahu berkapasitas sepuluh orang (pulang pergi) Rp 550.000

Biaya masuk dan aktivitas Pulau Beras Basah

Baca: Tiket Masuk dan Wahana KENARI WATERPARK Bontang

Jam buka Pulau Beras Basah

Area pulau terbuka untuk umum setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 17:30. Banyak wisatawan berbondong-bondong ke pulau ini pada akhir pekan atau hari libur besar.

Atraksi dan Aktivitas di Pulau Beras Bontang

Pulau Beras Basah BontangPulau Beras Basah BontangPulau Beras Basah dikelilingi oleh perairan Selat Makassar. Foto: Instagram/aldiriandana

Pulau yang terletak di tengah perairan Selat Makassar ini menyimpan banyak harta karun. Wisatawan lokal bahkan mancanegara berbondong-bondong menikmati kekayaan alam Kalimantan. Di pulau ini Anda bisa menikmati berbagai atraksi dan aktivitas untuk memperkaya liburan Anda.

Nama Pulau Beras Basah berasal dari cerita lokal kuno. Berdasarkan kapal yang berlayar dari Pulau Selebes atau Sulawesi menuju Bontang di Kalimantan. Kapal itu membawa tas berisi ribuan ton beras.

Sayangnya, kapal pengangkut beras tersebut dihantam gelombang besar. Saat kapal tenggelam, berton-ton beras yang diangkutnya tumpah ke sebagian permukaan air. Karena perairannya dangkal, sebagian padi tampak seperti bukit di atas permukaan air. Yang lama kelamaan berubah menjadi pulau berpasir putih seperti padi dan selalu basah, dikelilingi laut.

Baca : Tiket Masuk GRAHA MANGROVE Bontang dan Objek Wisata

Nikmati alam pulau

Pantai Pulau Beras BasahPantai Pulau Beras BasahPanorama Pulau Beras Basah dengan pasir putih, pepohonan rindang dan langit biru. Foto: instagram/i_jaydeep07

Pengunjung akan disambut indahnya laut biru saat melakukan perjalanan dengan perahu menuju Pulau Beras Basah. Jernihnya air membuat pengunjung bisa melihat dasar laut yang ditumbuhi tanaman hijau. Sesekali terlihat ikan-ikan kecil berenang di bawah.

Sesampainya di pulau ini, pengunjung akan disambut dengan pulau berpasir putih. Mercusuar yang menjulang di tengah pulau seolah menjadi monumen yang membuat panorama semakin indah. Pepohonan rindang tertiup angin dan menyejukkan udara. Pengunjung bisa menikmatinya mulai sore hingga malam hari matahari terbenam dari pulau ini.

Beberapa pulau kecil terlihat dari pulau ini. Pulau-pulau tak berpenghuni ini ditumbuhi pohon bakau yang memenuhi hampir seluruh pulau. Ciptakan lingkungan hutan bakau Ini indah dan alami.

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Bontang

Menyelam di Pulau Beras Basah

Menyelam di bawah lautMenyelam di bawah lautMenyelam dan snorkeling di laut sekitar Pulau Beras Basah untuk menikmati kekayaan air. Foto: Instagram/ Pulausegajah_wisatabontang

Untuk penggemar aktif Snorkeling Dan Menyelam, pulau ini adalah tujuan yang patut untuk dilihat. Bukan hanya pulaunya saja yang menyuguhkan pemandangan alam. Dasar lautnya juga menawarkan segudang biota laut yang indah untuk dinikmati. Nelayan yang mencari ikan menjaga ekosistem laut agar tetap asri.

Terumbu karang yang indah dan berwarna-warni menyambut para penyelam. Beberapa terumbu karang merupakan hasil transplantasi yang sengaja ditanam pemerintah kota Bontang. Terumbu karang ini menjadi habitat ikan-ikan kecil yang tak kalah indahnya. Selain itu, display utama yang menyuguhkan pemandangan taman laut.

Area fotografi yang menakjubkan

Teks Selamat Datang di Pulau Beras BasahTeks Selamat Datang di Pulau Beras BasahSalah satu spot foto cantik dengan tulisan warna-warni “Selamat Datang di Pulau Beras Basah”. Foto: Instagram/exotickaltim

Tentu saja keindahan alam ibarat kail bagi para pecinta fotografi. Pemandangan alam di Pulau Pantai Beras menjadi daya tarik pengunjung yang selalu menyiapkan kamera. Dari ujung pulau hingga dasar laut menawarkan berbagai kesempatan berfoto yang mempesona.

Destinasi utama yang sering dibidik adalah surga bawah laut dan pemandangan matahari terbenam. Untuk menuju spot bawah laut tersebut, Anda harus menyelam atau berenang ke tengah air. Jika tidak ingin masuk ke dalam air, Anda bisa menunggu hingga malam tiba. Cahaya jingga yang terpancar saat matahari hendak ditelan cakrawala merupakan penampakan langit di langit.

Kawasan pantainya juga layak untuk menambah koleksi foto Anda. Tak kalah menariknya adalah pasir putih dan pepohonan rindang di tengah pulau, serta mercusuar yang menjulang tinggi. Di kawasan Pulau Beras Basah juga terdapat fotografer yang menawarkan jasa fotografi. Pengambilan gambarnya bisa dilakukan secara instan dan pengunjung hanya perlu membayar Rp 20.000 untuk mendapatkan hasilnya.

Menikmati terik matahari yang terasa segar

Sepotong pasir putih dan air biru kehijauanSepotong pasir putih dan air biru kehijauanMenikmati segarnya sinar matahari di pantai Pulau Beras Basah. Foto: Instagram/premkan

Bahkan saat matahari bersinar terik, udara segar dan sejuk meredam rasa panas yang Anda rasakan. Pengunjung tetap bisa merasakan suasana menyenangkan bersama keluarga dan sahabat. Semilir angin segar seakan menghilangkan rasa penat yang dirasakan.

Banyak pengunjung yang senang berjemur di tepi pantai sambil berjemur di bawah sinar matahari pagi. Jika tidak tahan dengan panasnya, Anda bisa terjun ke perairan area pantai dan berenang. Pengunjung yang ingin piknik bisa mencari spot di dekat pepohonan untuk mencari tempat yang teduh.

perjalanan

Naik banana boat yang bergerakNaik banana boat yang bergerakNaik banana boat untuk dinikmati bersama teman-teman. Foto: Instagram/aldiriandana

Pulau Beras Basah juga memiliki beberapa wahana yang bisa memperkaya pengalaman liburan Anda. Mulai dari terbang, di bawah laut, hingga di atas laut. Ada wahana yang menantang adrenalin atau bisa Anda nikmati dengan santai. Semua wahana memiliki tarif yang cukup terjangkau.

Jika Anda ingin menikmati sensasi terbang, Anda bisa mencobanya Parasut. Pengunjung yang menyukai sensasi ditelan air wajib mencobanya Snorkeling. Banyak noda Snorkeling yang menyuguhkan surga bawah laut yang bisa dinikmati dan diabadikan dalam kamera. Jika takut ketinggian atau menyelam, pengunjung tetap bisa merasakan sensasi seluncur es laut perahu pisang.

Perabot

Terdapat pendopo, musala, ruang ganti dan toilet di sekitar Pantai Pulau Beras Basah. Semua fasilitas tersebut dapat digunakan secara bebas dan gratis oleh pengunjung. Terdapat pula gubuk luas di tengah pulau yang sebagian besar digunakan sebagai tempat penyimpanan barang.

Lokasi Pulau Beras Basah Bontang

Secara administratif, pulau ini berada di bawah pemerintahan Kota Bontang di Provinsi Kalimantan Timur. Terletak di Selat Makassar Timur di Pulau Kalimantan. Untuk menuju pulau ini terdapat beberapa pintu masuk yang dimulai dari dermaga atau pelabuhan kota Bontang.

Akses tercepat menuju pulau ini adalah melalui NGL Rhinoceros Pier perahu cepat. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Akses selanjutnya melalui Dermaga Tanjung Limau dan Kota Tanjung Laut Bontang. Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam dengan menggunakan perahu motor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button