Tempat Wisata

Tiket dan Objek Wisata CURUG LOVE Bogor Januari 2024

Cinta air terjun

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi: Bantar Karet, Nanggung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16650

Bogor dikenal sebagai kota hujan. Kalaupun tidak turun hujan setiap hari, siapa sangka akan berdampak pada pariwisata. Di sini banyak terdapat wisata air berupa air terjun. Anggap saja salah satunya adalah Cinta air terjunyang terletak di Kabupaten Bogor.

Nama Curug Cinta muncul karena bentuknya yang mirip hati. Namun penduduk setempat lebih mengenal tempat ini dengan nama Curug Catang atau Curug Leuwi Cateng. Meski air terjun biasanya terletak di pegunungan atau hutan, objek wisata ini menawarkan keindahan lain. Yaitu air terjun yang dikelilingi hijaunya perkebunan dan persawahan.

Biaya masuk Air Terjun Cinta Bogor

Keindahan objek wisata ini bisa dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Meski tarif parkirnya tetap, tarif parkir tempat wisata tetap terjangkau. Biaya masuk Curug Love Bogor adalah Rp 15.000.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana PANORAMA PABANGBON Bogor

Jam buka Curug Cinta

Objek wisata ini buka mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 05.00 sore. Waktu yang paling cocok adalah pagi hari. Saat matahari masih hangat dan sinarnya memantulkan keindahan air. Hal ini membuat tampilan cat air semakin unik.

Air terjun biru dengan dinding batu berkelok-kelok

Sungai diapit dinding batu berkelok-kelokSungai diapit dinding batu berkelok-kelokSungai ini diapit oleh dinding batu yang berkelok-kelok. Foto: Lensa Gmap/Verbena

Baca: 29 TEMPAT WISATA BOGOR Paling Spektakuler

Curug Cinta ini tidak terlalu tinggi, tingginya hanya sekitar lima meter. Dua perairan jernih berarus deras langsung memenuhi kolam di bawahnya. Airnya begitu jernih dan bersih sehingga membanjiri kolam yang juga jernih di bawahnya. Dari cekungan ini kemudian mengalir ke daerah sungai yang kedua sisinya terdapat bebatuan.

Itulah keunikan air terjun yang air sungainya berwarna biru ini. Warna airnya begitu biru meski berasal dari air terjun yang jernih di atasnya. Mengalir dengan lembut ke hilir, menggoda semua orang untuk memasuki aliran air ini. Aliran kolam dan sungainya dangkal, hanya sekitar satu meter, dan tidak ada air yang deras.

Saat musim kemarau dan bila terkena sinar matahari, airnya tampak sangat biru. Pada musim hujan, limpasan air lebih tinggi dan air tampak berwarna biru kehijauan. Di kedua sisinya terdapat bebatuan berkelok-kelok yang mengapitnya dan menunjukkan bekas abrasi alami. Seperti dinding batu di Grand Canyon, mirip banget, dengan aliran sungai di tengahnya.

Baca: Tiket Masuk CURUG CIHERANG Bogor dan Aktivitas

Kawasan air terjun yang sangat unik

Area persawahan di Curug LoveArea persawahan di Curug LoveArea persawahan di Curug Love. Foto: Gmap/Opita Andri

Bebatuan yang meliuk-liuk ini secara alami membentuk hati, oleh karena itu dinamakan Curug Cinta. Jika air terjun biasanya terletak di pegunungan atau hutan, berbeda dengan objek wisata ini. Kawasan air terjun ini terletak di kawasan persawahan dan perkebunan warga. Tepatnya di bebatuan yang mengapit aliran sungai dari air terjun.

Tumbuhan dan semak tumbuh di tepian bebatuan. Bahkan tak jarang wisatawan menjumpai selang-selang panjang yang mengalir ke sawah. Bahkan, aliran air tersebut juga bermanfaat bagi warga sekitar untuk mengairi sawah dan kebun. Sekilas mirip Curug Putri di Pandeglang.

Meski begitu, wisatawan bisa bermain-main di air terjun tersebut tanpa mengganggu aktivitas warga. Begitu pula warga yang tidak merasa terganggu dengan kehadiran wisatawan. Kehadiran persawahan dan perkebunan justru membuat kawasan tersebut terkesan semakin asri dan menenangkan. Saat berkunjung ke objek wisata ini, suasana pedesaan semakin terasa jelas.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CURUG LEUWI HEJO Bogor

berenang dan Arung jeram di Curug Cinta

Berenang dan body rafting di Curug CintaBerenang dan body rafting di Curug CintaBerenang dan body rafting di Curug Cinta. Foto: Gmap/Farhan Rizkisaputra

Aktivitas di kawasan air terjun tentunya tak jauh-jauh dari bermain air. Wisatawan bisa berenang santai di Curug Cinta. Kolam yang dangkal dan arus yang tenang membuatnya aman bagi wisatawan. Wisatawan bisa berenang bebas di dekat air terjun.

Hal menarik lainnya adalah Arung jeram dengan ban pelampung. Sayangnya, kami belum menawarkan persewaan jaket pelampung di sini. Oleh karena itu, wisatawan harus membawa jaket pelampung sendiri untuk bermain. Karena sungainya tidak terlalu lebar, sebaiknya gunakan pelampung yang tidak terlalu besar.

Wisatawan bisa menaiki rakit dan membiarkan tubuhnya mengalir mengikuti arus sungai. Mengalir perlahan dan menyaksikan tebing di kanan kirinya begitu indah. Begitu menaiki kendaraan hias, Anda akan langsung merasa tenang dan nyaman. Dan biarkan tubuh Anda rileks sembari merasakan kesejukan alami Curug Cinta.

Baca: Tiket Masuk CURUG PRINCE Bogor dan Kegiatan Wisatanya

Siapkan kamera untuk mengambil foto

Keindahan Curug Love River diapit bebatuan berkelok-kelokKeindahan Curug Love River diapit bebatuan berkelok-kelokKeindahan Sungai Curug Cinta mengalir di antara bebatuan yang berkelok-kelok. Foto: Gmap/Ao

Jika Anda berada di suatu tempat yang indah, jangan lupa membawa kamera. Wisatawan bisa mengabadikan momen indah dengan mengambil foto. Banyak spot foto yang indah dan latar belakang alam yang mempesona. Apalagi jika Anda memotret di kawasan sungai yang berkelok-kelok dan fotonya diambil dari ketinggian.

Mitos di Curug Cinta

Keberadaan wisata alam tentu tidak bisa dilepaskan dari mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Selama beberapa generasi diyakini bahwa ada suara perempuan di bidang ini. Lebih spesifiknya, suara wanita tersebut berasal dari area air terjun. Yang diyakini masyarakat adalah suara Putri Kencana, sang putri kerajaan.

Jika terdengar suara wanita di sekitar air terjun, bisa jadi itu adalah suara Putri Kencana. Namun, karena ini hanya mitos, Anda bisa mempercayainya atau mengabaikannya. Yang terpenting, tetap sopan saat berwisata dan menjaga kebersihan kawasan wisata.

Baca: 25+ Air Terjun Terbaik di Bogor

Lokasi Air Terjun Cinta Bogor

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 38 kilometer dari kota bogor. Dengan waktu tempuh 2 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button