Tempat Wisata

Tiket DUTUNGAN PULAU Barru dan berbagai aktivitas Januari 2024

Pulau Dutungan

  • Biaya masuk: 30.000 hingga 50.000 Rp
  • Jam buka: 8 pagi hingga 6 sore
  • Nomor telepon: 081340083071
  • Alamat Lokasi: Cilellang, Mallusetasi, Barru, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90753

Pulau Dutungan merupakan destinasi wisata di Kabupaten Baruu, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki pasir putih yang indah dengan pesona bawah laut yang sangat indah. Banyaknya pepohonan rindang di pinggir pantai memastikan cuaca cukup sejuk.

ada banyak resor siapa yang bisa dipilih untuk tinggal di pulau ini. Berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di destinasi wisata ini. Terutama kegiatan wisata bahari dan pantai.

Biaya masuk ke Pulau Dutungan

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk antara Rp30.000 hingga Rp50.000.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk untuk anak-anak dari Senin hingga Minggu Rp.30.000
Tiket masuk untuk dewasa dari Senin hingga Minggu Rp50.000
Tiket camping (bawa tenda sendiri) Rp.30.000

Biaya masuk ke Pulau Dutungan

Baca: Tiket Masuk PANTAI LAGUNA dan Aktivitas Barru

Informasi penting yang perlu diperhatikan pengunjung:

  • Pulau Dutungan hanya terbuka untuk tamu yang bermalam (villa dan bumi perkemahan).
  • Pemesanan harus dilakukan melalui telepon atau WhatsApp di 0813 4008 3071.
  • Harga yang tertera adalah harga tiket masuk dan angkutan pulang pergi ke Pulau Dutungan.

Jam Buka Pulau Dutungan

Bagi Anda yang berencana berwisata ke Pulau Dutungan perlu memperhatikan informasi jam buka. Tur ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA.

Aktivitas seru di Pulau Dutungan

Kapal menuju Pulau DutunganKapal menuju Pulau DutunganMenjelajahi perairan menuju Pulau Dutungan – Foto: Instagram/putry.agung

Untuk menuju Pulau Dutungan, wisatawan dikenakan tiket masuk yang merupakan biaya penyeberangan. Nantinya, wisatawan dibawa ke pulau tersebut dan dibawa kembali ke daratan.

Tanjung Indah menjadi titik awal wisatawan dari daratan. Wisatawan dibawa dengan perahu ke ujung selatan pulau.

Jarak Tanjung Indah ke Pulau Dutungan sekitar 500 meter. Penyeberangan memakan waktu sekitar 10 menit. Dari dalam perahu, wisatawan dapat menikmati semilir angin sepoi-sepoi dalam kondisi ombak yang relatif tenang.

Baca: Tempat Wisata Terbaik di Pulau Barru

Selamat datang di Hutan Hijau

Pulau Dutungan Barru Sulawesi Selatan dilihat dari kejauhan - Tourism_barruPulau Dutungan Barru Sulawesi Selatan dilihat dari kejauhan - Tourism_barruPulau Dutungan Barru Sulawesi Selatan dilihat dari kejauhan – Foto: Instagram/pariwisata_barru

Dari kejauhan wisatawan bisa melihat Pulau Dutungan yang berbentuk bulat dan ditumbuhi pepohonan hijau. Destinasi ini tampil datar dengan kontur perbukitan landai yang ditutupi pasir putih dan hutan bakau.

Pulau ini menawarkan pemandangan yang mempesona dengan hamparan rumput dan hutan jati. Dikelilingi pepohonan rindang, destinasi wisata ini menjadi tujuan para wisatawan.

Berjalan di sekitar pulau

Berjalan-jalan santai di sekitar Pulau Dutungan BarruBerjalan-jalan santai di sekitar Pulau Dutungan BarruJalan-jalan santai di sekitar Pulau Dutungan – Foto: Instagram/annierusli_

Saat bertualang mengelilingi pulau, wisatawan bisa mengawalinya dengan berjalan-jalan mengelilingi pulau. Banyak bagian pulau menakjubkan yang menunggu untuk dijelajahi.

Wisatawan akan menemukan tebing bebatuan di belakang Pulau Dutungan yang menarik untuk dijelajahi. Di bagian barat pulau Anda bisa menikmati pemandangan eksotis yang mengingatkan pada koleksi bebatuan dan karang. Bahkan, ada gua-gua yang tersembunyi di balik bebatuan saat air laut surut.

Baca: Tiket Masuk DIANA WATERPARK Barru dan Berbagai Wahananya

Bersantai di pantai

Bermain ayunan di bebatuan di tepi lautBermain ayunan di bebatuan di tepi lautBermain ayunan di antara karang yang muncul saat laut surut – Kaki: Instagram/gondrong.petualang

Pulau Dutungan menawarkan suasana pantai yang santai dan nyaman. Suasana pantai yang masih asri dengan bebatuan karang yang tersebar menyambut wisatawan.

Wisatawan bisa bersantai menikmati suasana alam pulau dengan angin sepoi-sepoi. Wisatawan juga bisa memasang Tempat tidur gantung berbaring di antara sulur-sulur pohon bakau sambil memandang cakrawala.

Terdapat ayunan di beberapa tempat yang bisa digunakan untuk bersantai. Saat air surut, bebatuan karang muncul ke permukaan.

Bermain di pasir putih

Kawasan pantai Pulau DutunganKawasan pantai Pulau DutunganBersantai di pasir Pulau Dutungan – Foto: Instagram/gondrong.petualang

Pantai berpasir putih halus menjadi salah satu daya tarik wisata Pulau Dutungan. Keindahan garis pantai yang landai menjadi andalan destinasi wisata ini. Pasirnya yang berkilauan mengundang wisatawan untuk bermain, bersantai dan menikmati suasana liburan.

Snorkeling di Pulau Dutungan

Perairan di sekitar pulau ini memiliki air laut yang jernih dan bersih. Wisatawan bisa melakukan sesuatu di sini Snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut. Terumbu karang yang masih bertahan dan biota laut setempat memperlihatkan keindahan alam.

Menyelam

Pesona bahari Pulau Dutungan memberikan nuansa eksotis. Kedalaman perairannya berkisar antara 1,2 m hingga 43 m, Wisatawan harus meluangkan waktu untuk menyelami luasnya keindahan bawah laut yang mempesona.

Pulau ini dikelilingi oleh beberapa palung. Banyak ikan karang hidup di antara karang bawah air.

Tempat wisata ini juga menawarkan persewaan peralatan menyelam untuk wisatawan.

Berburu spot foto

Keindahan kawasan pulau hampir terlihat di setiap sudut, mulai dari pasir putih hingga dermaga. Ada banyak spot foto unik dan natural yang bisa dijadikan backdrop untuk mengabadikan momen liburan. Beberapa wisatawan pun memanfaatkan keindahan pulau ini untuk berfoto sebelum pernikahan.

Main banana boat

Cobalah naik banana boat yang memacu adrenalin Cobalah naik banana boat yang memacu adrenalin Cobalah naik banana boat yang memacu adrenalin – Foto: GoogleMaps/Fhitry Chelsea

Wisatawan tidak hanya bisa bersantai dan menikmati keindahan alam, namun juga menikmati wahana yang ada Fitur air. Wisatawan dapat meningkatkan adrenalinnya dengan mencobanya perahu pisang bersama kolega dan keluarga. Selain itu juga ada perahu cepat yang bisa dicoba bagi wisatawan yang menyukai tantangan.

penangkapan ikan

Memancing di sekitar pulau merupakan kegiatan yang menyenangkan tanpa merusak terumbu karang yang ada. Menghabiskan liburan sambil menikmati panorama lanskap pulau bisa langsung dilakukan. Ikan hasil tangkapan juga bisa langsung dipanggang dan dinikmati bersama teman dan keluarga.

Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Panorama pantai dan langitnya selalu mempesona dan menawarkan momen emas di pergantian waktu. Tak terkecuali di pulau ini, momen matahari terbenam selalu dinantikan para wisatawan. Menyaksikan matahari perlahan bergerak menuju cakrawala adalah pemandangan yang menenangkan.

Serta dengan matahari terbit dini hari. Wisatawan pun tak mau ketinggalan menyaksikan matahari pagi bangun dan menyapa seluruh pulau. Hidangan berwarna merah cerah di pulau eksotis ini sungguh menakjubkan.

Tetaplah di pulau itu

Wisatawan bisa menginap di pulau itu dengan menyewa kamar resorWisatawan bisa menginap di pulau itu dengan menyewa kamar resorSalah satu resor yang bisa Anda tinggali – Foto: Instagram/ikhokey131

Pulau Dutungan tidak akan cukup untuk dinikmati dalam waktu singkat. Wisatawan harus bermalam untuk menikmati setiap momen liburannya di pulau eksotis ini.

Terdapat banyak akomodasi di kawasan pulau wisata ini. Banyak resor dibangun, yang luasnya sepertiga luas pulau atau sekitar 9 hektar. Vila dengan ukuran berbeda tersedia dengan fasilitas berbeda tergantung preferensi wisatawan.

Bagi wisatawan yang suka berpetualang, tersedia kegiatan berkemah. Mendirikan tenda di alam liar merupakan pengalaman yang meninggalkan kesan tersendiri. Dalam berbagai aktivitasnya, wisatawan ditemani semilir angin laut dan suasana alami pantai.

Perkemahan di pantai sekitar pulauPerkemahan di pantai sekitar pulauCamping menjadi pilihan wisatawan yang menyukai petualangan outdoor untuk menginap di pulau ini – Foto: Instagram/drwnsyah_

Fasilitas di Pulau Dutungan

Wisatawan di Pulau Dutungan didukung dengan berbagai fasilitas pariwisata. Berdasarkan keamanan, pihak pengelola Tanjung Indah telah mengatur akomodasi kendaraan wisata.

Di sini wisatawan bisa menikmati berbagai jajanan dan sajian menu di kafe. Berbagai infrastruktur dasar seperti air bersih juga tersedia.

Akses dan lokasi wisata menuju Pulau Dutungan

Objek wisata pulau ini terletak di Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Makassar jaraknya sekitar 132 kilometer dan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Dari Parepare jaraknya 20 kilometer ke arah utara, dari Barru 31 kilometer ke arah selatan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button